Tips Merawat Lensa Kamera Smartphone

  
Hari gini tidak pegang smartphone ? Rata-rata nyaris semua orang pegang ya. Setidaknya mungkin ada sekitar 15 persen yang tidak pegang smartphone ya. Bahkan minimal setiap orang punya minimal 1 buah smartphone bahkan lebih. Biasanya yang punya lebih dari satu itu orang yang memisahkan antara hp bisnis atau kerjaan dengan kepentingan pribadi atau keluarga. Nah kalau Anda sendiri bagaimana ? Kalau saya punya satu aja sih, soalnya pernah punya dua terus suka lupa alias ketinggalan yang satunya. Kapok deh.


Kegunaan smartphone pada hari ini sudah lebih luas. Kepintaran sebuah hp, berbanding lurus dengan kemampuan penggunanya untuk memaksimalkan kinerja si smartphone itu sendiri. Urusan bisnis udah pasti tentu untuk liat orderan dari customer, transfer sana sini, bahkan yang hanya sekedar selfie buat di upload di medsos. Buat yang sukaselfie pasti sangat bergantung sama kualitas kameranya nih. Tak heran kalau dari 100 kali jepretan, cuma satu aja yang lolos verifikasi buat diupload di medsos.


Sering kali masalah yang muncul pada kamera smartphone adalah kemampuan kamera yang menurun. Biasanya karena banyak debu yang menempel dan terdapat goresan pada lensa kamera. Penyebab masalah ini tidak lain dan tak bukan karena kurangnya perawatan. Nah, sayang banget kan kalau udah capel selfie pake fitur AI Beauty 2.0 dari OPPO F7, hasilnya malah blur karena lensa kameranya ada goresan. Untuk mempertahankan kemampuan kamera smartphone kalian, cobain deh tips yang wajib dipraktekin sehari-hari .


Pertama, kalau sudah berdebu harus langsung dibersihkan, jangan menunggu debunya banyak. Membersihkannya bisa menggunakan microfiber yang punya tekstur lembut, sehingga tidak akan menggores hp.

Kedua, beli lensa protector, tujuannya untuk melindung isi lensa biar tidak kena benturan/sentuhan langsung ketika jatuh. Lensa protector ini bisa dicari di online shop atau toko aksesoris terdekat.

Terakhir  dan yang tak kalah penting, gunakan soft/hard case yang tidak cuma melindungi lensa tapi juga keseluruhan body smartphone. Saya pernah punya pengalaman berbulan-bulan kamera hp hasilnya ngeblur dan bikin hasil selfie jadi jelek karena lensanya tergores. Sebelumnya memang smartphone tidak dipasang softcase. Sehingga tinggal penyesalan jika lens hp sudah seperti itu.

Jadi bukan cuma kulit  saja butuh perawatan, kamera hp Anda juga perlu mendapatkan perawatan. Kalau kamera kalian udah terlindungi, yuk kita selfie tiap hari. Yuuuk !

Komentar

  1. Hayuk mbak kita selfie bareng alias wefie... makasih tipsnya, btw lebaran, hapenya udah dapat baju baru belum. hehehe.

    BalasHapus
  2. Setuju banget Uni, daku juga rawat hape dengan soft case, kadang kalau lagi inget benernya (😁) pakai hard case, biar aman dari debu dan goresan.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka difoto, cara ngebersihin kamera selain oppo bisa diterapkan seperti itu juga ya kak?

    BalasHapus
  4. Seumur-umur selama punya hp aku gak pernah melakukan perawatan seperti karena malas dan gak kepikiran gitu. Kayaknya aku harus coba tips dari mbak ini

    BalasHapus
  5. Oooh begitu yaaah. Ok baiklah next time aku akan coba yah dengan metode ini. Harapannya kualitas camera tetap terjaga dengan baik. Dan tidak meninggalkan bekas pada lensa setelah dibersihkan

    BalasHapus
  6. Aku setuju banget buat cover handphone itu perlu. Karena baretan bisa kena ke lensa kamera. Jadi kameranya suka ngebayang dan hasilnya kurang optimal. Thanks ya mba

    BalasHapus
  7. Softlens sangat membantu kita dalam foto bagus yang bisa di pajang social media

    BalasHapus
  8. Beru tau ada lensa protector untuk lensa hp. Meluncur nyari di online shop ah, thanks tipsnya Mbak.

    BalasHapus
  9. aku ga pernah beginiin hape mbak.. masalahnya malah takutnya nanti rusak, malah nanti berabe >.<

    BalasHapus
  10. Iya bener hardcase juga penting buat hp, ini hpku juga jadi banyak baret sana sini casing belakangnya. Suka dimainin anak2.

    BalasHapus
  11. ternyata ada juga ya lensa protector untuk hp saya baru tau. eh tapi iya mbak saya suka nyalahin hp nya klo hasil fto agak aneh, pdhl mgkin dr lensanya ya.

    BalasHapus
  12. Biasanya aku bersihin pake lap tipis aja yg lembut mba tapi bsk mau coba tips yg ada disini. Terimakasih bnyk ya

    BalasHapus
  13. Aku yang paling males pake hard case padahal gunanya penting banget ya kak buat ngelindungi hape dari benturan.

    BalasHapus
  14. Oo kalau ga pake softcase bisa bikin lensa ke gores ya?baru taubloh. Soalnya saya sering lepas soft case.

    BalasHapus
  15. Baru tahu satmya kalau ada yang namanya lensa protector. Penting banget tuh buat lensa kamera hp kesayangan. Makasih juga tips buat membersihkan kameranya ya, selama ini gak kepikiran buat ngebersihin kamera, padahal penting ya..

    BalasHapus
  16. Note tipsnya mbak. Saya blm pernah tuh pasang lensa protector, jadi pernah sih ada pengalaman foto hasil jepretan gak sebagus dulu lagi. Saya pikir karena memang sudah kelamaan makainya. Ternyata karena lensa yg tdk dilindungi toh penyebabnya

    BalasHapus
  17. Mbak itu membersihkannya pakai etanol itu belinya dimana ya? lalu mikrofiber itu seperti apa ya dan bisa dibeli dmn? Soalnya aku merasa lensa kamera hapeku jg sudah kotor. Biasanya aku lap pakai lap kacamata dan cairan pembersihnya aja sih hehe. Tapi merasa kurang puas...

    BalasHapus
  18. Oh gitu caranya. Selama ini aku galau banget sama pwrdorma kameraku yang makin butek. Ternyata butuh di bersihkan juga to

    BalasHapus
  19. bener bener deh mbak nya telaten banget! aku loh, gak pernab kepikiran sama sekali tentang perawatan hp, terlebih lensa kamera nya.. hihihi.. makasii infonya ya..

    BalasHapus
  20. Saya juga selalu rutin membersihkan handphone menggunakan minyak kayu putih biar kinclong lagi dan mengurangi rarut pada body hp.

    BalasHapus
  21. Asik nih tipsnya. Kebetulab kamera hp kok kyanya lama-lama burem gini.
    Ntar dipraktekkin aahh..

    BalasHapus
  22. Nah iya nih, ak blm pakai lensa protector. Beli ah supaya hasil fotonya selalu oke.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung