Aneka Masakan Sederhana dan Sehat untuk Anak dengan Berbahan sayur

Sebagai orang tua yang mempunyai anak tentu harus memikirkan beberapa hal yang menjadi faktor pendukung yang baik untuk pertumbuhan buah hati salah satunya dari makanan. Diluaran sana aneka masakan yang sederhana dan juga sehat untuk buah hati bisa dipraktekkan. Jika melihat anak harus makan dengan jajanan yang ada di pinggir jalan yang belum tentu kebersihan dan juga kesehatannya tentu akan membuat merasa khawatir. Maka dari itu lebih baik sebagai orang tua harus mampu memberikan olahan yang sehat sebagai penunjang tumbuh kembang anak.


Jika bunda dirumah mampu menyediakan olahan makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang baik tentunya juga akan menambah kelengkapan kebutuhan gizi dalam tubuh anak. Selain itu juga lebih aman dalam segi kebersihan dan juga kesehatan jadi tidak perlu khawatir lagi saat anak mengkonsumsi makanan. Makanya membiasakan untuk selalu memberikan makanan secara teratur dengan hasil olahan pribadi itu akan lebih baik dari pada melihat anak melakukan sembarang jajan yang ada di pinggiran jalan. Berikut ini beberapa macam olahan sayur yang dapat dijadikan alternatif untuk menu si kecil setiap harinya, antara lain:

  1. Brokoli.
Pertama yang sangat disarankan baik untuk anak yaitu mengkonsumsi brokoli, hanya dengan memotong kecil-kecil kemudian dikukus bisa dijadikan cemilan sehat untuk si kecil. Sayur satu ini dipercaya sangat baik untuk tubuh kandungan asam folat, serat dapat menjadikan tubuh tercukupi nutrisinya dengan baik. Selain itu juga dengan tekstur brokoli yang sedikit keras membuat anak mempunyai cara untuk berlatih mengunyah makanan dan mengenal serta menyukai sayuran.

  1. Alpukat.
Selanjutnya yaitu menggunakan buah alpukat yang sangat mudah ditemukan dipasaran. Omega 3 yang dimiliki buah ini ternyata bermanfaat banyak bagi kesehatan dan juga tumbuh kembang anak. Banyak aneka masakan atau olahan sederhana menggunakan bahan dasar buah tersebut. Salah satunya yaitu dengan mencampurkan bahan lain seperti apel, krim keju atau lainnya sehingga dapat menjadi sebuah makanan yang sangat disukai oleh anak. Yang paling penting adalah sangat bermanfaat untuk pertumbuhan buah hati.

  1. Jeruk mandarin.
Sebenarnya ini bukan masakan tetapi hanya cemilan buah sehat bagi si kecil, selain dua bahan pokok sebelumnya ternyata jeruk juga bermanfaat untuk kesehatan anak dimasa pertumbuhannya. Seperti yang diketahui banyak kandungan vitamin C yang ada dalam buah tersebut berfungsi menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara penyajiannya cukup mudah yaitu iris kecil satu jeruk menjadi beberapa bagian. Selanjutnya anak akan paham sendiri bagaimana cara mengkonsumsinya.

  1. Blueberry.
Selain tumbuh kembang dari tubuh anak terlihat baik tentu sebagai orang tua juga ingin melihat anaknya berkembang dengan kecerdasan yang tinggi. Maka untuk membentuk otak mampu menampung banyak kecerdasan bisa didorong dengan mengkonsumsi buah blueberry. Tidak harus setiap hari, bisa gunakan di beberapa waktu untuk mengganti varian menu makanan untuk buah hati. Terkadang anak juga sering bosan jika melihat menu makanan yang itu-itu saja tanpa ada jenis lainnya.

Itulah beberapa jenis buah dan sayuran yang paling bagus untuk dikonsumsi oleh anak, selain itu tentunya masih banyak lagi, secara garis besar sebenarnya buah dan juga sayuran mempunyai manfaat banyak bagi pertumbuhan. Dan yang pasti lebih menyehatkan dari pada makanan instan yang sering ditawarkan melalui situs jual beli online ataupun offline. Aneka masakan juga dapat dibuat dengan menambah referensi menu setiap harinya dari berbagai sumber.

Btw kak Ices suka makanan apa ? 

Komentar

  1. aku suka semua makanan kak :p

    BalasHapus
  2. Sayur-sayuran sih memang okay buat anak-anak bahkan orang dewasa. Kecuali 'cabe-cabean' :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung