Cara Menaikan Pageview dan DA Blog

Beberapa hari terakhir, sejumlah grup blogger diramaikan dengan “kejutan” naik Domain Authority atau DA. Konon DA ini adalah alat ukur bagi pemberi job kepada blogger. Jadi besaran fee yang akan diberikan tergantung dari DA dan pageviewnya. Konon lho ya, soalnya saya bukan ahli dalam dunia blog.

Apa itu DA ? silahkan searching aja ya hehe. Semoga nyasar di blog mastah blogger. Kalau saya pahamnya DA itu ya seperti yang saya sebutkan tadi, sebagai ukuran pemberi job untuk memberikan bayaran hehehe. Remah rengginang banget ya ilmu saya hahaha.

Ada sejumlah aplikasi atau alat untuk mengetahui  peringkat DA, seperti Moz.com, seoreviewtools.com dan ada sejumlah lagi yang bisa disearching di internet. 

Awal ngeblog tahun 2008 saya tidak kenal dengan yang namanya DA. Mendengar namanya aja baru tahun 2014 ketika saya kembali fokus ngeblog dan mulai kenal komunitas dan job. Saat itu syarat-syarat blog yang bisa mendapatkan job ditentukan minimal DA nya. Baru saya mulai kepo dengan DA blog saya.

Baca juga : Penghasilan dari Blog

Pertamakali mengecek DA saya berada di peringkat 14. Seiring berjalan waktu naik 19, 21, 24 dan 27. Pernah dari peringkat 27 DA saya kembali jeblok ke angka 18. Tapi itu jeblok massal dan nyaris semua blogger mengalaminya.

Saat ini DA blog saya 32. Wow....fantastis ! Sebuah angka yang selama ini tidak pernah saya bayangkan. Lantas, sebuah pertanyaan muncul baik oleh saya maupun dari sejumlah teman. Saya tidak bisa menganalisa secara ilmiah bahkan keilmuan tentang dunia blog saya yang masih minim. Namun berdasarkan pengalaman saya, penyebab naiknya DA saya juga berbanding lurus dengan naiknya pageview.

Saat ini rata-rata sebulan pageview blog berdasarkan data di dashboard 14 ribu-15 ribu sebulan. Biasanya dibawah 10 ribu. Jadi apa yang menyebabkan naiknya pageview dan DA blog saya ? Berikut hal yang mungkin menjadi penyebabnya :

·          Backlink di banyak  blog teman
Konon banyaknya link blog kita yang tersebar di blog kawan –kawan akan menyebab DA naik.
·         Rajin blog walking
BW atau berkunjung dan berkomentar di blog teman-teman konon akan menaikan pageview dan DA. Bahkan konon berkunjung dan berkomentar di blog yang DA nya tinggi juga bakal menaikan DA kita.
·         Pemilihan kata kunci yang tepat
Saya sendiri masih minim ilmu tentang SEO. Hanya tahu sedikit dan saya praktekan di dalam tulisan. Khususnya untuk tulisan tentang artikel yang berkaitan dengan kondisi lokal di kota saya yang selalu mendapatkan perhatian netizen. Seperti event, tempat wisata baru atau kuliner.
·         Menyebar link tulisan di sejumlah grup netizen lokal
Selain menulis dan menerapkan SEO untuk tulisan dengan kondisi lokal di kota saya, menyebarkan link di grup netizen saya lakukan. Karena info tersebut selalu ditunggu. Rata-raya pageview tulisan tentang lokal yang saya share di grup netizen tembus angka 1000 saat baru diposting.

Itulah analisa dari saya, seorang emak blogger yang ilmunya masih minim. Semua berdasarkan pengalaman semata. Konon naik turun peringkat DA itu juga masih misteri. Namun silahkan dipraktekan hal yang saya lakukan, semoga berhasil dan banyak job hehehe.



Komentar

  1. Page view ku alhamdulillah naek kak..biasanya 400 perhari sekarang sudah bisa 500 sehari..cuma DA ini susah banget naiknya...padahal sering tinggalin jejak ke blog kawan2....

    BalasHapus
  2. wah ia nih uni kadang DA dan PA ini bikin deg deg an kalo sudah update, pastinya membuat kita semangat menulis lagi kan yah hehe. Keren ni uni tips dan caranya wajib dicobain nih supaya DA dan PA ku naik hehe

    BalasHapus
  3. DA uni wagelaseh..... Makasih uni informasinya.

    BalasHapus
  4. Wow DA-nya fantastis ya! Pageview ini belum saya dapatkan datanya secara akurat. Pernah pake google analytics tapi sekarang error, entah apa masalahnya!

    BalasHapus
  5. Kereeeen Uni. Aku blogger baru, masih bayi, baru tau soal DA juga, dan masih terus belajar. Makasih infonya, Uni... Pengen deh ketemu sama Unii..hehe

    BalasHapus
  6. Wih.. sampai jesini obrolannya. Hehe
    Saya harus banyak belajar nih.

    BalasHapus
  7. Wah luar biasa da in ya.. buat berdebar

    BalasHapus
  8. Thanks uni sharingnya, jadi lebih banyak tau.
    Udah warbiyasak itu uni sampe ribuan pageview. Aku pernah sampe ribuan gitu karena share postingan lowongan kerja di portalkerjabatam, saking banyaknya jobseeker. hehe

    BalasHapus
  9. Saya adalah salah satu yang penasaran dengan yang namanya DA/PA. Thanks ya sharingnya. Ntar dicoba deh tips-tips-nya. Mudah-mudahan berhasil untuk menaikkan DA blog.

    BalasHapus
  10. Saya cek DA saya masih rendah banget, karena mau brlajar di dunia blogger. Harus ada upaya nih buat ningkatin posisi di DA biar kayak yg udah mastah.

    BalasHapus
  11. Thanks tipsnya kak... dan Alhamdulillah rata-rata sudah diterapkan ni tipsnya. Cuma akhir-akhir ini lagi malas posting di group2 netizen... hahahaha ntah kenapa ya...

    BalasHapus
  12. Keren.
    Pas bgt buat blogger pemula yg DAnya ngos2an naek.
    Wkwkwkw

    BalasHapus
  13. DA ini misteri. Tapi kalau soal job harusnya pageview juga diukur sih. Malah itu yang lebih akurat sebenernya, berapa PV, UV per bulan.

    BalasHapus
  14. Terimakasih ya udah berbagi informasi pentingnya DA dan PA buat blog.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  15. DA ini, ga bisa setiap hari dipantau. Dijalani saja. Suatu saat akan kepo dan tau-tau, seperti yang mbak rasakan :)

    BalasHapus
  16. Jadi kepingin punya DA tinggi. Harus banyak belajar lagi nih, Makasih tipsnya.. Salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung