Ironman70.3 Bintan : Menyaksikan Manusia Super Kuat dari Berbagai Dunia


Tabuhan gendang membahana ketika salah seorang peserta Ironman 70.3 Bintan 2017, Minggu, 20 Agustus 2017 mulai memasuki jalur finish. Pria bule yang di nomor peserta tertulis nama Cart Mangan itu kemudian bersujud di karpet depan garis finish. Badannya bergetar dan seperti ada isak haru. 

Ada beberapa saat ia bersujud kemudian bangkit dan dipeluk oleh MC yang menanyakan mengapa ia bersikap seperti itu. Cart menunjuk jam di tangannya. Sepertinya ia berhasil melampui rekornya tahun lalu. 


Cart memang bukan salah satu juara dari ajang bergengsi triathlon ini. Namun kebahagiannya bisa finish dengan waktu 4 jam 36 menit 51 detik adalah wajar, karena Ironman ini adalah ajang olahraga yang sangat luar biasa. Tidak hanya memerlukan kekuatan dan ketahanan fisik, tapi juga psikis dan mental baja.

Mengapa ? karena peserta harus bisa berenang di laut sejauh 1,9 km, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90 km dan diakhiri dengan lari sejauh 21 km.

Ironman 70.3 Bintan yang kembali digelar MetaSport di Lagoi Bay, Bintan adalah satu satunya di Indonesia. Saya bersama sejumlah teman teman Blogger Kepri dan GenPi Kepri beruntung banget bisa menyaksikan langsung. 

Dalam jadwal kegiatan ini sudah dimulai sejak pukul 6 pagi. Kami harusnya dari Tanjungpinang yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan ke kawasan wisata internasional Lagoi, turun jam 5 subuh.

Namun karena sesuatu hal, baru sampe pukul 7 kurang. Itupun pakai acara salah masuk jalan alternatif karena pintu masuk utama sudah ditutup. Saat itu sekitar 1200 atlit sudah mulai memasuki finish di lomba renang di laut. Jadi kami tidak sempat melihat startnya.

Pantai Lagoi Bay dipenuhi supporter peserta, mereka memberikan semangat kepada keluarga, teman dan sahabat yang berlomba. 

Para atlit yang sudah finish melanjutkan mengambil sepeda masing-masing dan mengayuh mengeliling rute yang sudah ditentukan. 

Sekitar satu jam menunggu dan memperkirakan atlit yang bersepeda sudah hampir finish, kami menuju rute yang dilewati. Satu persatu atlit yang finish sudah muncul. Kami menyemangati mereka dengan yel yel heboh. 

Oh ya rute sepeda dan renang pada Ironman 70.3 Bintan ini ternyata terpilih sebagai "The Best Long Course" di Asia pada 2016 oleh Asia Tri.

Selanjutnya kami menuju rute yang dilewati atlit yang melanjutkan lari. Kami singgah di posko tempat atlit akan disiram dengan air dingin, mendapatkan air putih atau cola. 

Cuaca panas menyengat. Saya aja sampai sakit kepala. Tapi para atlit itu tampak masih kuat. Bahkan atlit wanita pun masih kuat berlari mengelilingi Danau Lagoi Bay yang indah.

Selanjutnya kami menunggu di garis finish. Telat ternyata yang juara 1,2 dan 3 pria sudah finish. Tapi kami beruntung melihat atlit wanita yang berhasil finish di urutan 1,2 dan 3.

Cuaca yang semula panas menyengat, akhirnya hujan lebat. Tapi ternyata masih banyak atlit yang belum finish meski sudah siang. 

Usai selebrasi kemenangan dan penutupan oleh panitia, kami memutuskan pulang. Saat hendak menuju pintu keluar lokasi kami melihat seorang atlit masih menggunakan sepeda di tengah guyuran hujan lebat.

Ia tampak kebingungan. Mungkin ia tidak tahu arah untuk menuju lokasi finish sementara para petugas yang berjaga juga tidak tampak dan kemungkinan mencari tempat berteduh. Petunjuk arah yang semula ada juga tidak tampak mungkin hancur kena hujan. Selain itu hujan lebat membuat jarak pandang hanya beberapa meter. 

Kami menghentikan mobil dan memberikan tanda kepadanya untuk menuju arah lokasi finish. Diantara rasa kasihan ada rasa salut karena masih terus berjuang hingga finish.

Sebagai informasi, para atlet yang menang akan mendapatkan total hadiah sebesar 15.000 dollar AS, atau sekitar Rp 200 juta.

Yuk saksikan video hasil liputan saya di bawah ini


Komentar

  1. Pasti terharu banget ya pas berhasil menyelesaikan Ironman 70.3 Bintan ini. Kasihan juga sampai bingung nyari pintu finishnya gitu.
    Tantangannya yahud banget. Aku cuma lari aja udah males. hehehe (jangan ditiru)

    BalasHapus
  2. ya ampun mbak, itu mereka kuat banget ya. lari, sepeda, renang, aku cung jempol. Sepertinya mereka bisa seperti itu sudah melalui proses panjang, kalau aku mah dijamin belum bisa heeeee

    BalasHapus
  3. MashaAllah...
    gak kebayang harus olah raga begini...

    Apakah ini ada jam istirahatnya hanya untuk duduk melepas lelah?
    Sebenarnya aku lihat beberapa siaran di tivi, dan ngliatnya aja uda kerasa capek. Kalo liat live, pasti lebih seru yaa...

    BalasHapus
  4. subhanallah
    keren banget

    perjuangannyaaaaaaaa
    saya mana kuat lari terus nyemplung terus lari lagi
    eh masih kena hujan

    panas adem panas adem panas
    duh mashaa Allah kuatnyaaa

    btw, Kepri makin keren ya

    BalasHapus
  5. Kebayang banget serunya lomba ini. Pengin banget sesekali lihat dan menyaksikan langsung kehebatan mereka euy

    BalasHapus
  6. Pesertanya bule semua kah mbak? Keren ya di Indonesia ada race seperti in, dg jalur terpanjang pula. Semoga acara ini bisa sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Bintan.

    BalasHapus
  7. Ckckck... Bener-bener ironman ya.. Terutama buat yang cewek. Wajar aja dia sujur syukur karena perjuangan luar biasa

    BalasHapus
  8. Bjutuh fisik yg prima buat ikutan pertandinga semacam itu ya mbk, wow...
    Tapi, hadiahnya sepadan dengan usahanya hehe

    BalasHapus
  9. Kebayang capeknya jadi peserta yang harus bisa berenang di laut sejauh 1,9 km, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 90 km terus diakhiri dengan lari sejauh 21 km. Tapi hadiahnya memang menggiurkan sih... hihihi ...

    BalasHapus
  10. seru banget lomba ironman ini ya uni, dan duh atletnya pasti keren banget. Bintan apa lagi, kece banget karena menjadi satu2nya tempat di indo yang ngadain ajang kompetisi ini.

    BalasHapus
  11. kagum sama yang bisa tahan banting kaya gini :')

    BalasHapus
  12. mereka adalah orang orang hebat yang sudah berlatih sangat lama tuh dan ada tekat untuk juara. Walaupun, tidak menjadi juara 1 mereka tetap di kenang sebagai manusia yang kuat kuat banget ya mba salut belum tentu kita semua bisa seperti kaya mereka

    BalasHapus
  13. Mereka para pejuang tangguh, ya. Hebat banget tuh tantangannya. Gak kebayang capeknya.

    BalasHapus
  14. Bagi sebagian atlet, terkadang masalah menang dan kalah bukanlah yg jadi utama, bagi mereka kemenangan adalah bonus, yg terpenting adalah usaha yg sudah mereka kerahkan dalam perlombaan tsb..

    Ya seperti atlet yg tersesat tadi, tak peduli hujan badai , tak peduli menang kalah, asal masih bisa berjuang, maka dia akan berjuang sampai akhir, sampai garis finish

    BalasHapus
  15. Wow.. Wow... Kuatt bener mereka. Aku nggak ngebayangin renang dilaut sejauh itu. Luar biasaaaah...

    BalasHapus
  16. Ini pertandingan yang keren bangettt.. pada tangguh2 gitu lohh.. Ohya, ini ajang internasional ya? Pesertanya dari negara mana aja? Trus pemenangnya dari negara mana? Indonesia ikutan enggak? Penasaran..

    BalasHapus
  17. Wah seru banget ya...ramai kayak gitu ..

    Kekuatan fisik..dan lainnya harus mendukung

    BalasHapus
  18. Saya belum pernah nonton Iron Man ini uni. Mungkin tahun besok kalo ada lagi mau juga ke sana tengok Pak Le yang berseliweran. Hehehe

    BalasHapus
  19. aku jadi keinget atlet tanjungpinang yang bunuh diri itu lho kak, kiar2 atlet lokal ada yang masuk 10 besar?

    BalasHapus
  20. Ironman, dari temanya sudah terbayang keseruannya.
    Keren ya Bintan, sudah layak adakan even internasional dan mendapat pengakuan dunia.

    BalasHapus
  21. Jadi ketagihan nonton mereka. Semoga tahun depan ikut lagi (nonton) :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung