Maker Fest bersama Tokopedia : Dorong Kreator Lokal Jadi Brand Nasional yang Mendunia


Anda seorang kreator lokal  yang berdomisili di Kota Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar ? Ada kabar bagus nih. Tokopedia akan mengadakan Maker Fest 2018 pada bulan April sampai Desember di delapan kota tersebut.

Tentang Maker Fest
Apa sih Maker Fest itu ? Jadi Maker Fest itu adalah sebuah gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal yang sudah diluncurkan sejak kemarin. Gerakan ini hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung  offline & online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia.

Rangkaian Maker Fest terdiri dari berbagai workshop, sharing session dan kompetisi. Para kreator juga dapat berkonsultasi dengan pelaku usaha, konsultan bisnis serta pengusaha ekonomi kreatif skala nasional mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam mengembangkan bisnis mereka. Termasuk dalam hal pengembangan SDM, inovasi, strategi pemasaran, branding, hingga akses ke permodalan.

Maker Fest ini lahir setelah terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Chairman Maker Fest 2018, William Tanuwijaya yang dalam perjalanannya membangun Tokopedia, ia melihat banyak kreator Indonesia dengan visi dan misi serta produk yang bagus tapi sangat disayangkan karena hanya mentok di level UMKM.

“Saya yakin sebenarnya dengan ekosistem yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, dan dari industry menjadi brand-brand masa depan Indonesia yang mendunia. Untuk membangun ekosistem ini, Maker Fest hadir menjadi panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait dimana para maker, platform marketplace, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar ini bersama,” ujar William.

Meski hadir secara independent,  Maker Fest  tetap  berkolaborasi dengan Tokopedia dan didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE. Meski diselenggarakan bersama Tokopedia, namun Maker Fest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

Tidakk hanya menyediakan panggung, Maker Fest juga membantu mengakselerasi bisnis para kreator lokal tanah air melalui pengembangan keahlian dan pengetahuan.

“Selama ini, sebagai salah satu startup teknologi di Indonesia kami sering ditanya, kapan IPO? Bagi kami, justru indicator keberhasilan kami adalah para creator local bisa lebih dulu IPO dibandingkan kami,” respon William terhadap target Maker Fest kedepan.

Target Maker Fest
Target utama Maker Fest adalah anak muda. Karena generasi milenial bisa menjadi motor pertumbuhan kreator lokal Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan 30 persen pengusaha ekonomi kreatif Indonesia adalah generasi milenial.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Melalui program seperti Maker Fest, ia berharap kedepannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usaha, sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi, serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden Direktur JNE M. Feriadi. Ia mengatakan, JNE sebagai perusahaan yang mendorong pertumbuhan UKM di era digital juga melihat bagaimana kreator lokal dapat menyentuh pasar yang lebih luas. Menurutnya UKM berperan besar dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal, apalagi dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce saat ini.

Dengan kapabilitasnya sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan logistic nasional, JNE berkomitmen dalam mendukung kemajuan bisnis UKM, terutama dalam hal penjualan dan pengiriman.

"Melalui Maker Fest 2018, JNE ingin berperan lebih jauh lagi. Bukan hanya dukungan dalam pemberdayaan UKM, namun juga menjadikan kreator muda lokal memiliki daya saing dan kualitas produk yang diterima pasar luas. Baik di Indonesia hingga keluar negeri. Kami juga menyediakan program khusus yang bias dinikmati oleh seluruh creator lokal yang berpartisipasi dalam Maker Fest," tambahnya.

Apa Saja Kegiatan di Maker Fest ?

Seperti sudah disampaikan di atas sebelumnya, Maker Fest 2018 akan dilaksanakan pada April-Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Nah di tiap kota, akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop dan sesi sharing keterampilan

Salah satu yang akan hadir berbagi pengalaman di Maker Fest 2018 adalah Lizzie Parra, CEO dan pendiri By Lizzie Parra (BLP), brand kosmetik lokal yang sudah dikenal luas secara nasional.

 “Memutuskan menjadi pengusaha apalagi di industry kreatif memang tidak mudah. Sukses tidak terjadi dalam semalam. Banyak fase jatuh bangun yang harus saya lalui dalam membangun brand kosmetik sendiri. Namun jika didasari passion, semua prosesnya dapat menjadi lebih mudah dan nikmat untuk dijalani. Semoga pengalaman saya dapat menginspirasi dan mendorong para creator lokal agar berani berkarya dan mengembangkan passion-nya secara produktif di dunia bisnis,“jelas Lizzie.

Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, yakni kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemenang dari tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industry kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

Dukungan Institusi untuk Maker Fest 2018
Dukungan terhadap penyelenggaraan Maker Fest 2018 ini ternyata sangat banyak, diantara dating dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Menurut menteri ekonomi digital memberikan ruang luas bagi anak muda Indonesia untuk berinovasi menciptakan peluang bisnis. Guna memaksimalkan peluang tersebut perlu keselarasan antara teknologi terkini dengan kompetensi sumber daya manusia yang tinggi. Untuk itu pemerintah, pemain bisnis, dan pelaku kunci lainnya dalam ekosistem kewirausahaan harus bersinergi dalam mendukung pertumbuhan kreator lokal yang unggul dan berdaya saing tinggi. Merekalah yang akan menjadi penggerak Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Sedangkan Menteri Perindustrian,  Airlangga Hartarto menyatakan, generasi muda menjadi asset penting dalam membangun masa depan Indonesia untuk menjadi Negara Industri Tangguh, terutama Karena pertumbuhan para kreator muda yang tersebar di berbagai daerah dapat mendukung percepatan pembangunan industry ke seluruh wilayah Indonesia. Saat ini sudah semakin banyak brand local hasil karya anak muda yang tidak kalah dengan brand internasional. Agar mampu menjadi produsen di era ekonomi digital, kita perlu memunculkan lebih banyak lagi kreator muda yang inovatif, berbasis teknologi dan berdaya saing global, sehingga siap menghadapi era industri 4.0.

Point Penting Maker Fest 2018

   Hadir di 8 Kota, Maker Fest jadi panggung online dan offline bagi kreator muda local untuk kembangkan ide usaha kreatif
     Jembatani kreator lokal dengan berbagai pengetahuan agar bisa akselerasi skala bisnis
     Adakan Local Maker Competition dengan hadiah total Rp 1,5 Miliar untuk modal pengembangan usaha

.





Komentar

  1. Tak sabar menunggu MAker Fest di Jakarta. Kebayang serunya nih mba :)

    BalasHapus
  2. Ya ampun Keren. Nunggu jadwalnya di Jogja ah.Aku jadi pingin bikin produk sendiri

    BalasHapus
  3. Wow bener banget nih, kreator lokal juga butuh penyedia atau acara seperti Maker Fest ini biar potensinya makin tertampung, dan juga bisa berkembang karena saling tukar inspirasi, semoga hasil positifnya banyak deh buat para kreator :D

    BalasHapus
  4. Wah ada workshop nya juga. Bagus ini programnya. Semoga ntar bisa sampai kalimantan

    BalasHapus
  5. Sayang ga ada di Semarang. Padahal seru banget acaranya. Semoga ada kesempatan ke Jogja buat lihat-lihat. Hadir di para kreator kreatif muda, jadi nambah semangat tersendiri.

    BalasHapus
  6. Andai di Indonesia banyak acara seperti ini dan banyak anak muda sukses karenanya pasti indah sekali, Indoensia akan semakin cepat lebih baik

    BalasHapus
  7. Ini ajang buat para kreator memamerkan ide2nya. Semoga enggak berhenti sampai di situ aja, namun banyak yang berminat ngajakin kerjasama, bikin usaha baru, bahkan mendanai, sehingga ide2nya gak mandeg TFS infonyaaa :D

    BalasHapus
  8. Acara yang tampaknya seru, jadi menantikan jadwal terselenggaranya di Jakarta. Terlebih bisa mendapatkan pengetahuan untuk akselarasi bisnis, apalagi total hadiahnya mencapai 1,5 Milyar.

    BalasHapus
  9. mantabb nih Maker Fest apalagi bisa menggandeng JNE dan Tokopedia untuk meningkatkan industri lokal di Indonesia.. Semoga nantinya banyak kreator muda yang membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dan perekonomian indonesia bisa berkembang maju

    BalasHapus
  10. Aku tuuh...kalo uda suka sama 1 pelayanan, jarang mau beralih ke yang lain.
    Kaya JNE dan Tokopedia ini sudah terbukti banyak kali tidak pernah mengecewakan.
    Jadi percaya bahwa acara yang digagasnya pun pasti bermanfaat untuk masyarakat luas.

    BalasHapus
  11. Bagus banget acaranya. Sayang belum ada untuk Bengkulu ya. Klo ada mau ikutan. Semoga sukses acara Maker Fest.

    BalasHapus
  12. Ajang Maker Fest ini tepat sekali ya buat para kreator muda dari skala lokal untuk maju bersama hingga memungkinkan go internasional. Keren!

    BalasHapus
  13. Seneng deh kalau creator2 lokal dikasih wadah kaya gini. Orang akan makin semangat nunjukin karya karena dihargai dan didukung bangsa sendiri

    Goodluck buat Tokped

    BalasHapus
  14. Tokopedia ini inovasinya banyak dan ngedukung perkembangan ekonomi digital yang terus berkembang pesat. Semoga banyak yang memanfaatkan perkembangannya sebaik mungkin. Mantep banget kan ya kalau semuanya beraloh digital

    BalasHapus
  15. Wah angin segar untuk para kreator, ya...mereka bisa mengasah kemampuan dengan mengikuti event tersebut

    BalasHapus
  16. Acara keren ini. Jadi penasaran jadwalnya di Makassar kapan. Kali aja aku kembali semangat untuk membuat brandku sendiri.

    BalasHapus
  17. Semoga para kreator lokal makin semangat dengan adanya acara ini ya...

    Buat kita yang emang punya jiwa bisnis..bisa memanfaatkan tokopedia..
    Hobi jalan dan tetap berpenghasilan..

    BalasHapus
  18. Waj ada lizzi para, jadi penasaran sm maker fest, Jakarta kapan ya. Rewardnya jg sangat menggiurkan, semoga semakin memacu semangat para pengusaha muda.

    BalasHapus
  19. acara yang sangat keren dan penuh pembelajaran di dalamnya. seru banget pasti ya uni. waktu acara toped di aceh aku sering ga bisa hadir karena jauh dari tempat tinggalku skrg

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung