Merancang Desain Teralis Jendela dengan Menggunakan Besi Beton Ulir


Jendela ada hal bagian yang penting bagi sebuah bangunan, termasuk untuk rumah tinggal. Jendela selain untuk memasukan cahaya dan udara dari luar, juga sebagai estetika sebuah bangunan. Bahkan sekarang ini banyak pemilik rumah yang menambahkan teralis di jendela. Alalsan utama tentu untuk keamanan, supaya bisa menghalangi niat orang jahat masuk ke rumah. Selain itu juga sebagai penambah dekorasi rumah supaya lebih cantik.
Untuk bahan pembuatan teralis jendela ini bermacam-macam. Jika dulu kayu masih digunakan untuk teralis, sekarang cenderung ke besi. Salah satu jenis besi yang digunakan adalah besi beton  ulir yang selama ini dikenal hanya sebagai pondasi kerangka atau tulang andalan pembuatan rumah.

Besi beton ulir adalah salah satu jenis besi yang diproduksi dengan model batangan silindris dengan ukuran 12 meter memanjang dan diameter antara 8 - 10 mm. Semakin besar diameternya maka harga jual besi beton ulir ini pun semakin mahal.


Bagaimana membuat desain teralis jendela menggunakan besi beton ulir ? Berikut prosedur pembuatannya :

Proses Pembuatan
1. Langkah awal, sebelum berkreasi dengan menggunakan besi beton ulir. Pertama tentukan dulu tema atau sketsa gambar teralis yang ingin dibuat. Sketsa disini untuk memudahkan pembuatan tralis. Sesuaikan juga sketsa dengan tema yang diangkat pada rumah tersebut. Agar menunjang dekorasi rumah agar tampak lebih baik. Misal seperti berikut



Harap dicatat, sangat penting memilih besi beton yang berkualitas, semakin mahal harga jual besi beton ulir, biasanya berpengaruh terhadap semakin kuat pula besi tersebut. Pentingnya memilih besi yang kuat, tentu atas pertimbangan keamanan. Semakin kuat maka semakin aman rumah Anda.

2. Selanjutnya, ukur panjang pintu lalu potong besi sesuai dengan ukuran. Gunakan gerinda untuk memotong besi baja beton tersebut. Setelah dipotong, haluskan bagian ujung besi dengan menggunakan gerinda agar tidak melukai dan mudah dalam penyambungan.

3. Setelah besi dipotong – potong sesuai dengan desain yang dibuat. Selanjutnya rangkai besi sesuai dengan desain yang dibuat. Dalam hal ini maka dibutuhkan penyambungan antara besi satu dengan yang lainnya. Gunakan las listrik untuk menyambung. Pastikan sambungan kuat.

Jika Anda memiliki desain yang melengkung - melengkung, maka gunakan alat khusus seperti bar bender dan bar cutter, namun jika Anda tidak memiliki alat tersebut maka dapat membuat sendiri dengan memanfaatkan potongan besi beton dan besi siku seperti berikut.



4. Setelah pengelasan selesai, pasang pada teralis desain yang dibuat. Lakukan juga pengelasan pada sisi – sisi teralis. Jika sudah, maka teralispintu dan jendela yang aman menggunakan besi baja beton telah selesai. Berikut salah satu contoh pintu yang memanfaatkan besi beton ulir sebagai dekorasi rumah.





Komentar