7 Wisata Alam Tersembunyi Di Makassar


Kota Makassar atau yang dikenal juga dengan julukan Kota Angin Mammiri ini, selain memiliki banyak objek wisata di dalam kota, ternyata memiliki berbagai potensi wisata alam tersembunyi yang masih jarang banyak orang tahu. Jika anda berniat untuk menjelajah lebih jauh Kota Makassar, berikut rekomendasi tempat-tempat wisata alam yang bisa anda kunjungi untukmenikmati keindahan Kota Angin Mammiri. 

Danau Tanralili
Berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar, tepatnya di Dusun Lengkese yang berada di bawah kaki Gunung Bawakaraeng, Anda akan menjumpai danau cantik yang memiliki sejuta keindahan. Danau yang dikelilingi oleh Lembah Loeini, terbentuk secara alami dan memiliki panorama yang luar biasa indah. Kata Tanralili sendiri bermakna “tidak dapat ditundukkan” hal itu pun bermakna juga menggambarkan perjuangan yang harus Anda lalui sebelum bisa menikmati pesona keindahan danau ini. 

Lokasi: Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Tiket Masuk: Rp2.000,-/orang

Gunung Bawakaraeng, Malino
Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ‘Bawakaraeng’ memiliki makna “Mulut Tuhan”, Mungkin anda akan bertanya, mengapa dinamai demikian ? Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan, para penganut sinkretisme memiliki keyakinan bahwa gunung Bawakaraeng merupakan tempat pertemuan para wali. Karena keindahannya, obyek wisata alam yang satu ini sering dipadati oleh para pengunjung, baik wisatawan maupun para komunitas pecinta alam.

Lokasi: Dusun Lengkese, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Tiket Masuk: Rp2.000,-/orang

Pulau Samalona
Meskipun pulau ini memiliki ukuran mini, di sekelilingnya dihiasi oleh pantai berpasir putih dengan pemandangannya yang amat indah. Di sini, Anda akan menemukan banyak terumbu karang cantik, terutama di bagian utara pulau, sangat ideal sebagai tempat untuk ber-snorkeling ria.

Cara ke Sana: Anda dapat menyewa perahu dari penduduk sekitar Pantai Losari, Makassar dengan tarif antara Rp 300.000 – Rp 500.000 PP/perahu (kapasitas 10 orang). Waktu tempuhnya sekitar setengah jam perjalanan.

Pulau LaeLae
Pada masa perang dunia, pulau yang berjarak 1,5km dari Pantai Losari ini digunakan sebagai salah satu benteng pertahanan. Maka tidaklah mengherankan jika anda datang ke pulau ini, Anda akan menemukan berbagai situs sejarah, seperti batu pemecah ombak berbentuk segi tiga, juga sebuah terowongan yang konon terhubung langsung dengan benteng Fort Rotterdam di Kota Makassar. Selain belajar mengenai situs sejarah, anda juga bisa menyelam, snorkeling, hingga menikmati sunset.

Cara ke Sana: Pulau ini dapat ditempuh selama kurang lebih 10 menit menggunakan perahu motor nelayan dari dermaga kayu Bangkoa atau dermaga depan Fort Rotterdam, Makassar. Biayanya sekitar Rp 15.000,- per orang.

Rammang-Rammang - Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Mengunjungi Rammang-Rammang anda seolah-olah sedang berada di negeri antah berantah. Selain terdapat goa Mimpi dan goa Batu, yang jadi daya tarik utama dari area ini adalah hutan batu kapur (karst) yang sangat unik. Deretan bukit-bukit batu kapur yang berdiri di lahan seluas 45 hektar ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan. 

The Kingdom of Butterflies - Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Peneliti berkebangsaan Inggris, Alfred Russel Wallace, menjuluki area Bantimurung sebagai kerajaan kupu-kupu. Hal itu dikarenakan, ketika pertama kali berkunjung kesini, ia telah berhasil menemukan 285 spesies kupu-kupu (bahkan beberapa di antaranya termasuk spesie slangka). Selain kupu-kupu, wisataalam yang paling memikat pengunjung untuk datang ketempat ini adalah air terjun Bantimurung yang tampak sangat megah dengan gemuruh airnya yang menggema di tengahalam.

Gunung Bulusaraung - Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Meskipun Anda bukan anak gunung yang hobi trekking, namun tidak ada ruginya jika anda mencoba untuk mendaki gunung Bulusaraung yang berada di kawasan taman nasional ini.Setibanya di puncak ketinggian, mata Anda akan disuguhkan oleh panorama pegunungan batu kapur dan lembah-lembah dengans truktur yang unik. Karena pegunungan ini berupa hutan alami, maka jangan heran jika anda akan berpapasan dengan satu dua ekor kera. 

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Lokasi: KabupatenMaros – Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. 
Telepon: 0411-388 0252
Tiket Masuk: Rp25.000,-/orang | Rammang-Rammang Rp 5.000,-/orang, sewa perahu Rp 200.000,-/perahu atau sekitar Rp 50.000,-/orang

Cara ke Sana: Berjarak sekitar 20 Km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, taman nasional ini dapat dicapai menggunakan pete-pete dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kalau dari pusat kota Makassar, Anda bisa naik pete-pete tujuan Maros dari Makassar Mall selama satu jam.

Meskipun lokasi-lokasi wisata diatas berjarak cukup jauh dari kota Makassar, tetapi semua kelelahan anda akan terbayar saat melihat keindahan alam Makassar yang masih terjaga kelestariannya. 

Setelah puas berwisata ke tempat-tempat diatas, anda bisa menginap di hotel murah di Makassar. Anda bisa cari hotel di Reservasi.com yang banyak menyediakan berbagai pilihan kamar hotel terbaik di kota Makassar. Selamat berlibur!  

Komentar

  1. Subhanallah
    Tiket masuk ke danau tranlili dan gunung bawakaraeng murah baaaanget
    Itu gimana cara menjaga wisatanya kalo tiketnya semurah itu
    Sedih aing


    Btw, aku pengen liat batu pemecah ombak yang segitiga itu
    Penasaran 😆😆

    BalasHapus
  2. Nama-nama tempat disana unik-unik ya, sekaligus bikin aku susyaaah ngingetnya. Etapi pengen ke Bantimurung liat aneka jenis kupu-kupu.

    BalasHapus
  3. Tenpat wisatanya bagus semua, pastinya wajib didatangi saat wisata ke Makassar. Tempat wisata yang indah dan harganya masih terjangkau.

    BalasHapus
  4. Penasaran kenapa dinamakan mulut tuhan bawakaraeng apa ada legenda atau mitos dibelakangnya apalagi murah banget tiket masuknya

    BalasHapus
  5. Duh, semakin ingin ke sana, tapi belum ada rejeki waktu dan uang

    BalasHapus
  6. Menarik ya tujuan wisata alam Makassar. Bikin pengen ke sana, a la pencinta alam. :)

    BalasHapus
  7. mau ke pulau LaeLae, kan asik bisa wisata sambil belajar sejarah, tempat wisatanya bagus lagi

    BalasHapus
  8. Baca Bantimurung jadi inget ada sejarahnya kan ya.. tapi apa gitu lupa. Kalau ga salah yang karaeng galesong itu. Eh, bener engga sih?

    BalasHapus
  9. wuanjayy tempat wisata asik dan keren ini harga tiket masuknya murah murah banget ya. Buat yang ke makassar bisa nih dijadikan rekomended tempat wisatanya bagus bagus banget

    BalasHapus
  10. pernah baca tentang taman Bantimurung yang banyak kupu-kupunya...cantiiik... tapi geli waktu bayangin ulatnya...

    BalasHapus
  11. Aku penasaran sama bantimurung :(

    Daaaann banyak yaa yg bisa dieksplor di makasar. Huaaaa mau ke sanaaa

    BalasHapus
  12. bagus banget makasar dan aku belum pernah. Pengen banget aku kesini, dulu sempet nabung ke makasar tapi apa daya ada acara lebi hpenting akhir nya batal. Semoga ada kesempatan kesana

    BalasHapus
  13. Aku belum petnah ke sini semua. hahahaha....

    Insya Allah satu hari nanti bis didatangi

    BalasHapus
  14. Masuknya murah... Tapi jauh banget ya, apalagi buat yg diluar pulau ..berat di ongkos..

    Tapi bagi yg suka traveling..wajib dikunjungi ini loh..apalagi kalau backpakeran seru pasti..

    BalasHapus
  15. Hihi aku belum ke sana semua, Bantimurung pasti indah ya mbak....

    Apalagi kalau tiket masuknya murah meriah hahahaha

    BalasHapus
  16. Tempat wisata di Makassar keren-kerenn... Semoga ada rejeki bisa jalan2 ke Makassar bareng keluarga. :)

    BalasHapus
  17. Rasanya bener bener ingin snorkeling di pulau Samalona. Ternyata banyak hal menarik di Makassar yang bisa dikunjungi ya Mbak :D

    BalasHapus
  18. Rasanya bener bener ingin snorkeling di pulau Samalona. Ternyata banyak hal menarik di Makassar yang bisa dikunjungi ya Mbak :D

    BalasHapus
  19. Tiket masuknya ada yg 2000. Di Jakarta 2000 belum cilok aja kayaknya udah gak bisa. Tempatnya bagus" dan menarik ya. Semoga bisa segera berkunjung ke Makassar

    BalasHapus
  20. Assik yaa..
    Karena di tiap tempat, pasti punya keunikan tersendiri.

    Pingiin banget ke Makasar.
    Heeheh...tapi ke Trans Studionya dulu...

    BalasHapus
  21. Banyak juga tempat wisata yang menarik di Makassar ya... lautnya indah-indah.Semoga ada kesempatan dan rezeki untuk pergi ke sana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung