Tips Agar Workstation Menjadi Lebih Ergonomis (Part 2)

Selain posisi meja dan kursi serta layar monitor dan perangkat lain yang harus disesuaikan dengan postur tubuh karyawan, ada beberapa tips lain yang dapat diikuti untuk menciptakan workstation yang lebih ergonomis. Perlu diingat, semakin ergonomis workstation semakin meningkat pula produktivitas karyawan dalam bekerja. Berikut ini beberapa tips lainnya yang dapat Anda ikuti di workstation Anda.

Berdiri dan bergerak keliling tempat kerja
Bagi para pekerja kantoran, gerakan ini sangat penting karena dapat mengurangi tingkat stress saat menghadap layar monitor. Anda dapat sekedar berdiri saja atau berjalan-jalan ke pantry untuk memesan kopi, memandangi pemandangan dari jendela atau sekedar berjalan-jalan untuk merelaksasi pikiran Anda. Gerakan ini dapat dilakukan setiaknya satu jam sekali untuk mengurangi tingkat stress dan meningkatkan produktivitas kerja Anda.
Mengatur lingkungan kerja
Mengatur lingkungan kerja penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Beberapa hal yang dapat diperhatikan antara lain suhu ruangan, pencahayaan sampai kenyamanan workstation. Anda juga dapat menaruh beberapa pajangan di workstation Anda untuk memotivasi dan mengurangi kejenuhan saat bekerja.
Melihat sekeliling
Memandangi layar monitor sepanjang jam kerja tentu akan membuat jenuh dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Untuk meminimalisir risiko tersebut Anda dapat sesekali memperhatikan sekeliling Anda untuk sekedar “mencuci mata” agar tidak stress saat bekerja di workstation Anda. Anda dapat melakukan kegiatan ini setidaknya setiap 10 – 20 menit sekali.
Menyediakan aksesoris penunjang kerja yang ergonomis
Berbagai perusahaan penyedia aksesoris untuk kantor telah mengembangkan aksesoris yang ergonomis untuk menunjang pekerjaan di kantor seperti footrests untuk mengistirahatkan kaki agar lebih rileks, documents holder untuk menaruh dokumen yang akan diketik agar lebih mudah terlihat dan membuat leher menjadi lebih rileks. Selain itu terdapat pula headset agar saat ingin melakukan panggilan telepon atau mengangkat panggilan telepon tidak mengganggu produktivitas saat bekerja.

Itu tadi beberapa tips untuk membuat workstation menjadi lebih ergonomis. Jadi, sudah ergonomis kah workstation Anda?

Komentar

  1. hihih good idea nih harus dicoba tips nya

    BalasHapus
  2. hmm,,, good. bermanfaat bgt mbk buat suasana di kantor. nnti tak coba. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung