Aneka Jenis Masakan Praktis untuk Anak Kost

Pic by Pixabay

Pernah merasakan jadi anak kost atau baru jadi anak kost ? Gimana sensasinya ? Yang jelas seru, suka duka bercampur menjadi satu. Tapi sesungguhnya menjadi anak kost adalah proses menjadi mandiri dan menjadi pribadi bertanggungjawab bagi kamu-kamu yang selama ini bergantung dengan orang tua.

Saya menjadi anak kost 15 tahun lalu saat udah kerja karena merantau ke kota lain, tepatnya dimana saya berdomisili sekarang. Alhamdulillah sekarang tidak ngekost lagi, karena sudah menikah dan tinggal di rumah sendiri.

Bicara tentang kemandirian, menjadi anak kost memang dituntut mandiri. Karena tidak ada yang akan urus diri kita, selain kita sendiri. Mau ngarepin ibu kost ? emangnya mau dibayar berapa dia untuk ngurusin anak kost yang manja hehehe. Mau ngarepin pacar ? paling sebulan kemudian diputusin karena dia merasa jadi babu, tiap hari diminta tolong ini itu.

Salah satu masalah anak kost adalah soal makan. Karena urusan satu ini tidak bisa tidak. Memang sih ada catering atau warung yang bisa tinggal pilih makanan yang disukai, tapi jika beli di luar terus menerus, jatah bulanan dari orang tua bisa habis di tengah bulan. Kalau pun udah bekerja, bisa bisa uang gajian hanya cukup untuk makan. Ga ada lagi untuk tabungan untuk menikah misalnya.

Dulu saat ngekost, saya juga rajin masak. Biasanya tengah bulan hingga akhir bulan hahaa. Atau jika bosan makan di warung makan langganan yang murah meriah. Biasanya sih saya masak yang praktis, khususnya untuk makan malam. Bahkan biar hemat, ngajak teman kost patungan untuk masak.

Berdasarkan pengalaman saya jenis masakan yang praktis untuk anak kost adalah :
1.       Telor dadar atau kalau teman saya lebih suka nyebut omelet
Saya sih lebih suka menyebut telur dadar. Karena waktu search di internet tentang cara buat omelet, eh ternyata sama dengan telur dadar hehehe. Maklum orang kampong nyebutnya suka yang familiar hehehe
Makan telor dadar ini paling enak dengan nasi panas. Rasanya tak ada deh lauk yang paling enak selain telor dadar, apalagi kalau bulan tua hahaha
2.       Sop ala anak kost
Namanya aja sop ala anak kost. Jadi ya bahannya seadanya yang penting ada sepotong kecil ayam atau daging yang bisa dicemplung bersama sayuran dalam panci yan berisi air mendidih. Bumbunya juga bumbu instant yang dibeli di swalayan.
Sop ini biasanya dimasak kalau musim hujan atau badan kurang sehat.
3.       Oseng tempe cabe hijau
Oseng tempe dengan cabe hijau termasuk yang saya suka. Selain gampang membuatnya juga bikin selera makan naik. Mungkin karena paduan cabe hijau dengan kecap manis plus gurihnya tempe. Makannya dengan nasi panas dan cocok juga dipadukan dengan telor dadar
4.       Sarden
Sarden juga sering saya masak. Gampang banget karena hanya tumis bawang putih, bawang merah, cabe rawit ditambah daun kunyit dan salam untuk pewangi. Masukan ikan sarden atau bisa sudah digoreng dulu . Praktis banget
5.       Nasi goreng
Biasanya ini masaknya hari minggu. Sengaja masak banyak pada sabtu sore, sehingga hari minggu bisa bikin nasi goreng. Bumbunya beli jadi di swalayan ditambah bawang merah dan daun bawang plus telor dadar atau telor mata sapi.

Semoga lima masakan praktis untuk anak kost ini bermanfaat ya. Btw…kamu yang udah pernah ngekost apa masakan praktismu dulu ? Share yuk 

Komentar

  1. Nggak pernah ngekos aku pikir menu andalan anak kost hanya mie instant aja ternyata anak kost mahir juga bikin sop-sopan

    BalasHapus
  2. yeiii.. aku anak kos dan aku syuuuuka sekali telur dadar. enak, praktis, dan aromanya itu hem..hemmm... bikin selera makan bertambah :D

    BalasHapus
  3. Gak pernah nge-kost.
    Makanya suka ngiri banget kalo ada temen-temen kuliah dulu yang bisa bebas pulang jam berapapun untuk ngerjain penelitian.
    Dan mereka tanya (ke sesama anak kost) "Nanti kita makan apa yaa?"

    Sedangkan aku?
    Pastilah gak bisa tanya-tanya karena sudah pasti ada Ibu yang siap sedia masakin tiap hari.
    Hiikks~~

    BalasHapus
  4. dulu saya waktu ngekos jarang masak, soalnya tdk disediakan dapur utk memasak :(

    BalasHapus
  5. aku jaman kuliah suka dengan kering tempe buatan sendiri dan tumis taoge buatan sendiri juga
    sarden pilihan tepat tuh!
    tapi omelet mie juga jadi favorit teman-teman kos

    BalasHapus
  6. kita beda kak, hehe
    aku justru beli melulu di luar
    sebenarnya di kosan ada dapur sih, tapi jadi satu sama pemilik rumah, jadinya agak sungkan gitu
    aku lebih memilih beli makan dari luar dengan alasan hemat waktu. Maksudku daripada waktuku buat masak, nungguin nasi matang, repot2 cuci peralatan masak, mending buat belajar. gitu sih. belum lagi kalau galau nasi di magic com dan lauk nggak habis, terus nggak ada yang ngabisin. apalagi kalau diajakin temen makan di luar padahal udah masak
    jadi aku lebih milih beli makan di luar. untuk unsur hemat duitnya, tinggal diatur aja sih, sehari bisa makan sekali, dua kali, atau tiga kali kalau lagi kalap dan ada duit lebih
    hehehe

    BalasHapus
  7. Telur dadar hidup telur dadar.

    Aku ingat dulu temanku yg kos malah makan nasi lalap cabai rawit aj mbak, udah cukup. Makannya lahap lagi, penghematan katanya

    BalasHapus
  8. Saya makaan mie terus waktu ngekos. Susah juga kalo masak soalnya ribet kalau buat cowok. Mending beli sih tapi mungkin beda kali yah buat cewe

    BalasHapus
  9. bener banget nich, smeenjak menikah aku malah jadi anak kost. Telur, sarden, kornet selalu ada sebagai persiapan. Tapi paling unik selama ini masak telur dadar pakai kangkung ternyata enak juga hahaa. Nasih gak punya sayur kangkung pun jadi

    BalasHapus
  10. Olahanku pas ngekos adalah bikin satur macem2 pakai magic com. Abis itu magic comnya jd bau macem2 hahaha

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ngekost juga. Tapi sering liat temen2 kost masaknya ya telur dadar atau mi instan. Trus kalau masak "besar" pas hari Minggu atau hari libur aja :)

    BalasHapus
  12. Saya pernah ngekost sendiri sih, enggak lama dan kebetulan ada kantor yang pagi dikasih sarapan, siang dikasih makan, sore ada snack wkwkw. Jadinya makanan selalu enak. Malem kadang makan kadang cuma gadoin buah karena deket sama Pasar Rebo yang makanan mayoritas buah,

    BalasHapus
  13. Enggak pernah ngekos. Tapi berhubung rumahku sering jadi tambatan anak2 kos. Jadi menu andalan mereka tiap kiriman ortu telat adalah... makan menu seadanya buatan mamaku. Wkwkwkwk...

    Penting ini buat anak kos, punya temen deket yg anak rumah. Apalagi yg enggak itungan. Karena aku dulu juga sering membiarkan temenku nyuci pake mesin cuci di rumah. Kasian... Hihihi

    BalasHapus
  14. Lebih baik drpd makan mie instan lagi, mie instan lagi :D
    Btw yang namanya telor wajib punya emang yaa. Suamiku cerita jg klo dulu hampir selalu stock telor :D

    BalasHapus
  15. Meskipun bukan anak kos, tapi saya cukup familiar dengan 5 masakan di atas. Apalagi telur dadar dan nasi goreng, seminggu pasti bikin salah satu. Selain praktis, rasanya juga enak.

    BalasHapus
  16. Makasih banyak untuk resep dan ide masakannya kak. :D inspiratif banget dan kebetulan akupun anak kost hehehehe masih belajar untuk kreatif dalam bikin makanan sih hehe mungkin harus lebih banyak meluangkan waktu untuk masak

    BalasHapus
  17. Aki enggak pernah ngekos. Hahahaha. Anak Ibu banget.

    Tetapi, untuk urusan masak aku tetep masak. Biasanya pas libur masak jadi tugasku. 😁

    Nasgor sm sambel jadi andalan kalo lagi males masak yg ribet-ribet.

    BalasHapus
  18. Saat ini masih ngekos, mbak. Biasanya sih sering masak tempe goreng, nugget goreng (hihi favorit banget), labu siam kukus, dan terkadang pecel gitu mbak. Seru sih masak sendiri, tapi waktunya sering gak sempet.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung