Tips untuk Ibu Bekerja di Rumah

Pic by Pixabay

*Artikel ini ditulis untuk merespon tulisan "Sepuluh Profesi Ibu Bekerja di Rumah yang Menggiurkan" yang merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Maudy Ayunda yang ditulis oleh Mak Ovy Yanti.

Ibu bekerja di rumah dan menghasilkan uang tentu bukan hal yang aneh lagi di masa sekarang. Apalagi sejak era teknologi informasi dan kemudahan akses internet di mana saja. Ibu yang di rumah bukan berarti seperti katak dalam tempurung, yang hanya berkutat dengan dapur, sumur dan kasur.
Di era yang sudah modern ini, ibu yang di rumah bisa bekerja dan menghasilkan uang berkat bantuan kemajuan teknologi internet. Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu di rumah dan menghasilkan uang dengan bantuan internet antara lain :

·         Jualan online
Membuka online shop bisa dilakukan di rumah tanpa harus membuka toko fisik, bahkan tanpa stok barang alias dropship.
·         Blogger
Dengan menuliskan di blogger, ibu bisa menghasilkan uang dari job placement atau job review
·         Endorser
Menjadi endorser juga bisa dilakukan dengan memposting foto produk dan mereviewnya di sosial media. Bahkan tidak hanya ibu, anak juga bisa dijadikan endorser berbagai produk.
·         Buzzer
Sejumlah produk juga sering membutuhkan ibu rumah tangga mempromosikan melakui akun sosial media. Jadi cukup modal smartphone dan kuota internet ibu bisa menghasilkan uang sambil mengasuh anak.
·         Editor Media Online
Menjadi editor di media online juga bisa dilakukan di rumah. Karena bahan tulisan yang akan diedit bisa dilakukan dari rumah. Komunikasi dengan kantor juga bisa mudah dengan kemajuan teknologi seperti grup Whatsapp.
 
Pic by Pixabay
Masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan ibu di rumah, namun ada tips yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin resign dan memilih bekerja di rumah atau ingin mencoba bekerja di rumah dari yang selama ini full jadi ibu rumah tangga.
 
Pic by Pixabay

Berikut pengalaman saya yang pernah menjadi ibu bekerja di rumah, meski saat ini harus kembali kerja kantoran namun tetap sedang bersiap kembali untuk kerja di rumah.
·         Pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat
Saya pernah menjadi editor online dan membuka online shop. Hal itu saya pilih karena saya mempunyai basis jurnalis dan ada minat berjualan.
·         Tetapkan jam kerja
Meski bekerja di rumah, Anda harus tetap menentukan jam kerja dan disiplin. Untuk pekerjaan editor saya menetapkan jam 1-4 sore. Sedangkan untuk online shop tidak terlalu menyita waktu setiap saat duduk di belakang komputer karena bisa online via smartphone. Namun saya tetap meluangkan waktu di pagi hari untuk membalas pesan atau komentar yang terlewatkan.
Jadi pekerjaan rumah saya lakukan di pagi hari dan kebetulan waktu itu belum punya anak yang menyita perhatian.
Jika sudah punya anak, atur waktu supaya perhatian pada anak, rumah dan kerja tidak bentrok dan terpecah.
·         Tetap berpakaian rapi atau setidaknya buat diri nyaman
Meski di rumah Anda harus tetap mandi dan berpakaian yang nyaman. Sehingga semangat menyelesaikan pekerjaan
·         Sediakan ruangan atau tempat kerja yang nyaman
Ruangan kerja tidak harus lengkap, namun setidaknya mendukung pekerjaan dan nyaman saat bekerja di rumah
·         Menetapkan hari libur
Meski bekerja di rumah, tetap harus ada hari libur. Jadi saya libur pada hari sabtu dan minggu. Untuk online shop akan slow respon saat hari libur.

Itulah tips untuk ibu yang bekerja di rumah. Semoga bermanfaat ya. Jika ada yang menambahkan tipsnya., silahkan ya. Terimakasih

#KEBloggingCollab Maudy Ayunda

Komentar

  1. Sepakat Mbak.. Meski bekerja di rumah kita musti tetep rapi, jadi terasa aura bekerja.. Dan waktu memang musti ditentukan, disesuaikan dengan kegiatan harian lainnya ya...
    Btw, saya belum pernah coba olshop. Cuma sesekali bantu teman jualan dulu.. Memang lumayan juga ya , mau coba lagi ah..
    Oh iya terima kasih tipsnya ��

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung