Bangga Asian Games-18 Diadakan di Indonesia ? Yuk Sukseskan !

Setelah 53 tahun berlalu, sejak menjadi tuan rumah Asian Games ke 4 tahun 1962 akhirnya Indonesia kembali dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan event olahraga bergengsi ini pada tahun 2018. Pelaksanaan Asian Games ke 18 di Indonesia akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018.

Yess...akhirnya setelah berpuluh tahun hanya menjadi penonton melalui layar televisi, akhirnya kita sebagai warga negara Indonesia bisa menyaksikan langsung pertandingan olahraga yang dipertandingkan baik secara langsung di lokasi maupun live di televisi dengan leluasa. Senang dan bangga donk ?! Pasti .

Bagaimana tidak bangga, karena dengan diselenggarakannya Asian Games di Indonesia berarti banyak keuntungan bagi negara ini, seperti :
·         Wisatawan asing akan banyak berkunjung ke Indonesia, bahkan sebelum Asian Games 2018 dimulai. Sebagian dari mereka akan sekalian berlibur ke berbagai destinasi favorit seperti Bali, Jawa Barat, dan Sumatera.
·         Pemerintah sendiri sudah menyiapkan beberapa paket wisata yang sudah  dipaketkan dengan acara Asian Games 2018.
·         Indonesia akan menjadi sorotan di dunia karena hak siar juga dibeli oleh China, Jepang, Korea, Qatar dan Amerika Latin
·         Mengenalkan produk lokal Indonesia dikenal dunia melalui merchandise yang dibeli oleh penonton dan wisatawan mancanegara. INASGOC sebagai Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menggandeng 17 perusahaan dan UMKM lokal yang dipilih untuk memproduksi dan menjual merchandise resmi Asian Games 2018. Perusahaan tersebut di antaranya Sritex, Du’Anyam, Brodo Footwear, Familia Indo Sejahtera, Cahaya Natural Botanica, Giordano Indonesia, dan masih banyak lagi
·         Memberikan pendapatan bagi masyarakat khususnya pelaku usaha yang menjual berbagai merchandise, seperti pakaian jadi, boneka, bantal, casing hp, makanan hingga sepatu.Hal ini akan berdampak positif di bidang ekonomi. Bappenas memprediksi pengeluaran pengunjung selama tinggal di Indonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp3,6 Triliun. Pengeluaran tersebut diharapkan juga termasuk pembelian merchandise resmi.

Masih banyak keuntungan lainnya ? tentu donk. Oh ya, apa sih maskot Asian Games 2018 ini  ? Maskotnya adalah Bhin Bhin, Kaka dan Atung. Ketiga maskot ini lahir berdasarkan jiwa dari "Energy of Asia" terbentang pada keberagaman budaya, bahasa dan peninggalan sejarah. Saat semua elemen ini bersatu, ini akan menjadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.
Dengan nilai keberagaman dan kesatuan itulah ketiga maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games. Berikut penjelasannya.
BHIN BHIN

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.
ATUNG

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.
KAKA

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.
Dengan hadirnya tiga maskot ini tentu kita berharap atlit yang bertanding bisa semangat. Ada 40 cabang olahraga atau cabor yang dipertandingkan dan ada 16 di antaranya bersifat prioritas. Beberapa cabang-cabang olahraga andalan Indonesia untuk mencapai target Indonesia di Asian Games 2018 antara lain bulu tangkis, bela diri, dayung, dan panjat tebing yang diharapkan bisa mendulang emas. Semoga dayung bisa mendapatan emas karena merupakan cabor yang sering dilombakan di event olahraga di kota saya.

Oh ya, mengingat tempat penyelenggaraan Asian Games ke – 18 ini ada dia dua kota, Jakarta dan Palembang, sehingga cabor juga dibagi lokasinya penyelenggaraannya. Untuk di Jakarta Asian Games akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan disini akan berlangsung panahan, hoki, tenis, softball, baseball, dan basket. Selain itu SUGBK juga akan menjadi panggung utama acara seremonial opening serta closing Asian Games 2018.
Sedangkan di Palembang akan diselenggarakan 10 cabang olahraga yakni, basket, dayung, kano, menembak, panjat tebing, sepakbola wanita, sepak takraw, tenis, triiathlon, dan voli pantai. Venue Asian Games 2018 di Palembang untuk sepuluh cabor yang dihelat di Palembang akan diadakan di 11 venue di kompleks Jakabaring Sport City.
Dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia, diharapkan bisa menjadi pemicu tim merah putih untuk menunjukkan kemampuannya sehingga tim Indonesia bisa memperbaiki posisi di Asian Games Indonesia sebelumnya yakni tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan, di mana Indonesia duduk di peringkat ke 17 dengan perolehan medali 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu. 

Saat semua mata memandang Indonesia, sudah selayaknyalah kita bersatu,bergandeng tangan, mendukung kesuksesan pesta olahraga Asia empat tahunan ini. Sebagai bagian dari negeri yang besar ini, yuk kita dukung atlet tanah air yang akan membela bangsa di Asian Games 2018 nanti.
 Ayo kita #DukungBersama! #AsianGames2018

referensi :
dukungbersama.id
asiangames2018.id

Komentar

  1. Maskot Asian Games emang keren-keren dan unik, paling suka sama Atung, karna hewan ini memang sudah langka bahkan hampir punah di kampung saya Bawean.

    BalasHapus
  2. Lama kita menanti ya kak untuk jadi tuan rumah Asian Games... 53 tahun, setengah abad lebih. Pengin sih nonton langsung ke sana dan beli souvenirnya... tapi ya apalah daya ya kan, cuti dan piti juga kendalanya.... BTW thanks kak udah kasih review soal merchandise nya... pengin beli si Kaka

    BalasHapus
  3. Wah keren2 ya icon Asian Games nya.. jadi kepingin punya merchandise nya

    BalasHapus
  4. Maskotnya unyu munyu yah uni... Gemes kali akutu.

    BalasHapus
  5. Maskotnya lucu-lucu yaa.. Jadi pengen koleksi boneka maskotnya

    BalasHapus
  6. Wah sebentar lagi ya, jadi nggak sabar mau menyaksikannya

    BalasHapus
  7. Maskotnya lucu... Ga sabar menunggu Asian Games.....

    BalasHapus
  8. Asian Games pertama di Indonesia sy blm merasakan karena blm lahir, dan akhirnya Asian Games ke 2 ini saya bs menikmati eforia yg sdh terlihat dimana², semoga Indonesia bs menjadi tuan rmh yg baik...amin

    BalasHapus
  9. Betul bgt nih. Keuntungan dari adanya asian games bakal menguntungkan umkm di indonesia. Serba banyak turis yg berbondong2 ke indo ya.

    BalasHapus
  10. Siap meramaikan ke kotanya langsung 😍😍😍 *Excited

    BalasHapus
  11. keren banget deh Indonesia bisa menjadi panitia Asian Games kembali di tahun 2018 ini

    semoga semua bisa menjadi juara dan mendapatkan makna yang tersembunyi dari ajang dengan sportif

    BalasHapus
  12. pengen beli semua maskot itu, sejarah soalnya, entah kapan Indonesia jadi tuan rumah

    BalasHapus
  13. eh baru kenalan nih dnegan maskot asian games padahal udah sering lihat wara wiri di bandara dan tv

    BalasHapus
  14. Semoga Indonesia sukses tidak hanya sebagai tuan rumah tapi sukses prestasi

    BalasHapus
  15. Yukk dukung bersama biar atletnya juga semangat bertanding

    BalasHapus
  16. Gak sabar pengen liat keseruan Asian Games 2018

    BalasHapus
  17. Saya sangat bangga Indonesia teripil jadi tuan rumah Asian Games 2018, saya juga mendukung atlet Indonesia supaya bisa mersih medali disetiap cabornya

    BalasHapus
  18. Keren ya Indonesia #dukungbersama #AsianGames2018

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung