Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Internet Nggak Diluncurkan 25 Tahun Silam

Ilustrasi Internet. (Foto: Rawpixel/Pixabay)

Kumparan- Tahukah kamu bahwa dua puluh lima tahun yang lalu situs internet pertama kali diluncurkan ke publik? Diprakarsai Tim Berners-Lee, situs ini menjadi bagian dari proyek World Wide Web. Pada 23 Agustus 1991, secara perdana situs yang kemudian akrab disebut web ini dikunjungi pengunjungnya. Mulailah ini situs dipakai sebagai alat informasi yang digunakan orang-orang.

Bayangkan seandainya internet dan segala pelengkap yang menyertainya enggak pernah ditemukan! Kayaknya hidupmu enggak kaya sekarang, alias bakal makin ribet. Berikut 5 prediksi yang bakal kamu alami kalo internet tidak muncul waktu itu. Simak sama-sama, yuk!

1. Hidupmu jadi galau karena nggak ada internet buat kepoin mantan, hahaha!
Kalo nggak ada internet berarti kamu nggak bisa ketemu jodoh lewat media sosial, lho! Jadi kemungkinan kamu akan mengalami perjodohan atau ketemu calon pasanganmu saat bertabrakan secara nggak sengaja seperti di sinetron-sinetron. Pendekatan dan komunikasi kalau udah jadi pacar cuma bisa lewat surat, telepon, SMS, atau surat. Kalau akhirnya putus pun, nggak ada namanya bisa stalking kehidupan mantan. Jadi kamu udah nggak bisa kepoin dia lagi deh, hehe.

2. Kamu nggak bisa booking online seperti sekarang, dari pesan ojek, hotel, sampai tiket pesawat
Internet sangat membantu kita dalam keadaan mendesak atau justru persiapan jauh-jauh hari. Mendatangi acara penting tapi tiba-tiba sopir angkot lagi mogok beroperasi? Datanglah abang ojek online bak pahlawan! Nah, bayangin deh kalo nggak ada internet, kamu nggak bisa datang ke acara penting tadi. Kamu juga nggak bisa pesan hotel dan tiket pesawat online buat liburan!

3. Karena nggak bisa belanja online, kamu kudu jalan ke lokasi penjualan deh…
Adanya internet memudahkanmu melihat berbagai barang dagangan dengan membuka media sosial atau situs e-commerce. Apapun bisa kamu telusuri lewat internet, mulai dari perkakas dapur, pakaian, alat olahraga, alat make-up, bahkan sampai info kontrakan. 

Bayangkan deh, betapa repotnya hidupmu tanpa adanya teknologi satu ini! Kamu harus ke toko langsung saat ingin belanja. Enggak ada pelayan ekstra sabar kayak di online shop yang akan melayani permintaanmu. Kamu juga kudu lebih aktif membaca info kontrakan satu per satu di koran. Buat melihat kondisi rumah pun kamu harus mendatanginya langsung. Duh, ribetnya!

4. Jadi kamu nggak bisa memanfaatkan peluang usaha berjualan online, mau nawarin dagangan, ya kudu ke rumahnya...
Secara cuma-cuma internet membuat barang daganganmu melanglangbuana ke penjuru nusantara. Meski tinggal di Bandung, mochi buatanmu bisa dibeli oleh orang di Ambon. Kalo nggak ada internet, peluang ini tertutup sudah!

Tanpa internet kamu harus memasarkan dagangan secara langsung. Mulai dari buka warung, dititipkan ke toko orang lain, hingga berjualan ala sales door to door. Kurang efektif dan efisien, ‘kan? Yang ada bikin capek!

5. Akhirnya kamu makin boros deh karena nggak bisa kirim chat via Whatsapp, BBM, dan sebagainya!
Pasti kamu udah jarang menggunakan SMS untuk media komunikasi, kan? Tentu kamu sudah beralih ke WhatsApp, Line, BBM, dan lain sebagainya! Di sini kamu bisa kirim teks, suara, foto, hingga video, baik perseorangan ataupun kelompok. Dan lagi, ongkosnya pun lebih murah dari sms!

Biaya untuk berkirim pesan (maksimal sebanyak 140 karakter) dibanderol Rp 100-Rp 300. Nggak kebayang deh kalo 25 tahun lalu internet urung diciptakan? Komunikasi nggak bisa leluasa. Uang pun cepet habis buat beli pulsa.

Di era millenial ini, internet memang sudah melebur dengan segala aktivitas harian kita. Internet akan membawa banyak manfaat asal penggunaannya bijak. Pulsa providermu enggak akan cepat habis karena keseringan dipakai ber-sms-an ria. Penghasilan tambahan juga akan masuk ke kantongmu melalui jualan online. Jadi, manfaatkan internet sebaik mungkin ya! Jangan lupa untuk tetap waspada saat berselancar di dunia maya.



2 komentar untuk "5 Hal yang Akan Terjadi Jika Internet Nggak Diluncurkan 25 Tahun Silam"

  1. hahhahaha gak kepikiran yah kalo dulu udah ada internet

    BalasHapus
  2. Dan yang jelas, nggak ada blogger dan buzzer :D :D

    BalasHapus