Bulan Puasa : Masak atau Beli Makanan Jadi ?


Bulan puasa sudah berlalu hampir dua minggu dan selama itu juga saya baru satu kali masak lauk, dendeng balado . Sisanya selalu beli makanan jadi di bazaar makanan.Ini bukan soal gaya hidup atau malas, namun saya menilai membeli makanan jadi lebih praktis dan lebih hemat. 

Kok bisa ? Iya. Itu tergantung dengan kondisi masing-masing keluarga. Kebetulan saya adalah keluarga kecil dengan satu anak umur lima tahun. Jika masak lauk pauk dan kue serta membuat minuman, biaya yang dihabiskan kurang lebih sama dengan membeli makanan jadi. 

Misalnya, saya memasak ikan bakar 4 ekor dengan harga sekitar 30 ribu. Sayur dan sambal dengan biaya 10 ribu. Memasak kue misal kolak dengan biaya 20 ribu dan minuman sirup misalkan 10 ribu. Dengan total biaya 70 ribu saya harus repot masak, menghabiskan waktu dan menguras tenaga.

Sedangkan jika saya membeli lauk dan kue dengan dana sebesar Rp 70 ribu, saya bisa dapat 2 potong ikan bakar, 1 potong ayam, sayur dan sambal. Kemudian kue 10 ribu dan minuman 10 ribu. Praktis, tidak menguras tenaga dan hemat waktu.

Apalagi sebagai wanita bekerja kepraktisan adalah hal yang selalu dipilih. Selain itu makanan dan kue yang menjadi pilihan saya selama ini sudah ada langganan. Kwalitas rasannya sudah teruji bertahun-tahun. Ketahuan deh jika tiap bulan puasa  beli makanan jadi. 

Dengan membeli makanan jadi saya juga tahu anggaran pasti kebutuhan makanan selama bulan puasa. Selama sebulan biaya makan saya bisa dikatakan 2 juta rupiah. Jadi saya lebih gampang mengatur keuangan untuk kebutuhan lainnya, seperti kebutuhan baju lebaran, kue, THR dll.

Oh ya, kebetulan bazaar makanan di dekat rumah saya ini berada di komplek pertokoan. Jadi kadang sebelum membeli makanan saya cuci mata dulu melihat-lihat pakaian dan kebutuhan untuk lebaran. Bagi kamu yang berada di kawasan Bintan Centre, Tanjungpinang, yuk sesekali mampir dan pilihlah beragam hijab disini yang akan dipakai untuk lebaran nanti.

Bagaimana dengan keluarga anda ? masak atau membeli makanan jadi saat puasa ? Kak Ria suka masak atau beli ?

Komentar

  1. Kebanyakan masak. soalnya sahur suka kesiangan, daripada ga makan yang bener jadi mending masak agak banyakan pas malemnya biar pas sahur tinggal diangetin hehe

    BalasHapus
  2. Pilih masak sih, Uni.
    Soalnya lebih bisa sesuai selera.
    Kecuali pas sengaja buka dimluar rumah, ya jatuhnya beli kan..

    BalasHapus
  3. kalau anak kos kaya saya beli jadi saja kak , kadang kalau masak nggak bisa dalam porsi kecil , sayang kak .

    tapi kalau di rumah sih saya suka masak

    BalasHapus
  4. Kalo saya, beli makanan lebih murah karena sendiri aja.

    BalasHapus
  5. Beli memang praktis ya bunda... Tapi utk anak2 jgn terlali sering karena biasanya banyak pakai MSG. Utk minumannya juga takutnya pakai pemanis buatan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung