Inilah Cara Menggunakan Kamera DSLR Nikon D3000 untuk Membuat Gambar HDR!

Pic by Pexels

Kamera Nikon D3000 adalah sejenis kamera DSLR yang sangat di favoritkan oleh banyak fotografer handal hingga pemula. Meskipun kamera ini termasuk dalam ketegori DSLR yang dasar, namun kemampuannya dalam menangkap gambar yang ada tidak perlu diragukan lagi. Hasil bidikan dari kamera DSLR ini akan membuat setiap penggunanya merasa puas. Apalagi jika ditambah dengan kemampuan fotografi yang baik, hasilnya akan sebanding dengan kamera mahal yang profesional.


Review Kamera Nikon D3000

Kamera DSLR Nikon D3000 ini telah dibekali dan didukung oleh fitur standar yang telah disematkan di kamera DSLR pada umumnya. Pada pilihan menu mode shoot, kamu bisa memilih sendiri berdasarkan keinginan. Kamu bisa memilih diantara mode auto atau manual. Untuk auto pengaturannya sepenuhnya dilakukan berdasarkan kemampuan kamera untuk menghasilkan gambar yang sempurna, sedangkan pada mode manual bisa digunakan untuk pengguna yang telah mengerti bagaimana cara penggunaannya.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Optical View Finder yang digunakan untuk memotret atau membidik gambar yang hendak di shoot, kemudian kamu bisa melihat hasil dan review-nya melalui LCD yang ada di bagian belakang kamera. LCD kamera Nikon D3000 ini sendiri memiliki ukuran 3 inci, sehingga akan memberikan kenyamanan ketika melihat hasil gambar yang tampak cukup jelas.

Sayangnya, kamera Nikon D3000 ini masih belum dilengkapi LiveView. Namun meskipun begitu, dengan fitur Optical View Finder yang dimiliki pastinya akan membuat kamera yang satu ini bisa digunakan senyaman kamera DSLR pada umumnya.

Kamera ini memiliki sensor CCD yang dipakai pada resolusi 10 MP, hal ini termasuk ukuran yang cukup besar untuk sebuah kamera DSLR terutama jika akan digunakan untuk mencetak foto berukuran besar. Selain itu, Nikon D3000 juga telah didukung oleh fitur penghilang debu agar meminimalisir kotoan yang menempel pada sensor kamera.

Kamera D3000 ini juga telah didukung fitur Expeed Images Processoruntuk bisa memberikan bidikan yang lebih sempurna dengan kecepatan pemakaian maksimal, yaitu bisa mencapai hingga 3 frame per detiknya. Terdapat pula fitur lensa dari kit Ad-S Nikon 18-55 mm f/3.5-5.6G VR yang dilengkapi oleh fitur image stabilizer dan juga aksesoris standar seperti pada kamera DSLR yang lainnya.

Setelah mengetahui spesifikasi dari kamera DSLR Nikon D3000 ini, mungkin kamu penasaran bagaimana cara menggunakan kamera DSLR tersebut. Salah satu gambar yang sering ingin dihasilkan oleh pemotret adalah gambar HDR. Lantas bagaimana cara menggunakan kamera DSLR Nikon D3000 untuk membuat gambar HDR?

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Membuat Gambar HDR

Berikut ini adalah cara menggunakan kamera DSLR untuk membuat gambar HDR, antara lain :

1.    Cara menggunakan kamera DSLR untuk membuat gambar HDR yang pertama adalah atur penyimpanan gambarnya menjadi bentuk RAW.
2.      Kemudian ambil gambar sesuai keinginanmu. Sebaiknya ambil gambar pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang bagus.
3.      Selanjutnya, masuk ke menu ReTouch dan pilih RAW processing. Kemudian kamu bisa memilih gambar yang sudah di ambil tadi.
4.      Ubah exposure ke +2 kemudian execute, ubah kembali exposure menjadi 0 dan juga -2. Jika sudah mendapatkan 3 gambar pada exposure yang bervariasi, maka bukalah Adobe Photoshop kamu untuk langkah selanjutnya.
5.      Klik pada file, lalu di bagian Automate merger to HDR.
6.      Boom! Cara menggunakan kamera DSLR  Nikon D3000 untuk membuat gambar HDR pun berhasil.

Demikian cara menggunakan kamera DSLR untuk membuat gambar HDR. Kamu bisa mencobanya di rumah untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan. Selamat mencoba!

Komentar