Panduan Praktis Menghidupkan Mesin Mobil yang Sedang Mogok


Mobil yang mogok ketika sedang berkendara memang terasa merepotkan. Tak jarang pula kita merasa panik menghadapi mobil mogok. Sebaiknya kita menenangkan diri terlebih dahulu bila mengalami insiden mogok. Sehingga kita bisa segera mencari solusi tepat untuk menyalakan mesin mobil.
Beberapa panduan praktis ini bisa kita lakukan untuk mengatasi mobil mogok secara cepat. Perjalanan pun bisa dilanjutkan dengan lancar jika mobil kembali menyala:

Memeriksa Kondisi Aki Mobil
Banyak kasus mobil mogok terjadi karena kualitas aki yang sudah menurun. Sehingga aki tidak memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil. Kalau hal ini terjadi, proses jumper adalah pertolongan pertama yang paling dibutuhkan. Gunakan kabel jumper yang terhubung dengan aki mobil lain. Ketika mobil yang menjadi sumber listrik dinyalakan, maka kabel jumper akan melakukan proses charging pada aki mobil kita. Lakukan selama kurang lebih setengah jam hingga mesin mobil bisa dinyalakan.
Mendinginkan Mobil Selama Beberapa Saat
Ternyata kondisi mobil mogok juga dapat terjadi bila mobil mengalami overheat. Kita wajib memeriksa kondisi komponen radiator mobil. Tambahkan air pada tangki radiator yang sudah mengering. Kita juga bisa meletakkan kain basah di atas tangki radiator yang sedang panas. Hal ini wajib dilakukan untuk mempercepat proses pendinginan mobil. Selanjutnya, diamkan mobil selama beberapa saat. Kalau temperatur mobil sudah kembali normal, mesin mobil pun bisa kembali dinyalakan.
Mendorong Mobil untuk Merangsang Kondisi Mesin
Mobil manual yang mogok ternyata bisa dinyalakan kembali dengan cara mendorong mobil. Perputaran ban mobil akan menstimulasi mesin yang sedang dinyalakan. Mintalah bantuan orang lain untuk mendorong mobil selama beberapa saat sembari berusaha menyalakan kunci kontak mobil. Setelah didorong sebentar, biasanya mesin mobil akan kembali menyala dengan normal.

Jika tidak ingin direpotkan dengan kerusakan mobil yang bisa menguras isi tabungan, alangkah lebih baik jika kita menyiapkan proteksi dari sekarang. Pilihlah asuransi mobil terpercaya di Futuready untuk melindungi mobil dari berbagai risiko tak terduga. Futuready adalah supermarket asuransi modern yang memiliki pilihan asuransi beragam. Kita tinggal mengakses website Futuready dan mempelajari spesifikasi asuransi sebelum memilih yang terbaik. Ingat asuransi mobil, pasti ingat Futuready.

Komentar

  1. Nggak cuma org aja ada asuransi yah mbak,
    Kendaraan pun juga,
    Asyik nih kalo udah ada jasa Asurasnsi soal permesinan kendaraan roda empat, hhee
    Smoga suatu hari bisa punya monil heheee

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung