Resep Gulai Ijo Kepala Ikan Bulat dengan Santan Instant

 

Sebagai pasangan suami istri yang bekerja, kami hanya makan sehari sekali di rumah, yakni malam hari. Selebihnya pagi untuk sarapan saya sarapan di kantor, sedangkan suami tidak sarapan alias hanya minum kopi. Sementara anak saya sarapan dan makan siang di sekolah karena ada katering. Praktis banget hidup saya ya hehehe

Untuk makan malam biasanya saya masak pulang kerja atau siap magrib. Karena suami suka makan setelah Isya. Jadi masaknya yang praktis, seperti ikan goreng lengse, ikan asin cabe ijo, pindang ikan atau kalau capek saya beli lauk aja hehehe.


Namun kadang sesekali suami pengin makan gulai. Ribetnya bikin gulai ini karena harus nyari santan kelapa. Apalagi sore atau malam hari biasanya warung dekat rumah tidak mau lagi marut kelapa dengan alasan listrik tidak kuat.

Jadi saya mulai menggunakan santan instant. Nyetok beberapa di rumah. Jadi kalau suami pengin masak gulai, tidak perlu ribet lagi nyari santan kelapa. Awalnya saya pikir masak dengan santan instant itu akan boros. Ternyata malah tidak dan praktis banget plus rasanya yang sama enaknya dengan santan asli.

Kemarin itu kami dapat kiriman ikan dari pulau. Ikan bulat gede banget. Setelah dipotong-potong, suami minta dimasak gulai kepalanya. Karena ada stok santan instant, saya langsung membuatnya. Mau tahu resepnya ? simak di bawah ini.

Bahan :
Dua kepala ikan bulat
Cabe rawit
Cabe Ijo
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Kunyit
Daun Salam
Kunyit
Sereh
Air
Santan Instant
Galam
Gula/ micin
Jeruk nipis /asam kandis


Cara Membuat
Lumuri kepala ikan bulat dengan garam dan jeruk, diamkan beberapa lama dan cuci bersih
Haluskan bumbu, kecuali cabe ijo yang cukup diiris aja
Tumis bumbu sampai wangi
Masukan daun kunyit, salam dan sereh
Masukan air secukupnya
Tunggu mendidih
Masukan kepala ikan
Masak dengan api sedang
Balikan kepala ikan biar matang merata
Masukan santan instant
Aduk merata
Kecilkan api
Tambahkan garam, gula atau mecin secukupnya
Tambahkan air jeruk, jangan keasaman atau kalau tidak suka tak usah ditambahkan
Tunggu hingga kuah agak mengental baru angkat dan hidangkan

Selamat menikmati .
Kalau Anda suka masak apa dengan santan instant ? Share yuk 

Komentar

  1. ibuku juga pake santan kara
    udah males pake santan2an asli, ribet euy
    pake santan instan juga harganya murah, nggak ribet
    hahaha...
    tapi aku emoh sih makan bersantan, kalau ntar aku gendut gimana
    ya emang dasarnya gendut sih wkwkwk

    BalasHapus
  2. Mbak ikan bulat itu ikan apa? Terus di atas kayaknya ada typo di santan kelapa bukan santan kepala. Saya sendiri tidak begitu hobi makan kepala ikan ataupun ikan utuh kecuali ikannya udah gak berbentuk ikan lagi karena saya agak takut sama ikan. Wkwkw, tapi sepertinya mama saya suka dan saya akan rekomendasikan resep ini kepada mama saya hehehe.

    BalasHapus
  3. Mantaapp...
    Aku dan suami juga penggemar gulai. Namun termasuk yang jarang masak. Kalaupun ingin, gak pakai santan?
    Hehhe...rasanya gimana ga pakai santan?
    Yaa...gitu deeh...
    Alesan gak pakai santan, agar ga cepat basi. Mengingat kecepatan makan di rumah kami tergolong lamban. Hiikks~~

    BalasHapus
  4. Trims resepnya uni. Di rumah saya jg selalu nyetok santan instan ini. Pengalaman beberapa tahun lalu di Blp pernah kehabisan baik kelapa fresh maupun yg instan! Nasib tinggal di pulau kecil yaaa

    BalasHapus
  5. Waduh. Salut nih buat keluarga uni. Setidaknya meskipun sibuk, masih menyempatkan diri untuk menjaga kekeluargaan di malam hari. Ya, mungkin lebih mesra jika ditambah teh.

    Oh iya, ini gulai ijo kepala ikan sepertinya enak nih. Namun, sayang entah kenapa akhir-akhir ini penerimaan perutku dengan ikan selalu kurang baik gitu. Sering muntah pas makan lele. Semoga saja ini mengenakkan. Apalagi ditambah sambal. Sambal ijo lagi. Beuuuuhhhh..

    Lai lapa beko paruik ko yo.

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu lho ada ikan namanya ikan bulat =)
    Tapi nampak sedaaapp.. Apalagi sama nasi hangat saat hari hujan..
    Duh ah, lap iler 😅

    BalasHapus
  7. Aku selalu suka gulai kepala ikan yang ada di rumah makan padang. Liat resep disini, jadi tertantang untuk bikin juga

    BalasHapus
  8. gulai kepala ikan favoritku mbak, tapi aku sering nambahi asam sunti untuk asamnya.

    BalasHapus
  9. Wah, resep giulainya boleh dicoba, nih. Praktis bikinnya ya, Mbak :)
    Kalau saya, kadang pake santan instan, kadang ya meres sendiri. Hehe. Ya enak sih pake santan instan, lebih cepet masaknya. Kadang buat masak kolak, sayur lodeh, macem2 deh :)

    BalasHapus
  10. Wah

    Ngiler sudah

    Aku senang sekali dg masakan sejenis ini mbak. Batambuh, apalagi kalau pake lalap pete, beehhhhh


    Netes sudah

    BalasHapus
  11. Aku td bacanya ikan buntal, hahaha. Duh ikan beracun itu mah

    Untuk ikan aku jarang masak pakai santan. Goreng, kecap, bakar. Gak pernah pakai santan instan juga. Di sini beli kelapa boleh dikit, irisan gitu

    Kalau gak mau ribet memang enak pakai yg instan ya

    BalasHapus
  12. Duh... aku jadi ngiler,kepengen buat sendiri sih. Selalu beruntung kalau ada yang osting makanan soalnya rumah deket pasar jadi bisa belanja macem macem dan masak macem macem hehehe. Bumbunya sederhana dan mudah didapat jadi tinggal nyontek dikit. nyobain akh ntar

    BalasHapus
  13. Biasanya kalau ada resep menarik saya sodorin ke istri. Tapi saya ndak makan ikan, jadi ini enggak saya sodorin. Ngeliat kalimat 'masak yg praktis' itu semuanya ikan loh ya?

    BalasHapus
  14. kalau untuk ayam bisa ga yah? jadi gulai ayam tapi bumbunya mirip. Nanti aku share ke istri ah, siapa tahu dia mau buatin buat aku

    BalasHapus
  15. Gulai ijo kepala ikan itu, menu favorit saya kalau mau menikmati masakan padang.
    Eh, di tulisan "Ribetnya bikin gulai ini karena harus nyari santan kepala. "
    itu beneran santan kepala? Kelapa kali, ya ...hihihi
    Untuk urusan santan, saya mah fleksibel, kadang pakai yang instan seperti kara.

    BalasHapus
  16. Mantap, sampe gak keliatan itu ikannya, terkubur sama bumbu ya mantap surantap itu..hehe
    Jadi pengen bikin juga nih..he

    BalasHapus
  17. Uniiii.. Ni ya postingan makanan endeuus gini jangan suka ditawarin malem2

    BalasHapus
  18. Ikan bulat apa ya mbak? Hehe

    Biasanya kalau makan ikan kepalanya kubuang. Ternyata ikan ukuran besar kepalanya enak. Hihi

    BalasHapus
  19. Wah, boleh bih kapan kapan aku cobain. 😋

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung