Penyebab dan Pelembab untuk Kulit Kering

penyebab kulit kering

Wajah saya berminyak, bahkan cenderung berjerawat apalagi saat memasuki sindrom bulanan. Saya sering kesal dengan wajah yang berminyak ini, karena bikin wajah keliatan kucel jika udah sore atau kelamaan pakai makeup.

Namun, kulit tubuh saya cenderung kering. Apalagi kulit tangan. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikannya. Namun akhir-akhir ini saya melihat tangan agak terasa kaku, seperti ada retakan dan garis halus. Kadang tidak percaya diri melihat kulit tangan seperti itu.

Sempat bingung, mengapa wajah saya berminyak namun tangan dan kaki cenderung kering ? Akhirnya saya mencari tahu dengan membaca sejumlah referensi. Ternyata saya menemukan penyebabnya yang memang benar adanya.

Penyebab kulit kering pada tangan saya adalah :
1.       Udara kering dari AC
Sejak pindah ke kantor baru, posisi meja kerja saya langsung di bawah AC. Saya memang tidak tahan dingin, jadi selalu mengatur suhu di atas 24 derjat. Namun teman sering menurunkannya tanpa sepengetahuan saya, apalagi saat cuaca panas. Kondisi membuat saya kering khususnya tangan.

2.       Mandi dengan air panas
Saya banget ini. Nyaris tiap hari pagi sore saya mandi dengan air panas yang dicampur air dingin. Maklum kondisi tubuh yang tidak tahan dingin membuat saya hanya nyaman saat mandi air hangat. Ternyata ini yang membuat kulit saya kering karena pelembab alaminya terkena air panas.

3.       Menggosok kulit saat mandi
Nah itu memang benar juga. Saya biasanya menggosok kulit dengan penggosok badan. Rasanya tidak puas jika hanya menggosok dengan tangan. Ternyata kebiasaan itu salah karena membuat kulit kering.

4.       Mandi terlalu lama
Yang namanya wanita tentu suka mandi lama. Rasanya ada yang kurang bersih. Kadang diulangi lagi sabunannya. Kondisi menyebabkan air di tubuh malah menguap.

5.       Mengosokan handuk ke tubuh terlalu keras
Benar benar kebiasaan saya salah banget. Kalau berhanduk setelah mandi selalu digosokan secara keras ke kulit. Maksudnya supaya kering ternyata itu salah besar.

Setelah mengetahui penyebabnya saya mulai mengurangi kebiasaan yang salah tersebut meski belum sepenuhnya. Setidaknya sudah mengurangi kebiasaan tersebut. Selain itu saya rutin menggunakan pelembab untuk kulit kering.

Tidak hanya di rumah, saya juga menyimpan di kantor, sehingga pemakaiannya lebih efektif sebab waktu saya di kantor juga lebih lama. Pelembang yang saya gunakan cenderung yang ringan dan bebas alkohol.

Pemakaian pelembab di rumah sebaiknya sesaat setelah mandi, di saat masih basah. Jadi tidak perlu terlalu menggosok-gosokan handuk ke kulit terlalu kuat. Namun saat kulit masih lembab, segera oleskan pelembab.

Dengan kebiasaan itu, kulit kering saya sudah berkurang dan kepercayaan diri saya kembali meningkat. 

Komentar

  1. Kalau untuk mengatasi kulit berminyak bagaimana mbak? dan apa bener ya kalau kulit cenderung kering bisa membuat lebih cepat keriput?

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung