Pemancingan Poyotomo Bintan : Tempat Liburan Asyik Keluarga

pemancingan poyotomo bintan

Biasanya setiap hari minggu, kami sering membawa Fitry, anak semata wayang ke pantai, tepi laut atau mall. Namun liburan di awal bulan Januari ini kami mencoba memberikan pengalaman baru kepada Fitry, yakni liburan di Pemancingan Poyotomo Bintan.

pemancingan poyotomo bintan

Sebenarnya saya dan Fitry sudah pernah ke sini pertengahan tahun lalu. Namun tidak bisa masuk karena sedang ada renovasi. Cuaca yang teduh pas banget berkunjung ke tempat wisata keluarga yang berada di Desa Bintan Buyu, Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.
pemancingan poyotomo bintan

Lokasi pemancingan memang sedang hits bagi warga Tanjungpinang dan Bintan. Jadi jangan heran, di linimasa sosial media selalu melintas warga yang berwisata ke sini. Ya, pemancingan ini sangat cocok untuk wisata keluarga, karena semua anggota keluarga bisa nyaman bersantai dan menikmati keindahan alamnya. Berikut alasannya :
1.       Lokasi pemancingan ini punya kolam pemancingan yang luas. Terdapat tempat duduk dan tempat berteduh untuk memancing. Bagi kaum bapak bisa melakukan aktifitas memancing sekaligus mengajarkan anak cara memancing
2.       Taman dan gazebo yang menjadi tempat asyik bersantai bagi keluarga, khususnya kaum ibu, lansia atau balita.
3.       Tempat jalan kaki atau pedestrian yang cocok untuk olahraga santai jogging atau jalan kaki.
4.       Tempat bermain anak yang bisa membuat anak betah karena ada wahana bermain
5.       View Gunung Bintan yang memberikan pesona tersendiri
6.       Dilengkapi dengan kamar mandi dan musholla.
7.       Ada kantin yang bisa mengantarkan makanan ke tempat kita duduk atau memancing.
pemancingan poyotomo bintan

Kami berangkat ke sini sekitar pukul 1 siang. Jarak dari Kota Tanjungpinang menuju pemancingan sekitar 1 jam dengan kecepatan mobil yang santai. Lokasinya sangat gampang ditemukan. Dari jalan lintas barat berbelok ke simpang menuju arah lokasi Air Terjun Gunung Bintan.

Dari jalan depan gerbang air terjun gunung bintan jalan terus hingga bertemu tugu durian. Belok kanan, lurus terus hingga bertemu tembok tinggi yang mengeliling lokasi pemancingan. Biasanya kendaraan yang banyak terparkir di pinggir jalan juga menjadi penanda.

Bagi anda yang baru pertamakali ke sini, sebaiknya jangan ngebut karena jalannya berliku dan agak sempit. Sebaiknya santai saja sambil menikmati teduhnya pepohonan dan sejuknya udara.

Parkir kendaraan untuk mobil dikenakan Rp 5000. Sedangkan untuk masuk ke lokasi setiap pengunjung akan dikenakan Rp 10 ribu. Bagi yang menyewa gazebo atau pondok dikenakan Rp 30 ribu. Untuk memancing dikenakan Rp 30 ribu. Di sini juga disediakan tenda bagi yang ingin kemping dengan tarif Rp 50 ribu.
pemancingan poyotomo bintan

Memasuki gerbang, Fitry langsung kegirangan melihat jalan setapak yang berbentuk tembok kotak dan ada yang berwarna. Ia melompat lompat sambil berhitung. Sementara saya mencari objek foto untuk sellfie. Ketika melihat wahana bermain seluncuran ia langsung berlari ke sana dan bergabung dengan anak anak yang lain. Wahana bermain anak ada 2, yakni seluncuran dan panjat tebing.

Puas bermain, saya mengajaknya memancing. Kami membayar sewa alat pancing Rp 30 ribu dan deposit Rp 20 ribu. Petugas memberikan seperangkat alat pancing dan umpan. Kami sengaja memilih tempat yang di ujung supaya tidak terlalu ramai.

Meski baru pertamakali memegang alat pancing, ternyata Fitry sangat antusias. Apalagi ketika ia mendapat ikan pertamanya yang membuatnya kecanduan untuk terus memancing. Ayahnya yang bertugas memasang umpan, sementara saya sibuk mendokumentasikan.
pemancingan poyotomo bintan, blogger tanjungpinang

Jelang sore, makin banyak pengunjung datang. Ternyata mereka para pemancing yang akan mengikuti turnamen memancing. Sehingga kami harus segera selesai saat pukul 5 sore. Ikan yang didapat harus dikembali ke dalam kolam. Jika ingin dibawa pulang harus ditimbang dan dibayar sesuai harga masing-masing. Kami membawa pulang dan harus membayar sekitar Rp 70 ribu.

Tips jika berwisata ke Pemancingan Poyotomo Bintan
1.       Berpakaian yang nyaman, misalnya baju kaos, sepatu, topi, kacamata serta payung
2.       Bawa bekal, seperti makanan ringan dan air minum
3.       Jika tidak ingin menyewa pondok alias berhemat, bawa tikar atau koran
4.    Jaga kebersihan alias membuang sampah di tong sampah yang disediakan. Jangan sesekali membuang sampah ke kolam.
5.       Pergi jelang sore, karena cuaca tidak terlalu panas.

Anda penasaran ? Silahkan berlibur ke sini. 

Komentar

  1. wuih, gunung itu bikin tempatnya tambah indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..terpampang nyata..pas banget lokasinya..jd indah

      Hapus
  2. Saya baru pertama melihat tempat pemancingan yang begitu luas. Didukung dengan pemandangan yang indah tentunya akan sangat mengasyikan bila memancing di sana. Biayanya pun relatif murah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener..klu cuma masuk aja cuma modal 10 ribu...biar hemat ya bawa tikar..gelar di bawah pohon....makannya bawa sendri..asal dijaga kebersihannya

      Hapus
  3. Tempatnya nyaman, komplit pula. Anak dan ibu2 kalau ga suka mancing, pasti ga bakalan bosen nungguin bapak2 mancing ya. Dan pulangnya bisa bawa ikan meskipun harus bayar. :)

    Kalau disini ada tempat mancing aja, ikannya beli dulu terus dimasukin kolam baru dipancing. Ntar ikannya bisa dibawa pulang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...klu ga dapat rugi donk ya..udah bayar ikan..tp ga dapat

      Hapus
  4. Wuiii keren
    Ikannya apa aja mbak???

    Tempatnya ramah anak yaaa, si Fitry sampe kegirangan

    Asyik yaa, kalo ke sana sama pasangan, hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...ada ikan kakap..mujair..harganya beda beda...

      Hapus
  5. Wah nggak mirip pemancingan seperti yang banyak kutahu. Pemancingan yang ini malah lebih cocok disebut tempat wisata, taman wisata, atau semacamnya. Bagus.

    BalasHapus
  6. Wah ada playground-nya ya, saya belum pernah mengajak anak-anak ke tempat pemancingan, soalnya kalau mau mancing tinggal ke rumah neneknya hehehe di rumahneneknya ada kolam ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy di kampung jg ada kolam ikan di belakang rumah..tp mancing di pemancingan lebih seru

      Hapus
  7. Nah, tambah satu lagi nuh, destinasi wisata. Bisa jadi alternatif kalau sudah bosan ke pantai, ke gunung, atau ngemall. Bagus juga kayaknya ya untuk melatih perkembangan motorik si kecil.

    BalasHapus
  8. image pemancingan yang gersang sudah terbantahkan, hohoho
    Konsep yang seperti ini yang harus ditambah di provinsi lain,
    kalo liat yang gini yang ada di pikiran "bersih, nyaman, sejuk,"
    lebih mirip ke taman lah.. :D

    BalasHapus
  9. Sepertinya kalo aku prefer ke tempat bermainnya daripada mancingnya. Soalnya duo balita ini aku takut pada mau nyemplung berenang di kolam ikan hahaha

    BalasHapus
  10. Tempatnya indah suasananya nyaman ya..ramah anak juga..ada Playground nya..


    Suka lihat suasana nya..

    BalasHapus
  11. Pemandangannya bagusss ya Mbak.. kolamnya juga lumayan besar, dan bersih. Asyik banget keliatannya mancing di sana. Kalau saya belum pernah mancing :)

    BalasHapus
  12. Aaaaah entah kenapa langsung kebayang ikan bakar muehehe :3 asyik bgt mbak buat piknik bareng keluarga trs pasang tiker, bawa bekel biar hemat. Anak2 juga bisa lari2an yak di situ, pemandangannya indah juga duh betah nih :3

    BalasHapus
  13. Tempat pemancingan yang tergolong unik, tidak seperti pada umumnya. Jarang-jarang loh, ada yang mau berwisata alam ke tempat pemancingan. Pasti, ya, apalagi, kebanyakan kalau mau greget, ya mancing di sungai, atau kalo mau greget lagi, mancing sendirian tuh di Samudera Hindia. Hahaha.

    Membaca pengalaman si Fitry membuatku teringat waktu awal aku memancing di kolam dekat SD waktu masih di Batam. Entah kenapa senang banget sampe sempat ada suatu titik dalam hidupku, aku pernah bermimpi menjadi pemancing terhebat sedunia. Entah aneh.

    BalasHapus
  14. Ah ini tempat yang ingin sekali aku kunjungi mbak...... 😍 jadi makin pengennn... Seru ya bawa aanak2 kesana..

    BalasHapus
  15. View lokasi memancingnya menarik banget. Gunungnya bikin pemandangan segar. Cocok juga buat keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan. Kalau dibuat perkemahan yang nyediakan lokasi BBQ hasil pancingan pasti seru banget yak.

    BalasHapus
  16. View lokasi memancingnya menarik banget. Gunungnya bikin pemandangan segar. Cocok juga buat keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan. Kalau dibuat perkemahan yang nyediakan lokasi BBQ hasil pancingan pasti seru banget yak.

    BalasHapus
  17. mantap infonya.
    detail.
    saya berencana kemping disana bulan feb :)

    BalasHapus
  18. sampai sekarang belum kesampean kemari...huuuu padahal pengen banget

    BalasHapus
  19. Dari awal tahun lalu pengen kesini gak jadi2 mulu.. Sekarang udah makin keren ya..

    BalasHapus
  20. Adem banget lokasi memancingnya, kalo gini mah saya berangkat pagi sampai sore hari buat mancing aja. Mungkin untuk berhemat saya akan mengurangi segi biaya gazebo, lumayan loh kak bisa buat beli bekal makanan hehe

    BalasHapus
  21. Nggak camping ya mbak? Baru tau kalo ikannya ditimbang, jadi mancingnya enak ya, sudah disediakan alat dan umpannya. Aku sih ga suka mancing karena jijik mau pasang umpan nya :))

    BalasHapus
  22. Pengen kemping lagi di sini malah. Gak puas kemping kehujanan. Harus paa musim panas.

    BalasHapus
  23. makin cantik ya poyotomo :)

    BalasHapus
  24. untuk sekarang kalau mau nginep murah dan asik di bintan ya di sini :D, view kece

    BalasHapus
  25. Aiih belum sempat juga ke tempat ini. Pengen kemping bareng teman-teman!

    BalasHapus
  26. Bagus nih buat menghabiskan akhir pekan dengan keluarga. Si kecil juga jadi bisa bermain di alam terbuka

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung