Capek Mencuci Karena Mesinnya Rusak? Ini 7 Tips Merawat Mesin Cuci


Setelah lelah beraktivitas di luar rumah, biasanya kita memilih untuk beristirahat dan menghabisakan waktu yang berkualitas dengan keluarga terkasih. Tapi kalau masih harus mencuci pakaian-pakaian yang jumlahnya puluhan potong atau bahkan sampai menumpuk, wah bias pusing dan bikin mood jadi berantakan.

Sebagai ibu yang bertanggung jawab untuk semua perabotan di dalam rumah, supaya pekerjaan-pekerjaan rumah tangga tidak membuat kita pusing, sudah saatnya kita harus merawat dan menjaga perabotan kita supaya awet, tahan lama, dan bias meringankan beban kita.
Di bawah ini saya mau bagi-bagi tips untuk merawat mesin cuci, nih. Simak penjelasannya ya!

1.      Jangan letakkan di tempat yang lembab
Tempat yang lembab biasanya menghasilkan embun air yang bisa menetes ke mesin cuci. Padahal air yang merembes ke komponen elektronik dapat merusak alat elektronik itu sendiri. Sebaiknya Anda meletakkan mesin cuci di luar ruangan yang masih aman dari curah hujan atau terik matahari secara langsung.

2.      Mesin cuci diletakkan di permukaan yang datar
Apabila mesin cuci diletakkan di tempat yang tidak datar, sering kali mesin mengeluarkan suara yang berisik saat mesin cuci sedang bekerja. Padahal mesin yang mengeluarkan suara berisik ini bisa menjadikan mesin cuci Anda cepat rusak.

3.      Ventilasi mesin cuci tidak tertutup
Jangan biarkan ventilasi mesin cuci Anda tertutup ketika mesin sedang dinyalakan. Karena jika ventilasi tertutup, mesin akan memproduksi panas yang berlebih dan hal tersebut tidak baik untuk mesin cuci Anda.

4.      Jauhkan dari tempat bermain anak
Ketika bermain, anak kecil biasanya sering kali berlarian kesana-kemari, menyenggol benda-benda di sekelilingnya dan rusak. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menempatkan mesin cuci Anda jauh dari jangkauan anak kecil.

5.      Jangan posisikan mesin cuci rapat ke dinding
Mesin cuci selalu membuang suhu panas dari mesinnya. Biasanya suhu panas ini keluar dari sisi-sisinya. Jadi Anda harus memastikan sisi mesin cuci Anda tidak menempel ke dinding agar proses pembuangan suhu panasi ini tidak terganggu.

6.      Gunakan sesuai kapasitas mesin
Mesin cuci memiliki kapasitas jumlah pakaian yang mampu ditampung. Apabila melebihi kapasitas, mesin akan menjadi berat dan susah bergerak.
7.      Cabut colokan jika tidak digunakan
Apabila listrik tiba-tiba padam, hal ini akan berdampak buruk pada tiap peralatan elektronik yang sedang tercolok ke saluran listrik. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mencabut colokan agar mesin cuci Anda tidak rusak ketika terjadi pemadaman listrik.

Jadi itulah tadi tujuh tips untuk menjaga mesin cuci Anda agar tetap awet dan lebih tahan lama. Tapi apabila Anda belum sempat mengaplikasikan tips di atas tapi mesin cuci sudah rusak, Anda perlu melakukan service mesin cuci secepat mungkin. Karena apabila kerusakan kecil dibiarkan, kerusakan-kerusakan yang lebih besar akan terjadi dan Anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk perbaikan yang lebih serius. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan?


Komentar

  1. Pantes, kalau saya gunain mesin cuci kakak, selalu diwanti2 utk bersihin bak penutup di bagian pengering, karena ternyata kalau diabaikan, bisa fatal juga ya mbak, utk kessehatan si mesin cuci, hhee
    Terus juga, soal gunain sesuai kapasitas, ini kadang kalau cucian ngepas banget, ku pernah sampai tak pas-pasin, hihii, hasilnya kurang kering cuciannya, hiihii
    dan lagi, kalau mesin cuci diletakkan di tempat yang nggak datar, ga bisa bayangin kek gimaana hhee
    Soalnya guncangannya juga ya mbak, pas sebelum selesai proses pencucian atau pengeringannya hhee
    TFS utk sharing perawatan mesin cucinya ya mbak ^_^

    BalasHapus
  2. waduuh...mesin cuciku gak pernah dicabut colokannya, tapi untunglah disini jarang pemadaman listrik...

    BalasHapus
  3. nanti kalau udah beli mesin cuci harus nerapin tips ini nih Uni, biar enggak cepat rusak mesin cuciku

    BalasHapus
  4. Aah...aku lagi keranjingan mencuci niih Uni...
    Selain emang dari semua pekerjaan rumah tangga, aku paling seneng nyuci, sekarang ada anggota keluarga baru di rumah.

    Mesin Cuci.

    Dan seneng banget dapet tips dari blog Uni.
    Kayanya tinggal point terakhir yang sering terlupa.

    Haturnuhun Uni... ((kisskiss))

    BalasHapus
  5. Waaah pernah nih lihat mesin cuci di rumah temen aku itu deket kamar mandi dan jaraknya agak rapat ke tembok, baiklah sebaiknya aku memberitahu

    BalasHapus
  6. NAH BETUL BANGET.. terutama yg mepet dinding itu banyak yg ngga ngeh.

    BalasHapus
  7. Waduh yang cabut colokan itu aku belum praktekkan e. Anyway kalau mesin cuci lama nggak dipakai bakal rusak nggak ya?

    BalasHapus
  8. Setuju!

    7 tips yang baik supaya mesin cuci awet. Terima kasih Uni untuk saran'a. Semoga bisa diterapkan para pembaca*

    BalasHapus
  9. Satu lagi pakai fitur sesuai rekomendasi manualnya.Soalnya pengalaman dulu mesin cuci rusak krn selang bawaannya gak kupakai. Maklum waktu itu msh tinggal di kontrakan, trus krannya jauh, mau pakai sambungan susah, akibtanya pakai selangnya pakai selang biasa yg gk ada filternya, rusak deh dududu #malahcurcol :P

    BalasHapus
  10. Terkadang hal-hal kecil tidak diperhatikan saat menggunakan mesin cuci, sampai suatu ketika terjadi kerusakan dan biaya perbaikannya lumayan. Memang lebih baik dirawat, sehingga awet dan bisa terus bisa digunakan.

    BalasHapus
  11. Wah makasih banget tipsnya, Mbak. Mesin cuci saya juga habis rusak, tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa digunakan lagi. Emang harus dirawat yaa :)

    BalasHapus
  12. Wahcmakasih infonya.

    Emang sih yg ga bs ngukur tuh jumlah baju yg dicuci. Soalnya biar sekalian kelar, makanya masukin semua deh huehhee

    BalasHapus
  13. Padahal banyak banget yg nempelin mesin cuci ke dinding. Ternyata gak bagus yaaa. Dan nyabut colokannya itu perlu banget pd smua elektro

    BalasHapus
  14. Makasih tipsnya bermanfaat banget, pernh mesin cuci rusak dan capek banget, mana musih hujan, haha #curcol

    BalasHapus
  15. Makasih tipsnya mba.. perlu aku kasih info ke kk nih soalnya mesin cuci dia terlalu mepet ke temblk. Takutnya emang bikin mesin panas karena gak ada rongga untuk sirkulasi udara

    BalasHapus
  16. Barang apapun itu, memang musti kita kau cara merawatnya ya mbak, biar awet dan nggak gampang rusak.

    Saya di kos nyucinya masih konvensional mbak, alias nyuci sendiri pake tangan ehhehee,,, tapi tips ini perlu juga saya sampaikan ke orang tua saya di rumah. soalnya di rumah juga pakai mesin cuci.

    BalasHapus
  17. Terima kasih banyak tipsnya,

    meskipun belum punya mesin cuci tapi ini sebuah ilmu yang berguna bagi saya, bilamana saya mempunyai sebuah mesin cuci

    BalasHapus
  18. mesin cuci zaman sekarang adalah item wajib buk ibuk demi berjalannya aktifitas rumah tangga. sudah bukan barang mewah lagi jadi harus dimiliki dan dirawat sebaik mungkin ya

    BalasHapus
  19. wooo,, baru tau kalo jangan di tempelkan ke dinding. kirain ga da efeknya mau nempel ato enggak. Ternyata ngaruh di efek pengeluaran panas ya mbak... nice info.. muantap..

    BalasHapus
  20. Aki malah pingin mesin cucinya rusak.. blm rusak rusak nih mbak.. awet bener

    Pengen ganti jd blm bisa..

    Awet karena beberapa tips yg ditulis diatas. Beberapa sudah aku lakukan.. jadi ya alhamdulillah awet ye kan

    BalasHapus
  21. Yes banget...mesti sesuai kapasitas..., Kalo kebanyakan atau keberatan putaran juga gak optimal cepat ngerusak..mesin.

    Jangan asal pengen cepet selesai..terus diisi banyak2..

    Mau untung malah buntung..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung