Tips Memilih Mobil dan Menilik Beberapa Kesalahan Saat Membeli Mobil Bekas


Mobil merupakan salah satu transportasi yang paling sering digunakan untuk berpergian dalam jarak yang jauh dan jarak yang sekalipun dekat. Mobil baru biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal terutama jika termasuk dalam merek ternama dan memiliki inovasi terbaru. Hal inilah yang terkadang menjadi halangan seseorang memiliki mobil idaman. Terlepas dari mobil baru, sebagai pengguna mobil maka yang diutamakan adalah kebutuhan dan setelah itu mementingkan selera sesuai dengan mobil yang diinginkan. Oleh karena itu banyak yang lebih memilih mobil bekas sebagai pilihan untuk mendapatkan mobil. Hal ini membuat harga mobil menjadi jauh lebih murah dibanding dengan mobil baru yang aslinya.

Mobil yang sudah tidak baru lagi biasanya sudah dijual pada beberapa situs jual beli online dengan kategori bekas. Selain mobil biasanya beberapa kendaraan bermotor lainnya juga dijual. Hal ini membuat pembeli harus cerdas dalam memilih mobil lama ini. Berikut adalah tips memilih mobil yang sudah tidak baru lagi diantaranya:

  • Pastikan memilih tempat pembelian mobil yang sudah terpercaya, hindari membeli mobil dengan bantuan perantara karena harganya jauh lebih mahal. Sebaiknya membeli dari tangan pertama terutama jika kenalan.
  • Perhatikan bagian luar mobil, seperti goresan pada bodi mobil, cat warna mobil sudah memudar atau tidak, bagian kaca apakah terdapat retakan atau tidak, cahaya lampu, kondisi ban dan juga velg.
  • Cek performa mesin mobil dengan menyalakan mobil dan mendengar suara mobil yang dihasilkan setelah itu lakukan test drive untuk melihat kondisi mobil.
  • Perhatikan aksesoris mobil dan bagian dalamnya seperti jok mobil yang masih bagus dan bersih, perhatikan fungsi segala fitur dalam mobil masih berfungsi dengan baik dan perhatikan bagian langit-langit mobil dan alas mobil.

Selain beberapa hal diatas, saat membeli mobil pastikan berbagai kelengkapan surat sudah lengkap. Pastikan juga surat-surat penting tersebut tidak ada yang bermasalah karena akan menambah biaya tambahan. Setelah itu lakukan cek fisik untuk memastikan mobil sesuai dengan data pada surat-surat penting. Perhatikan juga asuransi yang terdapat pada mobil, asuransi dapat dipindahtangankan dan proses balik nama membutuhkan dokumen jual beli.

Berikut adalah beberapa kesalahan saat membeli mobil bekas diantaranya:

  • Tidak menanyakan sejarah mobil, hal ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap performa mobil.
  • Tidak memiliki pengetahuan tentang mesin mobil oleh karena itu dapat mengajak teman atau keluarga yang mengerti tentang mesin mobil.
  • Tidak memeriksa catatan servis rutin mobil karena akan berpengaruh terhadap performa mesin mobil, kondisi mobil dan suku cadang mobil yang masih bagus.
  • Terburu-buru saat melakukan test drive sehingga tidak dapat merasakan kondisi mesin mobil secara keseluruhannya.
Selain beberapa hal diatas, ada juga pembeli yang tidak membandingkan terlebih dahulu. Biasanya memilih satu jenis mobil dan langsung melakukan test drive. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mencoba bertanya beberapa hal untuk beberapa mobil dan melakukan test drive setelah itu mempertimbangkan mobil yang dirasa baik untuk digunakan. Mobil ini sudah dapat diperoleh dengan hanya bertransaksi jual beli online.

Mobil bekas memiliki kelebihan seperti harga yang murah, jika beruntung akan mendapatkan mobil yang belum lama digunakan, memiliki banyak pilihan dengan harga yang tidak jauh berbeda. Hal ini membuat pengguna mobil ini tidak malu ketika membawanya. Mobil yang sudah tidak baru akan tetap meningkatkan rasa percaya diri pemiliknya yang baru.


Komentar

  1. Setuju banget. Maaf bukan bermaksud mistis. Tapi sejarah Mobil jg Harus ditanyain. Dulu pernah temen cerita. Beli mobil belas nabrak org gitu. Ada aura ga enaknya.

    BalasHapus
  2. Membeli mobil bekas mesti teliti banget ya, mesti tahu sejarah pemakaian si mobil dan pastinya tahu mesin mobil

    BalasHapus
  3. tipsnya berguna bangeeeet... pokoknya kalo mau beli mobil mau bekas ataupun baru musti bener2 teliti dan detail bgt deh yaaaa

    BalasHapus
  4. memang terkadang saat membeli mobil hanya terpesona oleh tampilan luar saja, padahal performa juga tak kalah penting ya mbak...

    BalasHapus
  5. Wah penting banget nih.mobil bekas bisa jadi alternatif mendapatkan mobil dengan harga murah.meski begitu,kualitas minimal juga perlu

    BalasHapus
  6. Beli mobil bekas kadang agak ngeri-ngeri mbak, takut nanti setelah beli malah banyak rusaknya. Memang harus diteliti betul sebelum beli. Aku lihat tetangga yang beli mobil bekas, tuh mobil banyak nongkrong di bengkulya daripada dipakai jalan

    BalasHapus
  7. Saya dan suami malah keseringan ngecengin mobil bekas.
    karena kami yakin sekali, kualitas mobil jaman dulu jauuuh daripada mobil jaman sekarang. Meskipun dari segi model, pasti kalah.
    Namun ada beberapa mobil bekas, modelnya ga kalah yahuuudd...harganya yang pasti terjangkau.
    Dan unik. Langka.

    BalasHapus
  8. Mau beli mobil bekas ya sah2 aja asal surat2nya jg jelas. Iya kita kudu ceki2 mesinnya juga, servisnya rajin apa gak. Namanya mesin ya, kadang ada yg asal jual aja. Dites oke, dipakai rada2

    BalasHapus
  9. Sebelum beli wajib teliti. Memang perlu itu ajak temen yang ngerti masalah seluk beluk mobil, kalo kayak saya yang kurang ngerti mah asal harga cocok langsung tarik aja. hahahah *contoh yang gak baik

    BalasHapus
  10. Beli mobil bekas itu khawatir kalo ada sparepart di ganti trs baru ketauan kalo uda lama. Makanya kudu di tempat terpercaya ya mba

    BalasHapus
  11. Emang harus teliti beli mobil bekas..takut kebeli mobil yang habis kerendam banjir...body kece dalam udah rapuh..

    BalasHapus
  12. Bener sekali, kalau mau beli mobil bekas, kita harus teliti. Jangan sampai kita menyesal. Pengalaman temen saya, dia pernah beli mobil tapi gak tau kondisi yang pastinya, jadi malah banyak yang harus di perbaiki.

    BalasHapus
  13. Iya ya, beli mobil bekas mestinya lebih berhati-hati. Lebih banyak pertimbangan daripada beli mobil baru. Thanks for sharing, Mbak :)

    BalasHapus
  14. Kalau kakak ipar dulu lebih senang beli mobil dari orang yang dia kenal. Lebih tahu penggunanya, alasannya gitu.

    BalasHapus
  15. Untuk membeli mobil bekas mesti teliti..dan membeli di tempat yg terpercaya...

    Pasalnya banyak mobil bekas kerendam banjir yg dijual kembali...body mulus dalam soak..

    BalasHapus
  16. Aku pengen juga beli mobil nih udah naksir sana sini. Tapi hati belum diteguhkan wkwk.
    Bingung juga antara bekas dan baru..

    BalasHapus
  17. harus hati-hati banget memang kalau mau beli mobil bekas ya Uni. tetanggaku karena enggak cek n ricek dulu waktu beli mobil, walhasil mobil tersebut tergeletak begitu saja di depan rumahnya engga bisa digunakan

    BalasHapus
  18. Enaknya beli mobil bekas tu pajak dan harta murah. Cuma ya emang kudu jeli membelinya. Kalau kata bapakku dulu kalau beli mobil apalagi yg bekas bawa kenalan org yg paham mobil biar gak salah ambil keputusan hehe.
    TFS

    BalasHapus
  19. Dulu pernah bercita2 pengin beli mobil bekas klasik kayagitu sih ka, paling penting ya performanya sih nggak cuma kelihatan bagus aja hihi

    BalasHapus
  20. Mobil bekas itu ternyata ada sejarahnya penjualannya juga ya. Saya baru tau. Saya kira kalau sudah dalam jangka waktu tertentu, atau kilometer tertrntu mobil harus di non-aktifkan..

    BalasHapus
  21. Kesalahan saya, membeli mobil bekas seperti membeli pisang goreng (singkat dan padat hehee) pada malam hari pula. Untung saja ni mobil tidak mempunyai penyakit yang serius sehingga masih enak buat dipake sampe sekarang...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung