BAJAFASH 2018 : Festival Kolaborasi Musik Jazz dan Fashion

DIVERSITY IN SOUTH-EAST ASIA THROUGH MUSIC & FASHION
16 – 17 MARET 2018 - BATAM VIEW BEACH RESORT


BAJAFASH IS ON.
Sebuah sejarah akan kembali terulang dan menjadi keempat kalinya digelar di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Tahun 2007 Bajafash di selenggarakan di Hotel Novotel, 2016 dilaksanakan di Planet Holiday dan 2017 yang lalu berlangsung di Hotel Radisson. Dengan mengangkat tema “Diversity In South-East Asia Through Music and Fashion”,  Bajafash 2018 akan digelar pada tanggal 16 - 17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort.

Bajafash 2018 adalah sebuah FESTIVAL yang mengkolaborasikan musik JAZZ dan FASHION. Diawali dengan adanya sebuah ide cemerlang dan pemikiran cerdas seorang sosok bernama Indina Putri Fadjar sebagai salah satu founder Batam Jazz Society yang merupakan wadah, komunitas atau perkumpulan para pemain dan penikmat musik jazz yang ada di Kota Batam. 

Bajafash 2018 menjadi sebuah terobosan yang merupakan bukti nyata dedikasi karya anak bangsa sebagai bentuk persembahan dari Batam untuk Batam dalam rangka upaya meningkatkan daya tarik wisata baik domestik maupun manca negara sehingga bermanfaat positif terhadap pergerakan perekonomian di Kota Batam pada khususnya.

Perjalanan Bajafash semakin berwarna dengan memaanfaatkan potensi letak geografis Kota Batam yang sangat strategis sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia dengan segala potensi-potensi yang ada didalamnya. Selain perbaikan dan peningkatan infrastruktur, untuk meningkatkan pariwisata juga perlu terus diupayakan adanya berbagai konsep acara sehingga menjadi alternatif kunjungan wisata termasuk Bajafash tahun ini.

Rangkaian Bajafash 2018 memberikan suguhan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mulai dari pemilihan lokasi yang berada di Batam View Beach Resort Nongsa akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan indahnya suasana alam terbuka di samping kolam renang dan juga di theme park.

Hal tersebut sekaligus memberikan pesan tersirat betapa luar biasanya anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam semesta dan isinya.  Selain lokasi, sesuatu yang baru di Bajafash 2018 juga menyelenggarakan program OPEN DIALOGUE dengan tema “Sustainable Creative Industry in Diversity of South East Asia Through Jazz & Fashion” yang bertujuan akan adanya “komitmen” dari para pihak pengambil kebijakan termasuk negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura untuk bersatu dan bekerjasama melahirkan solusi-solusi untuk peningkatan industri kreatif secara berkesinambungan, membuka peluang positif bagi masing-masing pemerintahan sekaligus membuka jaringan kerjasama bisnis kreatif.

Akan hadir berbagai nara sumber seperti Khadijah Ibrahim seorang penyanyi legendaris dari Malaysia, Rudy Djoe seorang penyanyi Jazz Melayu dari Singapura serta hadir juga Indro Hardjodikoro dan  Glenn Fredly dari Indonesia. Selain itu sebagai nara sumber lainnya yaitu Sigit S. Widiyanto ( Minister Counselor Economic Fair KBRI Singapura ), Lukita Dinarsyah Tuwo ( Kepala BP Batam ), Teguh Wicaksono ( Founder Archipelago Festival ), Piyapong Muenprasertdee ( Co-founder & Community Manager of Fungjai.com ) dari Thailand dan beberapa nara sumber hebat lainnya. 

Open dialogue akan dipandu oleh dua orang moderator handal yaitu Guntur Sakti yang sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Riau yang akan berkolaborasi dengan Tengku Ryo seorang Violinist yang telah menampilkan kebolehannya dalam menggesek biola di berbagai negara dan hampir semua benua telah didatanginya.

Hal baru lainnya di Bajafash 2018 adalah adanya kegiatan MUSIC CAMP yang memberikan kesempatan terbuka kepada para peserta dari berbagai negara untuk dapat belajar secara langsung bagaimana memainkan alat musik dengan baik bersama para mentor ahli dan sekaligus dapat berbagi pengalaman dengan para peserta lainnya. Bahkan para peserta juga bisa melihat langsung para mentor ahli beraksi memainkan alat musik dihadapan mereka pada saat jam session.

Nama besar seperti Indro Hardjodikoro ( Jazz Bass Class ), Balawan ( Jazz Guitar Class ), Andy Gomez ( Jazz Piano Class ) dan ketiganya dari Indonesia. Semakin luar biasa dengan kehadiran mentor-mentor dari Malaysia yaitu Zahid Ahmad ( Drum Class ), Azmi Hairudin ( Saxophone Class ), Stan Calvin ( Tabla & Music Apps ). Peserta juga bisa menggali ilmu dari Steve Thornton yang berasal dari USA ( Percussions Class ). Kegiatan music camp berlangsung dua hari dan ditutup dengan sajian sunset jazz diwaktu senja sebelum malam tiba.

Berbicara tentang Bajafash 2018 secara keseluruhan adalah perpaduan lengkap sebagai sebuah perwujudan konsep “A SMART ENTERTAINMENT” yang bukan sekedar menampilkan musik jazz dan fashion, tapi juga exibiton dari para peserta yang beragam dan mengandung unsur edukatif yang tertuwujud dalam kegiatan music camp dan open dialogue beserta gambaran LIFE STYLE dari para pengisi acara maupun pengunjung yang akan hadir. Dengan berbagai hal positif tersebut diharapkan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan akhir yang ingin diraih.

Secara musikalitas, Bajafash 2018 akan menyajikan pertunjukan spektakuler yang dimeriahkan oleh para musisi jazz profesional dari berbagai negara. Dari Indonesia yaitu Glenn Fredly dan Baku Cakar, Balawan dan Batuan Etnik, Syaharani, Soukma, Light Craft beserta para musisi lokal Batam seperti Bajafash All Star, Cheppy & friends, 4 Pieces Batam Percussion, Royal Coustic, ASAP feat Choir dan Sakazada. Sementara itu dari Malaysia akan tampil penyanyi legendaris Khadijah Ibrahim, Siel dan Slef Trio. Dari Singapura akan menghadirkan Rudy Djoe penyanyi Jazz Melayu dan juga semakin luar biasa dengan penampilan dari Steve Thornton dari USA dan Janine Annice dari UK.

Pagelaran busana tentu juga akan menjadi salah satu hal menarik bagi pengunjung yang hadir, menampilkan koleksi-koleksi terbaik dari para fashion designer seperti Chossy Latu, Arturro dari Seminyak Bali, Wieke Dwiharti, Didit Jarit, Anda Nasution, Decy Tyramona dan juga tidak ketinggalan menampilkan koleksi dari fashion designer lokal Batam yaitu Natasya Rofalina dan Febby Erika yang disupport oleh Iwapi Batam sehingga para pengunjung bukan hanya bisa menikmati musik jazz dan peragaan busana tapi juga dapat berbelanja beragam produk dari para peserta EXIBITION dengan penawaran harga terbaiknya.

Persiapan Bajafash 2018 hingga pelaksanaan pada tanggal 16-17 Maret 2018 tentu tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah peduli dan membantu, mulai dari promosi dan publikasi yang didukung oleh berbagai mitra yaitu Radio 100.7 BATAM FM, Radio 101.6 ZOO FM, Koran Sindo, Male Magazine, Femina, Blogger Kepri, Generasi Pesona Indonesia, CGV Blitz Kepri mall, Niaga Advertising dan Alfatron.

Pihak-pihak lain yang juga mendukung Bajafash 2018 adalah PAPPRI KEPRI, Batam Jazz Society, Roasteree Cafe, Anchor Cafe, Kellapa Art Design, Iwapi Batam, Batam View Beach Resort sebagai penyedia tempat dan juga para sponsor yaitu Prana Living Shop, Pt. Aneka Tambang Tbk., Tiki, Puri Khayangan, Batam Rak, Sahid Hotel Batam center, Bank Indonesia, Inez Cosmetic, Tirosa Enterprise Batam, Djarum, OW Water, Dige Batam, Miracle Batam, Falisha Beauty Salon Spa & Studio, Bolu Awak, Sherein’s Florist, Batam Olehlo, True Beauty, Cake Buah Naga Aroma dan para donatur. 

KBRI Malaysia dan KBRI Singapura juga merupakan pihak-pihak yang telah memberikan dukungan positif terhadap Bajafash 2018. Pihak Pemerintah hingga saat ini yang telah memberikan dukungan nyata adalah dari Badan Pengusahaan ( BP ) Batam dan  Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Untuk info selengkapnya, tiket dan reservasi kunjungi website www.bajafash.com atau langsung hubungi Official Bajafash +62 778 325769 atau +62 822 8539 9933. Anda juga dapat menghubungi Batam View Beach Resort +62 778 761740 dan +65 6288 8138. Bajafash representative Malaysia hubungi Jart hasan +60 172 941 774 atau Ikeu Saribanon +60 193 767 051. Untuk Singapura anda dapat menghubungi Din Safari +65 9661 5114 atau Evi Fedira Kusrini +65 9674 4345. Selain itu anda juga dapat follow instagram bajafash.2018 dan fanpage Bajafash

Pastikan anda menjadi bagian dari berbagai rangkaian menarik selama Bajafash 2018 berlangsung, mengukir sejarah bersama-sama dengan bergandengan tangan  untuk menyatukan pemahaman dan kecintaan terhadap musik jazz dan fashion serta kepedulian dan rasa memiliki untuk membangun Bangsa melalui industri kreatif maupun ekonomi kreatif yang dapat kita kembangkan secara bergotong-royong. Segera Beli tiket dan ajak keluarga, teman, sahabat, kolega, mitra bisnis dan orang-orang yang anda sayangi untuk hadir dalam Bajafash 2018 hari Jum’at dan Sabtu, 16 – 17 Maret 2018 di Batam View Beach Resort.


            

Komentar

  1. Kayakanya pembahasan tentang musik Jazz sedang jadi favorit nih, sudah beberapa tulisan hari ini yang membahas tentang Jazz

    BalasHapus
  2. Seru nih bajafash buat para penggemar musik jazz sm fashion, aku sih lbh trtarik ke fashionny. Apalagi bnyak narsum dr LN juga ya mba .

    BalasHapus
  3. Acaranya cukup menarik kayanya buat para pencinta musik jazz.

    Malahan anti mainstream lagi music jazz dipadukan dengan fashion kira kira jadi kaya gimana yaa

    BalasHapus
  4. Pengen nyobain nonton konser musik jazz. Tapi kalau yang ini acaranya di Batam ya? Semoga ke depannya, ada juga konser jazz yang digelar di Bandung :D

    BalasHapus
  5. Acaranya banyak banget ya. Pengisi acaranya juga banyak banget. Orang-orang industri kreatif memang kreatif.

    BalasHapus
  6. kalo saya biasanya pal,ing semangad kalo liat bagian yang kayak Music Camp itu lho. Pengen rasanya belajar lebih dalam lagi tentang teknik permainan para maestronya. Mudah-mudahan event serupa selalu ada di indonesia yakk,, demi kemajuan "isi" musik indonesia.

    BalasHapus
  7. wow... luar biasa. Batam sudah merasakan jazz sebagai musik yang perlu dibuat festival. semoga bisa menarik wisatawan asing dari Singapura dan Malaysia. Indonesia juga mampu menghadirkan festival berkualitas

    BalasHapus
  8. Konsepnya matang, pasti bakal puas banget kalo yang nonton, jadi nggak cuma menikmati. Luar biasa hasil karya para kreatif ini :D

    BalasHapus
  9. Ada glenn fredly juga, penyanyi favorit ini. Kolaborasi super keren dan dukung oleh KBRI juga. Pasti seru acaranya nanti ya

    BalasHapus
  10. Festival Jazz dipadupadankan dengan fashion show, pasti wow banget itu acaranya ya uni. Batam memang sesuatu banget deh, pingin ke sana suatu hari nanti

    BalasHapus
  11. Banyak artist ya..ini emang menarik minat pengunjung juga kan..

    Jadi para penikmat Jaz makin semangat buat hadir dan mengikuti semua acaranya..

    BalasHapus
  12. Baru dengar nih bajafesh tp seru juga nih acaraaa

    BalasHapus
  13. W.o.w dimana Mana Jazz.. tapi keren sih emang. Apalagi Ada glen fredly salah satunya.. hmmmm yakin rame yg nonton

    BalasHapus
  14. Seandainya Batam - Jakarta itu kayak Bogor - Jakarta, aku pasti datang! Kalau baca detail acaranya sih kayaknya akan jadi acara yang seru banget dan sayang banget kalau dilewatin. Jazz + fashion show itu kolaborasi yang renyah sekali rasanya. Moga sukses acaranya!

    BalasHapus
  15. wahh serunya yah di batam afa acara jazz seru gini.. ada glenn fredly juga

    BalasHapus
  16. wah di batam ada acara jazz yg seru gini ya.. ada glen fredly nya juga

    BalasHapus
  17. Wohooo. Kalao festival jazz digabung fashion pasti jadi chick banget ya. Dan kebayang deh busaha yg ditampilkan pada casual2 ala jazz. Chic dan gothic..
    Mendapat dukungan dr kbri dan pemerintah singapore bikin acaranya tambah seru nih. Semoga event selanjutnta bisa sukses juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung