Biaya Kuliah di Beberapa Universitas Swasta Favorit di Indonesia


Kuliah di Universitas swasta? Tak jadi masalah, kok! Banyak universitas swasta di Indonesia yang punya kualitas tak kalah baiknya dari universitas negeri. Biaya kuliah di beberapa universitas swasta memang lebih mahal dibanding biaya yang harus Anda keluarkan di universitas negeri. Tapi, itu tak masalah, kan? Demi pendidikan terbaik!

1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Univeritas Bina Nusantara adalah salah satu lembaga kursus yang sangat populer di Indonesia sejak tahun 1974 dalam bidang komputerisasi. Nah, sejak tahun 1996, universitas ini tak hanya terkenal dalam bidang ilmu komputernya, tapi juga yang lain seperti Ekonomi, Sastra, serta Desain.
Ada banyak program studi yang ditawarkan seperti Accounting & Finance, Computing, Teknik, Business, Ilmu Budaya, Komunikasi, serta Art & Desain. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk setiap program studi di Universitas ini berkisar antara Rp121.000.000,- hingga Rp173.000.000,-.

2. Universitas Telkom

Lalu, ada Universitas Telkom. Univeritas ini adalah gabungan dari 4 sekolah tinggi yang diresmikan pada tahun 2013 lalu. Kampus ini dikelola oleh TelkomEducation Foundation yang terkenal dalam bidang Information and Communication Technology yang merupakan fokus dari Universitas Telkom.
Di universitas ini, adan banyak program pendidikan yang bisa Anda dengan fakultas terbaiknya seperti Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Informatika, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif,  dan terakhir Fakultas Ilmu Terapan.
Untuk biaya yang harus Anda keluarkan adalah untuk program S1, terdiri atas uang yang hanya dibayarkan satu kali selama Anda kuliah sebesar Rp20.000.000,- hingga Rp25.000.000,-. Sedangkan untuk biaya semesternya adalah antara Rp5.500.000,- hingga Rp8.000.000,-.
Sedangkan untuk kuliah D3-nya, Anda juga harus membayarkan uang yang hanya akan dibayar sekali selama kuliah yakni sekitar Rp11.000.000,- hingga Rp18.000.000,-. Sedangkan untuk biaya semesternya, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp4.000.000,- hingga Rp6.500.000,-.

3. Universitas Gunadarma

Jangan lupakan juga Universitas Gunadarma. Universitas ini mirip seperti BINUS yang menjadikan dirinya sebagai pusat pendidikan komputer di Indonesia. Universitas ini sudah ada sejak tahun 1981, namun baru diresmikan pada tahun 1996.
Ada beragam program studi yang ditawarkan di sini seperti Ilmu Komputer, Ekonomi, Sastra Inggris, Psikologi, Teknik Sipil, Arsitektur, serta Teknologi Industri. Untuk biaya yang harus Anda keluarkan adalah uang gedung antara Rp6.500.000,- hingga Rp20.000.000,-. Uang pengembangan pendidikan Rp2.000.000,- dan uang per SKS sebesar Rp150.000,-.

4. Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara dikelola oleh Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Tema yang diusung universitas ini adalah pengembangan sumber daya manusia menyongsong era ICT (Information Communication Technology) yang sesuai dengan UMN pada universitas ini.
Program studi yang ada di universitas ini adalah Bisnis, Komunikasi, Seni dan Desain serta Teknologi Informasi. Untuk kuliah di sini, Anda harus membayar uang yang hanya sekali Anda bayarkan selama kuliah yakni sebesar Rp27.500.000,- hingga Rp42.000.000,-. Sedangkan biaya per semesternya adalah Rp12.500.000,- hingga Rp15.500.000,-.
Biaya kuliah di universitas swasta memang lebih besar dibanding universitas negeri. Namun, ilmu yang Anda dapat pastinya sangat baik. Bila Anda memerlukan biaya tambahan untuk membayar biaya sekolah Anda, Anda bisa meminjam di Tunaiku. Di Tunaiku, Anda bisa meminjam hingga 15 juta dengan syarat yang sangat mudah serta bunga yang sangat kecil.

Komentar

  1. Ngeri mbak...kuliah di Binus seperti beli sebuah mobil....

    BalasHapus
  2. Uwow banget ya biy kuliah di jaman sekarang. Berjuta-juta.
    Kebayang besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan. Semoga kita dimampukan untuk mengkuliahkan anak2 kita sampai lulus dan menjdi sarjana.

    Jd inget uang kuliahku per semester dulu cuma 600 ribu rupiah. 😊

    BalasHapus
  3. kalau mau yang murah memang enak kuliah di Univ Negeri ya Mba, beasiswanya juga banyak

    BalasHapus
  4. hamdallah udah lulus. pusing juga kalo liat biaya pendidikan setinggi gitu, tapi kan bisa dicicil ya.

    BalasHapus
  5. Biayanya uda selisih cukup jauh sama biaya saya pas kuliah dulu. Kebayang deh beberapa tahun ke depan pas anakku yang kuliah. Biaya bakal jauh lebih mahal lagi tapi pasti kualitas juga makin keren

    BalasHapus
  6. aduh, kuliah sekarang tambah mahal ya, coba bisa gratisan ampe S2, pasti Indoensia lebih makmur

    BalasHapus
  7. UntungUudah lulus kuliah. Sedih juga ya ngeliat nominalnya. Jadi keinget orangtua yang ngebiayain...

    BalasHapus
  8. Harapan orangtua selalu memberikan yang terbaik untuk anak.
    Selain doa, tentu dukungan finansial ini penting banget.

    Jadi cirambay...ingat jaman masuk kuliah.
    Sujud syukur sekali bisa selesai tepat waktu, sehingga lekas tak menjadi tanggungan orangtua lagi.

    BalasHapus
  9. Universitas swasta sekarang pilihnnya banyak dan kualitasnya gak kalah dari universitas negeri. Emang biayanya lbh mahal risiko soalnya gk ada subsidi sih hehe.

    BalasHapus
  10. universitas sekarang pilihannya banyak banget ya, tapi ya itu mahal kadang kita butuh persiapan. Makanya sekarang aku mulai persiapan untuk biaya kuliah anak-anak masa depan

    BalasHapus
  11. Mahal2 yaaa. Maklum sih, swasta

    Kalau telkom tuh biasanya banyak beasiswanya. Lumayan tuh

    BalasHapus
  12. wow, info menarik, masih membayangkan anak-anak kuliah nanti biaya-nya berapa ya, sekarang aja udah wow, ya

    BalasHapus
  13. Biaya perguruan tinggi itu lumayan bagi orang yang sehari2 biasa aja. Tapi kalau ada niat dan tekat, ada aja jalan buat bayarnya

    BalasHapus
  14. Omegooot,,, mihil banget ya uang kuliah sekarang. tapi ya kalau kualitasnya memang bagus gapapa juga sih. asal jangan udah uang kuliahnya mahal eh kitanya kuliahnya nggak serius :D

    BalasHapus
  15. Woww binus emang daebak.. sepupu suamiku beberapa di binus. Tapi memang setelah Lulus. Lebih terbuka peluang pekerjaannya. Ya Ada harga Ada rupalah.. kalau aku dulu negeri.. gratis dari masuk sampe selesai. Dulu belum Ada tunaiku soalnya.. xixixix untung dapat beasiswa jd gratis

    BalasHapus
  16. Ya ampun itu serius Binus 100 juta lebih? Udah bisa bikin apotek, hiks. Persaingan univ negeri makin ketat, sementara univ swasta harganya melangit ya. Semoga anakku kelak dapat beasiswa

    BalasHapus
  17. udah lama gak update biaya kuliah jaman sekarang, ternyata kenaikannya cukup uwow yahh.. Terakhir aku tau smesteran di telkom itu sekitar 4-5juta sekarang udah nyampe 8jutaan aja

    BalasHapus
  18. Mahal-mahal ya biaya kuliah di Indonesia, dibandingkan negara-negara welfare state yang kuliah pun gratis karena pendidikan itu kunci masa depan. Semoga mahalnya biaya kuliah berbanding lurus dengan kualitas. Amin..

    BalasHapus
  19. Binus sama UMN ngeri juga ya mbak, tapi ya setara sama fasilitasnya sih. Dan aku di sini sangat cukup di univ negeri saja itupun pakai beasiswa hihi semoga terbaik deh lekas lulus

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung