Tips Memilih Kampus Swasta Pascasarjana Terbaik Di Jakarta


Pendidikan merupakan salah satu hal yang wajib dikerjar setinggi - tingginya. Dalam memilih intitusi pendidikan pun sebenarnya tidak boleh sembarangan, karena kualitas pendidikan dipengaruhi oleh seberapa baik universitas tersebut ditinjau dari akreditasi, fasilitas, dan lulusan.

Sebagian orang beranggapan, semua kriteria tersebut ada pada institusi pendidikan negeri baik universitas, intitute, dan politeknik. Namun hal tersebut merupakan presepsi yang salah. Sebenarnya ada banyak kampus pascasarjana di Jakarta non negeri atau swasta yang justru setara baik dari segi kualitas pendidikan, proses belajar mengajar, akreditasi, dan lain - lain. Anda hanya dituntut lebih cerdas dalam memilihnya. Adapun tips memilih kampus swasta pascasarjana terbaik di Jakarta adalah sebagai berikut :

·         Nama PTS
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah nama PTS yang Anda pilih. Nama dari kampus pascasarjana di Jakarta dapat menjadi acuan yang dilihat pertamakali oleh perusahaan. Semakin terkenal PTS tersebut maka rating PTS baik peringkat maupun dimata perusahaan akan semakin baik. Jadi nama PTS juga wajib Anda perhatikan.
·         Akreditasi PTS
Setelah mendapatkan list nama PTS yang sesuai harapan, selanjutnya perhatikan akreditasi PTS tersebut. Akreditasi selain dapat menunjukkan seberapa baik fasilitas, sistem manajemen, dan sarana prasarana kampus. Akreditasi kampus juga berpengaruh di mata Perusahaan.
·         Akreditasi Jurusan
Tidak hanya akreditasi kampus saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kampus pascasarjana di Jakarta, Akreditasi jurusan juga wajib diperhatikan. Akreditasi jurusan berhubungan dengan kualitas pendidikan , kurikulum yang diberikan, hingga proses belajar mengajar. Apabila akreditasi kampus baik, namun akreditas jurusan kurang. Maka sangat tidak direkomendasikan memilih jurusan tersebut. Hal ini mengambarkan bahwa program studi tersebut dalam segi kurikulum dan penyampaian materinya kurang baik. Sehingga berpengaruh terhadap luaran yang dihasilkan.
·         Lulusan PTS
Setelah memperhatikan akreditasi baik kampus maupun program studi, Alangkah baiknya untuk mengecek juga bagaimana luaran dari kampus pascasarjana tersebut. Apakah setelah lulus mudah diterima kerja atau tidak. Apakah output dari kampus pascasarjana di Jakarta tersebut bermutu atau tidak. Jika iya, maka tidak salah Anda melanjutkan studi di kampus PTS tersebut.
·         Finansial
Terakhir, sesuaikan finansial Anda dengan kampus pascasarjana di Jakarta yang ingin Anda pilih. Beberapa PTS memang membandrol harga yang cukup mahal. Jika memang Anda mampu, maka boleh Anda pilih. Tetapi jika tidak, Alangkah baiknya memilih option kedua.


Komentar