Dua Bulan Sekolah TK, Anak Bunda Bisa Apa Saja ?


Sebenarnya dari kemarin saat baru masuk sekolah TK B ingin menceritakan perkembangan dan pengalaman Fitry, tapi baru kesampaian saat udah dua bulan. Tapi ga apa deh daripada tidak sama sekali.

Oh ya mengapa Fitry langsung masuk TK B ? karena umurnya saat masuk udah 5,8 tahun. Jadi harus masuk TK B. Kok tidak masuk TK A ? pernah masuk TK A saat umurnya belum genpa 4 tahun, tapi ternyata dia belum siap, sering merajuk, tiap pagi tidak semangat sekolah, sehingga cuma satu bulan saja di TK A.

Nah, saat usianya 5,8 tahun yang menurut para ahli parenting adalah usia yang masuk kategori tepat untuk masuk sekolah, ternyata memang terbukti. Hari pertama masuk sekolah ia semangat. Bangun awal, mandi dengan air hangat dan berangkat sekolah dengan senyuman.

Saat itu masih awal pengenalan lingkungan sekolah, hanya 1 jam saja. Namun Fitry sangat senang karena bisa mempunyai teman-teman baru. Bahkan ia tidak gerah ketika harus memakai baju gamis dan jilbab.  Saat hendak pulang sekolah dan menyalami gurunya, Fitry dengan penuh semangat mengatakan “ bersemangat, besok sekolah lagi,” ujarnya.

Hari kedua, ketiga hingga seterusnya sampai dua bulan ini Fitry tidak pernah merajuk, menangis, merengek saat dibangunkan. Baginya sekolah sudah menjadi kebutuhan. Kadang jika ia masih ngantuk diguyur air hangat badannya langsung segar dan kembali semangat sekolah.

Pernah suatu hari saya demam dan ayahnya dinas luar. Saya minta Fitry libur sekolah karena saya tidak bisa mengantar. Tapi ia tetap ingin sekolah. Akhirnya meski telat saya antar juga. Bahkan ketika ia sakit cuma libur sehari dan esoknya tetap ingin sekolah meski dibekali obat.

Oh ya, karena suami istri bekerja, Fitry dititipkan di tempat penitipan anak yayasan sekolah. Jadi tiap pulang sekolah ia dijemput mobil yayasan dan di sana ia akan tidur siang, mengaji dan bermain sampai dijemput sore harinya. Sarapan dan makan siang serta camilan sore sudah include dengan biaya sekolah dan penitipan.

Nah, dua bulan sekolah apa saja yang sudah Fitry bisa ? Alhamdulillah sekolah Fitry dan tempat penitipannya sangat memperhatikan perkembangan kognitif anak usia dini. Jadi anak-anak yang sekolah dan dititipkan mendapatkan didikan yang tepat.

1.       Kemampuan berbicara Fitry makin bagus, karena di sekolah sering interaksi dengan guru dan teman-temannya. 
2.       Kemampuan mengingatnya juga meningkat. Ia sudah bisa menghafalkan ayat ayat pendek dan doa doa pendek serta nyanyi yang diajarkan guru atau umi di sekolah dan penitipan
3.       Kemampuan nalarnya juga meningkat. Saya harus bisa mengimbanginya saat di rumah ia sering bertanya ini itu
4.       Kemampuan menggunakan kata kata juga makin baik. Kadang saya sering tersenyum melihat gaya bicaranya.
5.       Kemampuan bilangan makin bagus. Ia makin tahu angka dan bisa menuliskannya.
Bagaimana dengan bunda yang anaknya baru masuk TK ? cerita donk perkembangan anaknya. 

Komentar

  1. Wah seru yaaa kak, aku jadi gak sabar mau nganterin keponakan aku yg mau masuk TK, tapi masuk TK nya tahun depan wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Ponakanku udah lama PAUD lalu TK, dr 3 tahun. Dia sendiri yg minta dan semangat terus tiap sekolah. Perkembangan byk termasuk ngelesnya, duh.

    Kalau semisal anak sblm 5 th mogok sekolah menurutku gak papa. Drpd dipaksa sekolah tp gak hepi

    BalasHapus
  3. Wah cepat yah perkembangan nya, kelak Fitri jadi orang cerdas #Amin

    Waktu umur 5.8 saya sudah kelas 2 SD hahaha tidak pakai TK :D

    BalasHapus
  4. hihhi, aku belum punya anak.

    tapi, kata Ibu... aku dan adek tuh perkembangannya cukup pesat. intinya, sebelum TK, kami sudah bisa baca tulis.

    semoga Fitry tetap istiqomah mencintai belajar dan sekolahnya yaaa.... khawatir ntar pas udah gede, eeeh fitry malah lebih seneng libur daripada sekolah

    BalasHapus
  5. Jadi inget jaman Tk dulu, kan aku telat masuknya 3 bulanan tuh, dan pas bikin angka2 aku struggling sekaliii :( btw tetap semangat ya deeek, unyu pisan :D

    BalasHapus
  6. Biasa begitu. Namanya saja anak2.
    Pasti banyak rewell. Tapi kalo sudah dapat teman pasti gak merajuk lagi.

    BalasHapus
  7. belum menikah saya, tapi lucu juga punya anak.
    wah, hati-hati bunda dampingi terus di adek.

    paling berkesan ketika disuruh libur tetap memilih sekolah haha!

    BalasHapus
  8. ih, kalau aku TK kemarin bisa apa aja ya. kok yang aku ingat malah moment saat aku rebutan ayunan dengan teman-teman heheee

    BalasHapus
  9. Asyuk ya, kalau sekolah sekalian penitipan. Selain anak lebih terjaga, orangtua jadi nyaman kerja. Semoga dede betah ya ...

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah sudah banyak perkembangan yang baik untuk Dek Fitry. Semoga ke depannya makin banyak perkembangan yang lebih baik lagi ya Mbak. Menurut Widya, keren banget baru masuk TK selama 2 bulan, udah banyak progress yang baik dari Dek Fitry :D

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah anak sulung saya masuk SD tahun ini. Tentunya ada kemajuan daripada di TK dulu. Sekarang lebih cepat menangkap pelajaran sepertinya :)

    BalasHapus
  12. Senengnya alhamdulillah ya mba baru dua bulan aja masuk TK udah banyak banget perkembangannya.. aku waktu umur 4 tahun sering ikut kakak masuk kelas TK dan pas giliran aku 5 tahun di suruh masuk TK malah gak mau dan akhirnya langsung masuk SD hihi

    BalasHapus
  13. Ponakanku masuk.bumba aiueo, dia semangat banget,meskipun sehari xm belajar sejam doang. Ponakanku jg sdh bisa mengenal huruf dan mulai merangkai kata.

    BalasHapus
  14. Saya inget-inget lupa, karena sudah sekitar 5 tahun yang lalu, anak bersekolah di TK. Sepertinya sama kayak Fitry, perkembangannya cukup baik. Begitulah, kalau anak senang, maka kemajuannya juga bisa pesat.

    BalasHapus
  15. Sekolah pun mjd hobi baru anak kecil Kaka ya. Keren. Dengan kesabaran & fokus berdedikasi kpd anak memberikan manfaat yg besar thd tumbuh kembang anak kpd hal2 positif. Alhamdulillah

    BalasHapus
  16. Sama, anakku yang paling kecil baru masuk pra-dt sih.. Tapi bikin kewalahan para gurunya. Terlalu hyperaktif.. Sampai2 kadang gurunya ngasih noted dibuku laporan.. Hahahahha. Gurunya masih muda dan belum berkeluarga sih ya. Jadi sepertinya belum memahami karakter anak2. Selebihnya sih saya yang ambil alih soal pengajaran

    BalasHapus
  17. keliargaku termasuk penganut usia 5 tahun masuk sd mbak..

    hiks hiks, yg tk itu dikit banget, cuma aku, adikku no 2 dan sepupuku..

    selebihnya ga pake tk lagi xixixi..

    langsung jd anak bawang sd, katanya sih krg bagus ya yg begini. tp kebetulan adik adikku dan sepupuku yg masuk sd 5 tahun dapat mengikuti pelajaran dan aman terkendali sampai usia kuliah.

    tp anakku nanti ga mau begitu ah. terlalu muda kalau dari usia 5 tahun sudah sd.

    BalasHapus
  18. MashaAllah...
    Barakallahu Fitry...semoga semangat sekolahnya menjadi bekal awal untuk mendapat lebih banyak ilmu, teman dan pengalaman.

    Senang sekali kalau meliha perkembangan anak.
    Karena mereka ini tumbuh dengan cepat...hingga waktu tak terasa.

    BalasHapus
  19. Anakku pas sekolah tahun lalu (tahun ini off haha) juga makin nambah kosakatanya.
    Emang anak2 butuh bergaul dengan anak2 sepantarannya, trus jg butuh wawasan lain, lingkungan lain selain rumah ya utk membuatnya berkembang lbh baik TFS

    BalasHapus
  20. Guru guru di TKnya bagus banget ya memperhatikan siap anak didiknya.

    Alhamdullilah anaknya mba sudah bisa mendapatkan banyak ilmu ya di TKnya sekarang

    BalasHapus
  21. wahh senangnya.. semoga ananda makin semangat bersekolah, agar bisa meraih apa yang dicita-citakannya kelak

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung