Capek Mencuci Karena Mesinnya Rusak? Ini 7 Tips Merawat Mesin Cuci


Setelah lelah beraktivitas di luar rumah, biasanya kita memilih untuk beristirahat dan menghabisakan waktu yang berkualitas dengan keluarga terkasih. Tapi kalau masih harus mencuci pakaian-pakaian yang jumlahnya puluhan potong atau bahkan sampai menumpuk, wah bias pusing dan bikin mood jadi berantakan.

Sebagai ibu yang bertanggung jawab untuk semua perabotan di dalam rumah, supaya pekerjaan-pekerjaan rumah tangga tidak membuat kita pusing, sudah saatnya kita harus merawat dan menjaga perabotan kita supaya awet, tahan lama, dan bias meringankan beban kita.
Di bawah ini saya mau bagi-bagi tips untuk merawat mesin cuci, nih. Simak penjelasannya ya!

1.      Jangan letakkan di tempat yang lembab
Tempat yang lembab biasanya menghasilkan embun air yang bisa menetes ke mesin cuci. Padahal air yang merembes ke komponen elektronik dapat merusak alat elektronik itu sendiri. Sebaiknya Anda meletakkan mesin cuci di luar ruangan yang masih aman dari curah hujan atau terik matahari secara langsung.

2.      Mesin cuci diletakkan di permukaan yang datar
Apabila mesin cuci diletakkan di tempat yang tidak datar, sering kali mesin mengeluarkan suara yang berisik saat mesin cuci sedang bekerja. Padahal mesin yang mengeluarkan suara berisik ini bisa menjadikan mesin cuci Anda cepat rusak.

3.      Ventilasi mesin cuci tidak tertutup
Jangan biarkan ventilasi mesin cuci Anda tertutup ketika mesin sedang dinyalakan. Karena jika ventilasi tertutup, mesin akan memproduksi panas yang berlebih dan hal tersebut tidak baik untuk mesin cuci Anda.

4.      Jauhkan dari tempat bermain anak
Ketika bermain, anak kecil biasanya sering kali berlarian kesana-kemari, menyenggol benda-benda di sekelilingnya dan rusak. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menempatkan mesin cuci Anda jauh dari jangkauan anak kecil.

5.      Jangan posisikan mesin cuci rapat ke dinding
Mesin cuci selalu membuang suhu panas dari mesinnya. Biasanya suhu panas ini keluar dari sisi-sisinya. Jadi Anda harus memastikan sisi mesin cuci Anda tidak menempel ke dinding agar proses pembuangan suhu panasi ini tidak terganggu.

6.      Gunakan sesuai kapasitas mesin
Mesin cuci memiliki kapasitas jumlah pakaian yang mampu ditampung. Apabila melebihi kapasitas, mesin akan menjadi berat dan susah bergerak.
7.      Cabut colokan jika tidak digunakan
Apabila listrik tiba-tiba padam, hal ini akan berdampak buruk pada tiap peralatan elektronik yang sedang tercolok ke saluran listrik. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mencabut colokan agar mesin cuci Anda tidak rusak ketika terjadi pemadaman listrik.

Jadi itulah tadi tujuh tips untuk menjaga mesin cuci Anda agar tetap awet dan lebih tahan lama. Tapi apabila Anda belum sempat mengaplikasikan tips di atas tapi mesin cuci sudah rusak, Anda perlu melakukan service mesin cuci secepat mungkin. Karena apabila kerusakan kecil dibiarkan, kerusakan-kerusakan yang lebih besar akan terjadi dan Anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk perbaikan yang lebih serius. Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan?


Komentar