3 Penyebab Genset Sulit Distarter


Memang mengesalkan ketika sudah sewa genset besar dan kecil namun saat akan digunakan, tidak bisa distarter. Apa penyebabnya?

Banyak hal yang bisa menyebabkan genset sulit atau tidak mau distarter. Jika Anda menemukan kendala ini, temukan penyebab dan solusinya sebagai berikut.

Mesin macet/jammed
Mesin genset yang sedang beroperasi bisa juga mendadak mati atau sulit dihidupkan kembali. Biasanya kondisi ini disebut dengan jammed. Mesin macet ini disebabkan oleh kepanasan atau overheating. Mengapa bisa overheating? Ketika genset beroperasi, pembakaran di ruang pembakaran dan gesekan antar material mesin dapat menghasilkan panas yang tinggi. Jika pelumasan mesin terganggu, panas akan menjadi berlebihan dan mengakibatkan pemuaian komponen. Untuk itu, pastikan selalu pendinginan dan pelumasan genset dalam keadaan optimal.

Jalur solar tersumbat
Jika jalur solar tersumbat, tentu membuat genset tidak dapat menyala dengan baik. Mengapa? Karena suplai bahan bakar yang seharusnya tersalur ke mesin jadi tidak berjalan normal. Jalur solar tersumbat biasanya disebabkan oleh endapan partikel halus di dalam solar dan karat yang ada pada tangki ikut terbawa ke dalam sistem injeksi BBM mesin. Jika endapan terlalu banyak, water separator yang terdapat di dalamnya tidak bisa menyaring sehingga akan menyumbat nozzle. Cara mengatasinya, pindahkan solar ke wadah lain dan bersihkan tangki dari karat dan endapan. Setelah dijemur hingga kering, sambung kembali dan masukkan solar ke dalamnya.

Masuk angin
Istilah yang biasa terjadi pada manusia ini juga bisa terjadi pada mesin genset, terutama yang bermesin diesel. Mengapa disebut masuk angin? Hal ini terjadi ketika saluran injeksi solar terisi oleh udara. Akibatnya, tekanan solar pun berkurang dan tidak dapat mengalir dengan baik hingga ke ruang pembakaran. Masuk angin ini terjadi karena pengisian bahan bakar yang terlambat (hingga habis sama sekali) dan komponen sistem seperti selang, filter solar, atau injector ada yang bocor. Jadi untuk menanggulanginya, pastikan tangki terisi penuh dan cek ulang apakah komponen seperti selang, filter solar, dan injector ada yang bocor atau tidak.

Untuk sewa genset Kalimantan anda bisa kunjungi web Sewatama. 


Komentar

  1. Ohh gitu ya mbak, berarti pelumas harus dicek berkala ya, biar ga jammed.

    BalasHapus
  2. oh ternyata genset bisa masuk angin juga toh, genset ini penting banget terutama di kampung aku yang sering mati lampu dr PLN, biasanya di mesjid atau di desa selalu sedia genset.

    BalasHapus
  3. Wah genset ternyata juga butuh perawatan ya. Kirain tinggal taroh trus diemin sampai mati lampu dia nyala dan garansi ampe belasan taun gitu ya. Ya namanya barang pasti ada kekurangan dan perlu perawatn sih.

    BalasHapus
  4. Ngomongin genset ini yah aku ingat dengan bunyinya yang super duper itu :D

    Iya kan? Iya mbak, bunyinya keras sekali

    Boleh juga mbak untuk tulisan selanjutnya tentang cara meredam suara genset

    BalasHapus
  5. Waah....saya baru tahu kalau ada genset besar dan kecil.
    Mungkin tergantung skala pemakaian yaa..?

    Di komplek perumahan orangtua saya, dari skian banyak kepala rumahtangga, hanya 1 rumah yang punya genset.

    Mantep bangeet...pokonya maah...
    Kalo semua orang mati listrik, hanya rumah dia yang menyala teraaang...

    Kereeen.

    BalasHapus
  6. Eh serius ... aku baruntahu ada masuk angin segala macam hehehe gimana cara ngerokin genset ya hahaha. Jadi gimana kak caranya? Ditiup tiup lalu diisi solar kali ya hehehe

    BalasHapus
  7. Genset emang harus dicek secara berkala ya mbak. Supaya pada waktunya listrik padam bisa dimanfaatkan dengan baik. Tengkyu infonya.

    BalasHapus
  8. Kalo punya Kakakku biasanya krn ada sumbatan dan masuk angin. Kadang pas deket2 air, gensetnya jd bunyi aneh. Makanya kudu dicek berkala

    BalasHapus
  9. Genswtlu pernah masuk angin dan harus disservice. Genset oh genset

    BalasHapus
  10. Wah, ternyata nggak mudah juga ya, merawat genset. Paling kagak harus rajin rawat

    BalasHapus
  11. Lucu yah genset bisa masuk angin, berhubung saya nggak pakai genset jadinya kurang tahu kendala-kendala di atas, tapi informasinya bagus, terima kasih

    BalasHapus
  12. Aku dulu ketawa denger tekbisi dekat rumah bilang, genset Alfa masuk angin. Eh taunya beneran ada ya istilah itu

    BalasHapus
  13. duh, jadi inget pas akhir tahun lupa ganti pelumas eh jadi rusak deh motor aku hahahah

    BalasHapus
  14. Keseringan sih genset itu ada yang tersumbat dan tiba tiba mati gitu gatau penyebabnya harus bener bener dirawat dengan benar ya genset biar gampang di starter gitu

    BalasHapus
  15. jadi inget pas tahun lalu lupa ganti pelumas motor, eh motor aku rusak, terus jadi keluar duit deh. Syedih akutu!

    BalasHapus
  16. Wah baru tau kalo pelumas genset harus dicek secara berkala. Maklum ga ngerti masalah gini. Tapi akhirnya jadi tau pas baca tulisan ini :D

    BalasHapus
  17. Iya kadang jalur solar suka kesumbat dan sering nge-jam...
    Biasanya di goncang2 dulu baru idulin lagi...

    Di Indonesia yg PLN suka mati seenak jidat..genset perlu dirumah terutama untuk penerangan malam hari

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung