Manfaat Besar dari Seringnya Mengkonsumsi Beras Organik dalam Negeri



Beras merupakan salah satu bahan makanan utama bagi setiap manusia diberbagai belahan dunia terutama Indonesia. Di pasaran sendiri banyak sekali jenis beras dari mulai beras yang biasa sampai dengan beras organik dengan berbagai merk. Kenapa dikatakan organik? Karena beras tersebut dalam proses penanamannya menggunakan sistem organik tanpa adanya bahan kimia. Mulai dari pemupukan, penggunaan air sampai dengan saat panen tiba, makanya tidak heran jika banyak yang menyebut sebagai beras herbal. Ada berbagai macam warna yang dapat Anda temui di pasaran baik toko online maupun offline, dari mulai putih, merah, coklat, sampai dengan hitam.
Karena dikatakan herbal secara otomatis beras tersebut baik untuk kesehatan tubuh manusia dari pada beras non organik. Dari beberapa macam warna beras yang telah disebutkan diatas ternyata mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Misalnya beras yang berwarna hitam mempunyai khasiat, diantaranya:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.
  2. Sangat baik untuk penderita diabetes karena mempunyai kadar gula yang rendah.
  3. Dapat memperbaiki kerusakan sel hari seperti penyakit hepatitis ataupun lainnya.
  4. Mencegah gangguan pada ginjal.
  5. Dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang, tetapi bagi Anda yang mempunyai tekanan darah rendah bisa mencampurnya dengan beras merah perbandingan 1:1.
  6. Baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet, membersihkan kolesterol dalam darah.
  7. Menghambat penuaan dini atau antiaging.
  8. Mencegah penyakit anemia, kanker atau lainnya.
Selain dari beras hitam salah satu yang sering dikonsumsi masyarakat adalah beras berwarna merah. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata beras organik yang merah juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan, antara lain:

  1. Mencegah berbagai gangguan penyakit pada saluran pencernaan.
  2. Baik untuk anak maupun dewasa karena dapat membantu perkembangan otak.
  3. Membantu menyehatkan jantung dan juga pembuluh darah.
  4. Mempunyai banyak kandungan B1 dan juga mineral yang tinggi.
  5. Ada kandungan yang membuat Anda cepat kenyang dan tidak cepat untuk lapar kembali jadi sangat bagus juga untuk program diet.
Nah, itulah beberapa keuntungan ataupun manfaat yang dapat Anda peroleh jika rajin mengkonsumsi beras jenis organik yang merah ataupun hitam. Tetapi secara keseluruhan berbagai warna pada beras dengan jenis organik tentu menyehatkan untuk tubuh. Bisa dibandingkan sendiri manfaat besar antara organik dan juga non organik. Tetapi jika dalam pengolahan beras tersebut tidak tepat tentu akan merusak kandungan yang ada didalamnya. Makanya juga perlu diperhatikan saat memasaknya, berikut ini ada tahapan memasak beras jenis organik secara tepat yaitu:

  1. Pertama bersihkan beras dengan membilasnya bisa satu kali ataupun 2 kali, setelah itu masukkan pada wadah penanak nasi.
  2. 3 gelas beras dimasukkan air sebanyak 4,5 gelas, tetapi untuk rasio keduanya tergantung dari masing-masing orang.
  3. Selama proses menanak nasi sangat disarankan untuk tidak membukanya ataupun mengaduk untuk menjaga aroma beras.
  4. Setelah dirasa beras sudah matang bisa langsung diangkat dan disajikan, lebih baik hidangkan dalam keadaan hangat atau panas.
Beras yang jenis organik sendiri di Indonesia ada dihasilkan dan dijual banyak, baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk membedakannya Anda bisa merasakannya sendiri, sangat disarankan untuk memilih jenis beras dari dalam negeri karena rasanya yang lebih pulen. Selain itu juga struktur tanah Indonesia dan negara lainnya berbeda. Jadi alasan apa lagi untuk tidak mengkonsumsi beras organik hasil petani Indonesia yang enak dan bergizi tinggi.

Komentar

  1. Saat ini kami sudah memakai beras merah. Butuh air lebih banyak utk memasaknya, butuh membiasakan lidah jg. Nais inpo

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung