Film Terbang Menembus Langit : Melecut Semangat Hidup


Awalnya tidak ada niat untuk menonton film ini. Tapi karena rata-rata film yang tayang hari itu di bioskop sudah saya tonton, kecuali film barat fantasi yang tidak masuk dalam film saya sukai, akhirnya saya memutuskan membeli tiket. Ternyata Film Terbang Menembus Langit ini bagus dan saya rekomended deh untuk kalian tonton.

Biar yakin film ini bagus, saya membaca tentang trailer film ini di mtix. Baiklah saya makin mantap dan memutuskan membeli tiket online. Entah karena hujan dari pagi, ternyata penonton hanya lima orang dan semuanya wanita.

Film yang dibintangi oleh Dion Wiyoko sebagai Onggy dan Laura Basuki sebagai  Chandra serta sejumlah aktris ternama Indonesia lainnya itu, berlatar belakang tahun 80-an di Tarakan, Kalimantan Utara. Mengisahkan tentang seorang anak keturunan Tionghoa yang hidup sangat pas-pasan karena ayahnya hanya karyawan toko dan punya anak 8.

Meski hidup dalam keterbatasan ekonomi namun sang ayah yang diperankan oleh Chew Kin Wah, selalu memberikan motivasi dan semangat hidup kepada anak-anaknya, khususnya untuk Onggy si bungsu. Hingga suatu hari saat ayahnya meninggal dan Onggy sudah tamat SMA ingin merantau ke Surabaya untuk kuliah. Namun ditentang keluarganya karena mereka juga masih punya keterbatasan ekonomi.

Akhirnya Onggy bisa ke Surabaya dan kuliah meski sambil berjualan buah dan jagung bakar. Endingnya dengan kerja kerasnya Onggy bisa lulus kuliah. Setelah lulus kuliah Onggy mencoba berwirausaha membuat kerupuk dan menjual  ke toko makanan. Namun usahanya gagal karena ditipu.

Sempat down, Onggy terus berusaha dan akhirnya diterima di sebuah pabrik dengan jabatan lumayan hingga akhirnya ia bisa menampung salah seorang kakaknya yang sudah berkeluarga. Onggy juga menemukan jodohnya, seorang karyawan salon, Candra dan kemudian mereka menikah.

Namun cobaan belum berakhir ketika Onggy memutuskan berhenti dari perusahaan dan ingin menjadi pengusaha serta inspirator. Ia jatuh bangun membangun usahanya sehingga sempat diusir dari rumah kontrakan. Belum lagi istrinya yang sedang hamil besar dan butuh biaya besar.

Berbagai cobaan hidup itu membuat Onggy tidak pantang menyerah. Ia tetap bercita-cita tinggi bisa sukses menjadi pengusaha. Ia memupuk mimpinya seperti selalu mengatakan ke istrinya akan punya rumah bagus dengan kolam renang seperti di brosur yang mereka lihat. Bahkan anaknya pun diberi nama Rich atau artinya kaya.

Film ini berending gantung dengan tidak memperlihatkan Onggy berhasil menjadi kaya raya. Namun memberikan keterangan tulisan dan foto-foto di akhir jika akhirnya Onggy berhasil sukses menjadi inspirator dan berkeliling dunia memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Ya, Film Terbang Menembus Langit ini diangkat dari kisah nyata seorang pengusaha dan inspirator Onggy Hianata, seorang inspirator dan pengusaha sukses Indonesia. Menonton film memberikan energy positif karena berbagai cobaan dan perjuangan Onggy serta akhirnya sukses memberikan sebuah lecutan semangat hidup.

Film yang tidak melulu adegan sedih ini namun ada adegan lucu yang menghibur, layak ditonton oleh siapa saja. Entah itu mahasiswa, karyawan, pekerja, pemilik usaha hingga para wanita supaya bisa belajar dari ketabahan Candra mendampingi suaminya yang jatuh bangun mencapai sukses.

Spoiler ? Belum kok hehehe. Biar tidak penasaran ayo segera ke bioskop. Oh ya bagi warga Kepri, menonton film ini seperti melihat daerah ini karena kondisi yang ditampilkan nyaris sama khususnya di awal film dengan latar belakang Tarakan. Rumah-rumah di pelantar, perahu perahu kayu, toko-toko tua yang dikelola etnis Tionghoa serta lautnya seperti melihat Kepri.

Komentar

  1. Bagus juga ya filmnya, Uni. Aku hanya bisa membaca ini aja, belum memungkinkan untuk langsung ke bioskop. Hehee. Thanks, Uni..

    BalasHapus
  2. Pernah liat cuplikan filmnya di salah satu tv swasta kemarin. Kayaknya bagus ya Uni. Tandai dulu ah.

    BalasHapus
  3. wah boleh nih untuk jadi rekomendasi film pilihan di akhir minggu

    terima kasih ulasan nya kak

    BalasHapus
  4. Aku terkadang habis nontonau buat review filmnya suka lupa apa lagi yang diingat haha.

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran juga ama filmnya..

    BalasHapus
  6. Sepertinya ini film yang bagus. yang memberikan banyak makna kehidupan. Belum nonton sih, tapi pingin nonton.

    www.melancongcoy.com

    BalasHapus
  7. pastinya bagus filmnya, jadi keingat film cek tok sebelah.

    BalasHapus
  8. Babang Dion emang memikat :3
    Tapi kalau film yang diadaptasi dari kisah nyata emang berasa banget nyes-nyesnya, perjuangannya, di Batam ga terlalu tinggi nih ratingnya, jd ga lama ada di bioskop pft

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung