Panduan Berolahraga Teratur untuk Mengatasi Kolesterol


Seiring dengan bertambahnya usia, kita tentu harus lebih waspada terhadap serangan berbagai jenis penyakit. Jangan sampai ada penyakit yang mengganggu kebugaran tubuh dan tidak terdeteksi sejak awal. Seperti halnya kadar kolesterol tinggi yang gejalanya sulit dikenali dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain.

Sebaiknya kita tidak pasrah mengonsumsi obat kolesterol terus-menerus bila sudah menderita kolesterol tinggi. Beberapa informasi berikut ini akan meyakinkan kita tentang dampak buruk obat-obatan bagi kesehatan tubuh :

Sebagai gantinya, olahraga ternyata jauh lebih bermanfaat dan tidak memiliki efek samping bagi pengidap kolesterol. Mau tahu seputar panduan olahraga untuk mengatasi kolesterol?
Yuk simak ulasan berikut ini!

Semua Jenis Olahraga Itu Baik
Semua jenis olahraga memang baik untuk kebugaran tubuh. Kadar kolesterol akan kembali pada kondisi stabil apabila kita rutin berolahraga. Kita bebas memilih olahraga yang kita sukai, misalnya yoga, sepeda, aerobik, latihan alat di pusat kebugaran, bulutangkis, ataupun olahraga lainnya. Memilih olahraga yang kita sukai akan membuat kita leluasa dan nyaman sewaktu beraktivitas fisik. Semangat olahraga pun akan senantiasa mendukung aktivitas olahraga yang kita lakukan.

Olahraga yang Melibatkan Otot Besar
Olahraga yang melibatkan otot besar rupanya juga baik untuk mengatasi kolesterol. Jadi, tidak ada salahnya kita mencoba olahraga angkat beban sesuai kemampuan. Mulailah dengan beban yang lebih ringan kemudian tingkatkan bebannya jika sudah terbiasa. Selain membantu mengatasi kadar kolesterol tinggi, ketahanan tubuh pun akan meningkat.

Meningkatkan Intensitas Latihan
Kalau kita belum terbiasa berolahraga, maka kita bisa memulainya dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Berolahraga selama 20 hingga 30 menit sudah cukup untuk membuat tubuh beradaptasi. Ketika nanti kita sudah lebih terbiasa dengan aktivitas olahraga, sebaiknya kita mulai meningkatkan intensitas olahraga tersebut. Berolahraga dengan total waktu 150 menit per minggu akan membuat fisik kita lebih sehat.

Mencari Suasana Olahraga yang Baru
Suasana olahraga yang itu-itu saja pasti membuat kita jadi bosan. Akibatnya, semangat olahraga pun jadi menurun dan bikin kita malas. Demi menghindari hal ini, cobalah untuk mencari tempat olahraga yang baru. Suasana olahraga yang nyaman di tempat indoor maupun outdoor akan membangkitkan semangat olahraga kita. Sehingga kita bisa berolahraga sembari melakukan relaksasi.

Sudah siap berolahraga secara teratur untuk mengatasi kolesterol?
Kalau begitu, mari kita siapkan diri agar lebih termotivasi untuk berolahraga. Jangan sampai kolesterol merenggut kebugaran tubuh kita di masa kini dan masa mendatang!

Komentar