My Generation : Potret Generasi Millenials, Tontonan Wajib Remaja dan Orang Tua

Pic by IG MyGenerationFilm
Generasi millenials, istilah yang disematkan untuk anak khususnya remaja zaman now. Mereka punya karakter yang unik karena pengaruh bergesernya gaya hidup modern akibat era digital.Namun lahirnya generasi millenials ini cenderung tidak disadari oleh orang tua bahkan guru. Para orang tua dan guru yang rata-rata berasal dari generasi 80-an masih sering membandingkan masa mereka dulu. 

Realita dan kondisi yang terjadi antara generasi millenials dengan orang tua dan guru inilah yang menjadi latar belakang, Upi,sutradara kawakan Indonesia membuat Film My Generation. Menurut Upi, ia ingin memberikan realita lebih dekat tentang kehidupan generasi millenial, sehingga bisa menjadi catatan penting dalam mengetahui karakter mereka yang sesungguhnya. 

Pic by IG MyGenerationFilm
Keseriusan Upi menggarap Film My Generation, dilakukan dengan melakukan riset social media listening yang intensiv selama dua tahun. Tak heran dalam film ini nantinya terdapat banyak dialog 
dan percakapan anak millenials di social media, yang sesuai dengan gaya bahasa dan trend anak muda zaman sekarang.

Penasaran kan menonton film garapan IFI Sinema ini ? Saya juga ingin menonton keseluruhan ceritanya yang tayang perdana pada 9 November 2017 nanti. Karena saya baru dapat beberapa bocoran yang makin membuat penasaran.
Pic by IG MyGenerationFilm
Kenapa ? karena tokoh tokoh utama khususnya yang memerankan remaja millenialsnya adalah wajah wajah baru. Jadi kemampuan akting mereka sangat bikin penasaran.Menurut Adi Sumarjono, Produser IFI Sinema, keberanian pihaknya untuk menonjolkan pemain yang baru supaya nantinya bisa menjadi next generation dari industri film tanah air. 
Pic by IG MyGenerationFilm
Ia menilai, meski pemain baru, tapi Bryan Langelo, Arya Vasco, Alexandra Kosasie dan Lutesha yang merupakan pemeran utama film itu memiliki modal dasar yang cukup untuk diasah.Hal itu dibuktikan dengan kemampuan akting mereka yang luar biasa sesuai dengan karakter yang diharapkan. Bahkan mereka juga mampu beradu akting dengan pemain senior, seperti Tyo Pakusadewo, Surya Saputra, Ira Wibowo, Indah Kalalo, Karina Suwandhi, Joko Anwar dan Aida Nurmala. 

Sinopsis

Makin penasaran kan ? Oke..biar makin tertarik saya kasi bocoran sedikit tentang jalan ceritanya. 
Film My Generation ini bercerita tentang persahabatan 4 anak SMU, Zeke, Konji, Suki dan Orly. Diawali dengan gagalnya mereka peprgi liburan karena video buatan mereka yang memprotes guru, sekolah dan orang tua menjadi viral. 

Mereka dihukum tidak boleh pergi liburan. Tapi ternyata mereka tidak bersedih karena mereka malah masuk dalam petualangan dan kejadian kejadian yang memberi pelajaran berarti dalam kehidupan mereka. Nah, keempat sahabat ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan konflik yang berbeda-beda. 

Orly 
Perempuan yang kritis, pintar dan berprinsip dan sedang dalam masa pemberontakan akan kesetaraan gender .
Pic by IG MyGenerationFilm
Suki 
Perempuan paling cool diantara teman temananya namun memiliki krisis kepercayaan diri.

Zeke
Pemuda rebellious tapi juga easy going dan sangat loyal pada sahabat sahabatnya

Konji
Pemuda polos dan naih yang tengah mengalami dilema dengan masa pubertasnya 
Pic by IG MyGenerationFilm
Belum menyaksikan film ini secara utuh, saya menilai film ini wajib jadi tontonan remaja didampingi orang tua. Sehingga bisa menjadi bahan koreksi bagi masing-masing. 

Kenapa ? banyak remaja yang tidak terbuka dengan orang tua dan orang tua juga tidak bisa menjadi sahabat bagi anak. Sehingga macetnya komunikasi menjadi penyebab konflik antara mereka.

Jadi, catat jadwal tayang perdananya ya, 9 November 2017. Saksikan Film My Generation bersama keluarga tercinta anda. 

Komentar

  1. Uda nonton dan recomended banget. Film bagus

    BalasHapus
  2. aku rasa kapanpun jamannya, jamannya orang tua dan jamannya anak remaja emang beda sih, dan remaja emang masa-masanya cenderung jadi pemberontak. dan aku pikir itu nggak hanya terjadi di kods jaman now aja.

    dari kemarin sering banget liat netizen ngomongin film ini, kirain udah lama tayang, eh ternyata baru kemarin toh tayangnya. belum nonton.

    BalasHapus
  3. wah ini kayaknya aku nonton sama suami aja. Orang tua mana mau diajak nonton, alasannya pasti ketuaan hehe

    BalasHapus
  4. Team orly saya mba. Film ini sih menceritakan tentang permasalahan remaja masa kini yang berdasarkan survei dengan waktu yang lama banget. Patut ditonton sihf filmnya walau saya sendiri blm nonton karena, sibuk dengan urusan kuliah

    BalasHapus
  5. Wah aku belum nontin nih mbak. Udah tayang ya? Jadi penasaran.

    BalasHapus
  6. dalam pandangan aku orang tua harus bisa mengkomunikasikan kepada anak anak mereka. kadang mereka juga harus menjadi sahabat dan menjadi seorang panutan. ketika anaknya di lema mungkin saat itu orang tua harus menjadi sahabatnya.
    kalau aku sendiri kadang lait situasi diman aku membuat ayah mamamu menjadi shabat kadang mnejadi orang tua. enaknya kalau lagi nobar di rumah bisa berbagi opini. ini yang seru

    BalasHapus
  7. Wah, film baru yg langsung hits nih. Thanks banget resensinya jadi ada gambaran gimana2. Pengin nknton ah wiken ini

    BalasHapus
  8. Filmnya ternyata sudah mulai tayang di bioskop, pastinya seru ya. Jadi ingin mengajak orang tua nonton bersama, jadi bisa memahami perubahan zaman yang sudah sangat berbeda.

    BalasHapus
  9. review dari teman-teman yang udah nonton, katanya emang bagus nih film My Generation. Cocok banget dengan realita kehidupan jaman now.. mungkin orang tua jaman now harus nonton nih film untuk pembelajaran ya uni

    BalasHapus
  10. Aku mungkin kurang tertarik nonton film ini karena genre remajanya. Tapi aku mungkin bakal ngrekomendasiin film ini ke sepupu2 remajaku yg memang generasi zaman now.

    BalasHapus
  11. Saya. Mau koreksi dikit aja berdasarkan yg saya tau aja yah

    Generasi milenial umumnya mengacu pada mereka yang mengalami masa kecil peralihan dari non digital ke digital, umumnya dibatas sih mulai kelahiran 80 sampe 95 ada juga yg nyebut sampe 2000

    Nah di film ini kayaknya lebih keperwakilan generasi z yakni mereka yang dari kecil mengenal internet, estimasi kelahiran 96 sampe sebelum 2010

    Tapi overall saya suka sih kemasam trailer my generation bikin penasaran buat nonton

    Apalagi tulisan ini juga ngejelasin soal karakter pemainnya

    BalasHapus
  12. nah, betul, kalau liat judul milenials gen Z dan lain-lain, bukan cuma si milenials n gen z dan gen Y yyang nonton, orangtua kudu juga biar komunikasi nyambung. Karena kalau sama ortu komunikasi nyambung ga banyak deh masalah muncul. Iya ngga?

    BalasHapus
  13. Aku belum nonton!
    Tapi dari sinop dan semua yg beredar, My Generation ini wajib ditonton ortu sama anak. Kita perlu sudut pandang lain

    BalasHapus
  14. Saya belum.nonton sih... Sempat wara wiri di timeline socmed saya. Jujur penasaran juga kaya apa filmnya

    BalasHapus
  15. Baru tayang yaa filmnya? Aku belum nonton nih. agak penasaran juga sih sama film yang menceritakan tentang kehidupan kids zaman simple present tense ini.

    BalasHapus
  16. Saya Nunggu tayang di televisi aja deh, entah kapan ya hahahha. Semoga filmnya sebuming promosinya...gencar dan temlen penuh dengan kalimat zaman now :(

    BalasHapus
  17. Kalau bicara millenial pasti bicara gadget dan penggunaan teknologi digital. Penasaran si mau nonton..

    BalasHapus
  18. Yang ngebahas film ini, kayaknya rame ya.... Penasaran dengan pergaulan dan problematika anak-anak millenial

    BalasHapus
  19. Hihihi... Aku pengen sih nontin film ini, tapi gak tau sama siapa
    Mau kuajak ayah ibu, eh di lumajang gak ada bioskop. Aih sedih. Tapi ayah ibu memang bukan anak bioskop sih 😝😝

    Ini film kenapa bumingnya pas dengan istilah kids zaman now yaaa
    Apakah ada unsur kesengajaan dari pihak brand untuk filmnya lebih rame 😁😁

    BalasHapus
  20. Hmm
    Ini film keluarga? Untuk usia berapa kok sudah bawa2 kesetaraan gender? Kok aku ngeri ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung