5 Inspirasi Hidup Hemat Bagi Kamu yang Terbiasa Boros

pic by pixabay

Di era yang katanya modern ini, orang-orang berlomba-lomba memperkaya diri dengan berbagai cara. Sayangnya, kebanyakan orang berusaha meningkatkan level sosialnya dengan cara yang sangat boros. Bayangkan saja, untuk memiliki rumah, seseorang harus nyicil selama bertahun-tahun lamanya. Apalagi jika seseorang ingin beli mobil, sudah kebayang ‘kan berapa uang yang harus dikeluarkan.

Semakin kesini, gaya hidup hemat memang semakin ditinggalkan. Orang-orang rela bekerja dari pagi hingga malam hari hanya agar dapat bayar cicilan. Padahal dengan hidup hemat, seseorang tak perlu lagi kredit barang-barang.

Bagi kamu yang terbiasa boros, sebaiknya baca 5 inspirasi hidup hemat berikut ini.


1.     Kekurangan Uang Merupakan Sumber Dari Segala Kejahatan (Mark Twain)

Quote diatas disampaikan oleh Mark Twain, seorang penulis legendaries asal Amerika. Pria bernama asli Samuel Langhorne Clemens ini memiliki banyak quote mengenai hidup hemat, salah satunya quote satu ini. Quote ini sangat menginspirasi meskipun agak radikal.

Kekurangan uang dapat menjadi sumber dari segala kejahatan. Jika orang-orang punya uang yang cukup, maka akan sulit bagi kita untuk menemukan pencopet di jalanan, perampok yang beraksi di malam hari, wanita yang menggadaikan tubuhnya, dan lain-lain. Pesan moralnya yaitu berusahalah sekuat mungkin untuk mendapatkan uang, namun jangan lupa berhemat. Karena dengan berhemat, kamu bisa terhindar dari yang namanya kebangkrutan.

2. Cara Termudah Menggandakan Uang yaitu Dengan Melipatnya Lalu Menyimpannya di Dompet (Kin Hubbard)

Quote lainnya yang dapat menginspirasi kamu untuk berhemat yaitu datang dari Kin Hubbard. Kin Hubbard merupakan junalis, kartunis, dan pelawak, yang lahir dan besar pada akhir abad 18 yang lalu. Tak perlu menggunakan ilmu sihir untuk menggandakan uang, kamu bisa mengaplikasikan apa yang dikatakan oleh Kin Hubbard ini.

Setelah gajian, cairkan uang dalam bentuk cash. Untuk penghematan, lipat beberapa uang lalu masukan kedalam celengan atau dompet. Jika kamu terbiasa melakukan cara ini, maka perlahan-lahan tabungan semakin meningkat berkali-kali lipat. Jadi jangan malas-malas melipat uangnya.

3.     Cobalah Menyimpan Uang Ketika Gajimu Kecil (Jack Benny)

Inspirasi lainnya datang dari comedian Amerika, Jack Benny. Jack Benny berkata bahwa jika seseorang mampu menyimpan uang ketika gajinya kecil, maka ia dapat dengan mudah menyimpan uang saat gajinya besar. Jadi meskipun gajimu minimalis, namun bukan berarti kamu tak perlu menabung. Justru dengan menabung, kamu ‘pun memiliki bekal kedisiplinan, sehingga kamu pun pasti melakukan hal serupa saat gajimu meningkat drastis.

4.     Orang yang Mengeluarkan Uang Sekaligus Berhemat Merupakan Orang Paling Bahagia, Karena Orang Tersebut Menikmati Keduanya (Samuel Johnson)

Inspirasi hidup hemat lainnya datang dari Samuel Johnson, pencetus literature bahasa Inggris. Dari quote yang dikatakan Johnson tersebut bisa kita ambil pelajaran  bahwa , melainkan juga mesti focus pada penghematan. Jika kita mampu menyeimbangkan pengeluaran dan penghematan, maka seperti apa yang dikatakan Johnson, kebahagiaan  yang akan kita dapatkan.

Salah satu cara terbaik menghemat uang yaitu dengan memanfaatkan diskon. Jika kamu sering belanja online, sebaiknya dapatkan dan manfaatkan diskon Blibli. Kamu bisa menemukan diskon dari Blibli ini lewat https://www.hadiah.me/blibli.

5.     Saya Tak Bisa Berhemat dengan Uang Kotor (William Shakespeare)

Rasa-rasanya kurang afdol tidak memasukan namaWilliam Shakespeareke dalam artikelini. Salah satu quote William Shakespeare mengenai penghematan yaitu quote diatas. William Shakespeare yang merupakan seorang penyair merasa sangat kesulitan menghemat uang jika uang yang didapat merupakan ‘uang kotor’.

Uang kotor maksudnya yaitu uang yang didapatkan dengan cara yang tidak benar seperti uang hasil mencuri, uang hasil korupsi, uang hasil judi, dan lainnya. Menghemat uang merupakan kegiatan yang sangat mulia, jadi sangat tidak sinkron jika hal mulia mesti dipersatukan dengan hal kotor.Jadi pastikan kamu mencari uang dengan cara yang halal ya, biar berkah.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menghemat uang, jangan pernah ragu untuk mengingat kembali 5 inspirasi hidup hemat dari beberapa tokoh diatas. Ingat, hemat pangkal kaya!

Komentar

  1. quotenya keren keren nich, bikin inget uang di dompetku

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung