Menilik Motif Batik Wanita Modern yang Paling Banyak Dicari


Busana merupakan perlengkapan manusia yang dapat menunjukkan sikap menghormati baik diri sendiri maupun pada orang lain. Semakin rapi dan elegan cara Anda berbusana bisa menampakkan semakin Anda menghormati orang yang ditemui dan juga semakin mengukuhkan bahwa diri Anda adalah orang yang layak dihormati. Selain dari kerapian dan cara berbusana, bahan atau jenis pakaian yang digunakan juga menjadi faktor penentu. Salah satu bahan kain yang sering digunakan untuk penghormatan pada orang lain adalah kain batik yang juga merupakan warisan budaya bangsa.


Di era modern seperti sekarang ini, pakaian batik khususnya wanita semakin sering digunakan untuk berbagai kegiatan terutama kegiatan jenis formal atau semi formal. Namun yang digunakan bukan lagi jenis motif batik tradisional yang banyak dipakai untuk acara upacara atau sesembahan ala keraton namun sudah motif batik modern yang lebih banyak ditemukan di berbagai wilayah. Batik modern dinilai lebih trendy dengan motif-motif baru dimana satu wilayah dengan wilayah lain memiliki jenis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa motif batik modern yang cocok digunakan untuk wanita pada berbagai jenis kegiatan.

1.      Batik Aceh.
Aceh merupakan daerah istimewa yang memiliki unsur agama sangat kuat. Hal tersebut juga nampak pada motif batik buatannya. Pada batik Aceh tak ada motif binatang yang digunakan namun banyak memiliki motif rumah adat dan juga unsur agama Islam. warna yang digunakan kebanyakan adalah warna cerah seperti merah maroon atau emas.

2.                  Batik Bali.
Sangat kontras dengan motif batik Aceh, batik Bali dikenal dengan motif binatang seperti rusa, naga, burung serta kura-kura. Memiliki banyak motif karena Bali dikenal sebagai wilayah yang banyak dikunjungi turis dengan keanekaragaman budaya sehingga diharapkan batik Bali bisa digunakan oleh banyak orang.

3.                  Batik Banten.
Batik Banten sangat pas dikenakan oleh wanita karena motifnya yang lembut dan halus. Menggunakan motif daun serta pemilihan warna yang soft, baju batik menggunakan motif Banten ini cocok untuk digunakan wanita untuk bekerja.

4.                  Batik Cirebon.
Dikenal luas dengan motifnya yang menyerupai mega, Batik Cirebon banyak digunakan untuk kepentingan yang lebih glamour seperti resepsi dan upacara kenegaraan. Selain motif mega, ada juga motif flora dan fauna yang juga digunakan terutama oleh pembatik Cirebon pesisir.

5.                  Batik Cilacap.
Bagi wanita yang suka motif batik unik, maka memilih batik Cilacap menjadi pilihan yang pas. Motif batik Cilacap bukan hanya memadukan satu dua unsur saja namun juga beberapa hingga membentuk suatu lukisan dalam kain. Menggunakan warna-warna klasik seperti hitam, putih dan coklat batik ini terkenal lembut namun berkesan.

6.                  Batik Cianjur.
Batik Cianjur memiliki motif yang ramai sehingga bisa digunakan untuk acara yang ramai juga seperti wisuda, pernikahan dan sebagainya. Menggunakan warna-warna alam juga dengan motifnya membuat batik ini lebih bisa dipadukan dengan banyak pilihan busana lainnya.

Itulah beberapa motif batik modern yang cocok digunakan wanita saat ini untuk menghadiri acara-acara umum sehingga dapat lebih menghormati orang lain baik sebagai tamu maupun pemilik rumah. Selain motif tersebut di atas tentu saja masih banyak motif batik lainnya yang juga memiliki kesan yang sama. Kekayaan budaya bangsa sudah sepatutnya dilestarikan dengan cara menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari agar tidak punah ataupun termakan kebudayaan asing yang masuk ke negara kita.

Komentar