Menikmati Aneka Warna di Kampung Pelangi Tanjungpinang

Kampung Pelangi Tanjungpinang
Penuh warna, memanjakan mata
Kota Tanjungpinang bakal punya satu destinasi wisata lagi yang akan menarik wisatawan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar khususnya. Destinasi baru itu bernama Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Melayu, Kelurahan Kota Piring.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Gang menuju pemukiman Kampung Pelangi
Saat ini Kampung Pelangi masih dalam tahap finishing, karena masih ada sejumlah pengerjaan pembuatan lukisan di tembok panjang yang melingkari kampung itu. Namun warga kota yang penasaran akibat postingan sejumlah orang yang di sosial media, sudah mulai berdatangan khususnya pada hari libur.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Adek beradek sampan tegolek
Termasuk saya yang selama ini masih menahan diri untuk ke Kampung Pelangi, karena masih menunggu launching, akhirnya kemarin pergi juga ke sana. Lokasinya gampang ditemukan, dekat pelabuhan bongkar muat Km 6.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Gambar 3 D untuk berfoto
Bersama anak, Fitry, sore itu dengan menggunakan motor kami pergi ke Kampung Pelangi. Awalnya sempat bingung, karena di sekitar lokasi hanya gudang gudang besar, tapi kemudian ada gang kecil yang tembok kiri kanan berwarna warni serta payung aneka warna bergelantungan.

Gerbang Kampung Pelangi

Kampung Pelangi Tanjungpinang
Siapkan gaya terbaikmu ya
Gangnya hanya bisa dilewati sepeda motor. Bagi yang membawa mobil harus parkir di luar. Sebenarnya untuk yang menggunakan sepeda motorpun juga lebih bagus parkir di tanah lapang depan gang. Namun karena belum ada tukang parkir yang mengatur dan menjaga, saya memutuskan membawa masuk sepeda motor, supaya aman karena di sekitarnya sangat sepi.
Gerbang Kampung Melayu menuju lokasi Kampung Pelangi persis sebelah kiri pintu masuk Pelabuhan Barang Batu 6
Fitry kegirangan melihat tembok-tembok yang dicat aneka warna berbentuk gradasi garis dan lukisan. Ia langsung berlari-lari di dalam gang. Saya mengiringinya dengan sepeda motor menelusuri gang yang sepi. Melewati tikungan, baru mulai terlihat tanda tanda kehidupan karena sudah masuk pemukiman. Ada pekerja yang sedang melukis dinding berbentuk mesjid.

Sekitar 100 meter ketemu gerbang Kampung Pelangi





Kampung Pelangi Tanjungpinang
Ibu Heni yang suka jepret
Memasuki pemukiman hanya ada tembok sebelah kiri yang merupakan dinding pagar batas sebuah gudang. Di bagian kanan adalah rumah warga yang sebagian besar terbuat dari kayu dan semi permanen berdiri di atas laut. Jumlah rumah di sini tidak banyak yang jika dihitung kasar mungkin tidak sampai seratus rumah.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Perlu take beberapa kali biar ekspresif hahaha
Tidak hanya tembok dan lantai jalan yang dicat dan dilukis aneka warna, dinding-dinding luar rumah warga juga sehingga menampilkan keindahan dan keunikan. Begitu juga pagar-pagar yang membatas rumah warga dengan laut, semua dicat warna warni.
Pengunjung bisa berfoto di sejumlah spot selfi berupa lukisan 3 dimensi  yang dilukis di dinding rumah warga dan tembok. Ada lukisan ikan hiu, kelinci, kapal, hutan, matahari dll. Selain itu ada spot selfi berupa menara kayu untuk berfoto dengan latar belakang laut.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Pagar tembok yang cantik 
Sambil menelusuri perkampungan itu saya berinteraksi dengan warga yang menikmati santai sore. Mereka mengaku senang kampung mereka jadi cantik seperti saat ini. Begitu juga dengan anak-anak yang riang gembira melihat banyak tamu datang ke kampung mereka.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Yang hobi difoto oleh Ibuk Heni
Saat hendak pulang, Ibu Heni dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang dan Nita dari GenPi datang menyusul. Sehingga kami mengulang berfoto foto ria, apalagi Ibu Heni yang sangat senang menjepret Nita dan Fitry hehehe.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Ga berani naik, saya takut ketinggian
Semoga proses finishing Kampung Pelangi berjalan lancar dan launching segera dilakukan. Sehingga destinasi wisata baru ini bisa dikunjungi oleh banyak wisatawan dan berimbas pada ekonomi masyarakat sekitar khususnya.
Kampung Pelangi Tanjungpinang
Terimakasih Oma Heni udah jepret Fitry 

Komentar

  1. Tanjung pinang keren ya, terus mengembangkan berbagai objek wisata baru.

    BalasHapus
  2. WOAAAA DI PINANG ADA JUGA GINIAN!
    Cakeppppppppp warna warninya :3
    Kalau ke Pinang kudu mampir sih ini!

    BalasHapus
  3. Sekarang makin banyak ya mba kampung pelangi dan memang bagus nih buat pemandangan

    BalasHapus
  4. Tanjung pinang makin kece...

    makin banyak pengembangan untuk wisata ya un. Kampung pelangi sama gambar gambar gini. Mmg lagi hits. Dimalang kalo gak salah jg ada

    semoga tanjung pinang makin gencar utk datangin wisatawan

    BalasHapus
  5. Meskipun terkesan latah, tapi keren banget ya. Tetap bagus dan bisa jadi mendatangkan hal positif secara ekonomi buat warga setempat.

    BalasHapus
  6. wah keren banget ... calon destinasi baru di tanjung pinang

    nama nya kampung pelangi tanjung pinang kepri

    wajib kesana nih ... kalau gini cerita nya ...

    BalasHapus
  7. Mantap ya ya Jung pinang sekarang

    BalasHapus
  8. Keren ya Kak, photogenic.... cuma lantainya perlu dibersihkan ya, biar kinclong di segala sudut... Boleh deh jadi tempat yang kudu disinggahi kalau ke Tanjungpinang biar Azka n Kenzie ikut eksis kayak Pipi....

    BalasHapus
  9. Setelah Malang, Tamgerang, Depok dan akhirnya kampung dengan tema warna-warni mempir kuga ke pangkal pinang :)
    ada gak makanan atau kerajinan tangan khas warga setempat yang di perknelkan pada masyarakat?

    BalasHapus
  10. Waaah keren banget!

    Di Kalimantan Selatan belum ada kampung pelangi kayak gini. Belum ada atau saya yang kurang update, ya? Hahahah
    Yang jelas di Banjarmasin malah jembatan yang dicat warna pelangi pake motif sasirangan.

    Semoga Banjarmasin bisa meniru Tanjung Pinang dan kota-kota lainnya yang udah bikin program kampung pelangi kayak gini. Jadi kesannya ga kumuh-kumuh banget dan enak dipandang mata

    Radhian - blogger favoritmu

    BalasHapus
  11. Tempatnya jadi bagus ya mbak dengn perpaduan warna, jadi kece. Kayaknya di Indonesia mulai banyak nih tempat kayak ini

    BalasHapus
  12. Kampung warna warni emang lagi hits dimana mana apalagi ini ditambah lukisan 3D plus ada payung warna warni. Klo ditambahin spot kuliner makanan tradisional pasti tambah oke lagi :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung