Melakukan Riset Sebelum Kuliah di Sebuah Universitas di Jakarta Pusat


Memilih universitas di Jakarta Pusat bukanlah perkara mudah, sebab ada banyak pilihan yang bakal membuat pusing siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi menentukan pilihan sebetulnya sangat mudah, sebab Anda tinggal bertanya ke kerabat maupun tetangga tentang universitas mana yang pantas menjadi pilihan untuk dimasuki. 

Dengan kata lain, Anda bisa meminta nasihat seandainya ada tetangga Anda yang sudah berkuliah di kampus tertentu. Di titik ini  Anda bisa mencari tahu lebih banyak mengenai suasana perkuliahan, fasilitas, maupun kualitas tenaga pengajar yang ada di kampus yang disasar. 

Riset adalah hal yang paling penting untuk dilakukan ketika memilih universitas di Jakarta Pusat. Riset merupakan sebuah cara untuk mencari tahu universitas mana yang paling pas untuk dipilih. Tentu saja riset yang dilakukan guna mencari universitas terbaik mesti memenuhi syarat seperti di bawah ini:
1.       Mempertimbangkan lokasi
Lokasi adalah pertimbangan utama dalam memilih universitas yang ingin dimasuki. Kampus tersebut akan menjadi rumah kedua, tempat kuliah Anda setidaknya dalam waktu tiga tahun ke depan. Pilihlah kampus yang berlokasi di tempat yang Anda senangi, baik itu yang berada di kota kecil maupun kota besar. Lokasi kampus yang dekat dengan tempat tinggal menjadi pertimbangan menarik, guna menekan biaya transportasi.
2.       Sortir sekian banyak universitas
Jangan hanya melakukan riset pada satu atau dua kampus. Carilah berbagai universitas di dalam kota, baik swasta maupun negeri. Dengan demikian, Anda bisa menemukan berbagai pilihan dan bisa memilih satu dari sekian banyak pilihan yang tersedia. Cobalah mendaftar di lebih dari satu kampus, sebab Anda tidak akan kesulitan ketika salah satu kampus menolak Anda.
3.       Apa yang menarik dari sebuah universitas
Lakukan riset tentang hal-hal menarik yang Anda temukan dari daftar universitas di Jakarta Pusat. Hal-hal menarik tersebut bisa masuk dalam pertimbangan memilih kampus. Sebagai panduan awal, internet memberikan informasi mengenai universitas yang ada.

Btw... Mba Dee waktu mau kuliah dulu pake riset juga ga ?

Komentar

  1. Aku dulu riset juga donk, uni.. Riset kampus mana yang cowoknya cakep-cakep.. Huahahaha...
    Pastinya sih riset. Dulu salah satu yang jadi pertimbangan adalah lokasi strategis dan mudah dijangkau dengan angkot.

    BalasHapus
  2. riset kampusnya deket tempat nongkrong ngga

    BalasHapus
  3. Mau kuliah lagi? Saya sih gak banyak riset, tapi langsung daftar ke universitas favorit saya :)

    BalasHapus
  4. Kuliah memang kudu pakai riset. Kalau gak pakai riset gak kerasa kuliahnya.... hehehhee

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung