Pentingnya Vitamin C Untuk Ibu Hamil


Sedih banget ketika dapat kabar, seorang teman harus kehilangan janinnya karena keguguran. Padahal ia sudah lama menunggu kehadiran anak. Ternyata penyebabnya adalah karena ketuban pecah dini.

Pecahnya air ketuban ternyata tidak ia sadari dan menganggap itu adalah urin yang keluar. Ternyata ketidaktahuan terhadap tanda ketuban pecah menyebabkan fatal. Ia keguguran dan kehilangan janinnya.

Ibu hamil khususnya wanita yang baru menikah dan hamil pertama memang harus mendapatkan edukasi atau harus rajin mengetahui hal-hal penting seputar kehamilan. Salah satunya tentu tentang penyebab, tanda dan akibat dari ketuban pecah dini. Sehingga bisa meminimalkan resiko terjadinya keguguran dan efek lainnya terhadap ibu dan janin.

Penyeban dari ketuban pecah dini dari sejumlah referensi ternyata adalah akibat :
  • Perobekan pada kantung ketuban. Hal ini bisa terjadi akibat trauma atau mulut rahim yang tidak kuat sehingga mengakibatkan rahim tidak bisa menahan kehamilan. 
  • Infeksi 
  • Kelainan bawaan dari selaput ketuban. 
  • Ketegangan rahim yang berlebihan
  • Kelainan letak janin misalnya bayi sungsang
Salah satu cara menghindari ketuban pecah dini adalah dengan asupan nutrisi yang baik seperti mengonsumsi vitamin C yang cukup untuk kebutuhan harian. Biasakan konsumsi vitamin C sejak usia kandungan 3 bulan. 

Ibu hamil memang tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi pada bulan-bulan pertama kehamilan. Karena dapat memicu keguguran janin yang dikandungnya akibat adanya tekanan progesteron. Bahkan bagi mereka yang memiliki kadar zat besi tinggi atau pada orang yang penyakit kelebihan zat besi (hemochromatosis) tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi yang mana vitamin C membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh lebih cepat.

Tapi bagaimanapun juga vitamin C sangat penting bagi ibu hamil, karena wanita hamil yang kekurangan vitamin C ternyata beresiko melahirkan prematur dan anemia. Berikut manfaat vitamin C untuk ibu hamil :
  • Meningkatkan fungsi paru-paru pada janin
  • Sebagai sumber nutrisi
  • Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh
  • Menjaga keselamatan janin
Untuk kebutuhan vitamin C bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan maupun suplemen. Berikut sayuran dan buahan yang mengandung vitamin C :

1. Buah jambu biji
2. Buah kiwi
3. Buah kelengkeng
4. Buah pepaya
5. Paprika merah
6. Brokoli
7. Kubis
8. Buah stroberi
9. Kembang kol
11. Buah tomat
13. Buah apel







Komentar

  1. Saya dulu ketuban pecah dini juga, tapi pas sudah mau lahiran.

    Sedih ya, ada teman yang keguguran :( TFS Mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung