Yuk Kenalan Dengan Teknologi Inverter Pada AC Hemat Energi



 
Saat ini hampir semua AC hemat energi keluaran terbaru telah menggunakan teknologi inverter. Teknologi inverter ini adalah teknologi hemat energi yang menghilangkan limbah operasi pada AC dengan mengendalikan kecepatan motor secara efisien. Dengan teknologi inilah AC yang hemat energi akan jauh lebih baik dalam memproduksi udara dingin dibanding AC yang standar, selain itu energi yang dikeluarkanpun jauh lebih hemat dan tidak boros watt listrik.

 Pada dasarnya AC akan mempertahankan pengaturan suhu dengan mode pendinginan ketika suhu naik di atas suhu yang telah ditetapkan. Kemudian mode pemanasan akan aktif jika suhu ruangan turun di bawah suhu yang sudah ditetapkan. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diketahui tentang kaitan antara teknologi inverter dan AC hemat energi:
  1. Perbandingan antara AC Tipe Inverter dan Non Inverter
Perbedaan mencolok keduanya terletak pada pergerakan keduanya. Untuk AC Tipe Non Inverter, dapat diandaikan seperti seseorang yang memulai dan menghentikan perjalanannya dengan paksa. Kemudian beristirahat dan memulai serta menghentikannya sekali lagi sehingga berakibat pada penggunaan energi yang terlalu banyak.
Sedangkan untuk AC Tipe inverter perandaiannya lebih kepada seseorang yang berjalan atau berlari, di mana saat orang tersebut telah mencapai kecepatan yang tepat maka tingkat kecepatan itu akan dipertahankan. Hasilnya mereka tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa harus membuang-buang energi yang dimiliki.
  1. Konsumsi Energi Pada AC Tipe Inverter dan Non Inverter
Faktanya kecepatan motor dalam AC tipe non inverter tetap konstan dan suhu disesuaikan dengan memutar motor On atau OFF. Hal inilah yang menyebabkan AC tipe non inverter lebih boroos dalam konsumsi energi. Sedangkan dalam AC tipe inverter, duhu akan disesuaikan dengan mengubah kecepatan motor tanpa harus memutar motor ON dan OFF. Jadi AC tipe inverter akan mengalami hilang daya lebih sedikit namun dapat menyimpan energi sekitar 30% lebih banyak.
  1. Cara Kerja Inverter Pada AC Hemat Energi
Pada AC hemat energi, inverter digunakan untuk mengatur kecepatan di mana arah arus listrik dibalik. Di sinilah peran inverter untuk mengatur kecepatan putaran motor. Jadi inverter akan memutar motor dengan membalik arah arus listrik dari electromagnet. Selain itu regulasi kecepatan rotasi motor juga dilakukan dengan mengendalikan kecepatan peralihan secara cermat.

Komentar