Yuk, Mengeksplorasi Surga Kuliner di Lembang, Bandung!

Mungkin sudah banyak orang yang ke Kota Bandung. Tapi ke Lembang, masih banyak yang belum. Padahal ternyata Lembang itu indah lho setelah dieksplore.

Bukan hanya soal wisata alam yang memesona, Lembang juga populer dengan beragam wisata kuliner yang memanjakan lapis lidah, lho. Tidak heran, pada hari-hari libur, Lembang dipenuhi wisatawan lokal maupun mancanegara.  Lembang sendiri seolah menyuguhkan paket lengkap liburan, yakni destinasi wisata dan kuliner yang nikmat.

Tulisan kali ini akan membahas beragam destinasi kuliner yang populer di Lembang. Beberapa di antaranya merupakan lokasi yang sudah familiar di kalangan para wisatawan, sementara sebagian lagi merupakan tempat-tempat baru yang menarik untuk dieksplorasi. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa lokasi “surga” kuliner Lembang yang harus Anda ketahui:

1. Kampung Daun

Kampung ini sarat akan nuansa pedesaan, Kampung Daun bisa menjadi destinasi wisata kuliner yang menyenangkan, lho. Adapun surga kuliner yang satu ini menawarkan konsep kafe sekaligus galeri alam, sehingga wajar saja jika Kampung Daun populer dengan suasananya yang hening, sejuk, dan segar.

Pada siang hari dengan cuaca cerah, Anda akan disuguhkan suasana pedesaan yang nyaman dan tenang, berikut beragam sajian masakan khas Indonesia. Sementara itu, ketika gelap mulai datang, lampu-lampu akan dinyalakan, sehingga terbentuk suasana romantis yang menentramkan, pun memanjakan pemandangan Anda.

Perihal urusan perut, beberapa menu yang ditawarkan oleh Kampung Daun adalah serabi hingga batagor. Jangan khawatir, meski hampir seluruh menu merupakan masakan Sunda, tersedia pula menu lain, seperti steak, iga bakar, dan es krim.

2. Sapu Lidi

Hampir serupa dengan Kampung Daun, Sapu Lidi menawarkan konsep kafe, restoran, sekaligus galeri seni yang mengusung nuansa pedesaan. Dengan jargon “makan di sawah”, Sapu Lidi bukan hanya memanjakan pengunjungnya dengan masakan lezat (mulai dari jenis masakan Sunda, Indonesia, hingga Eropa), melainkan juga suasana lingkungan yang tenang, dan sentuhan “seni” melalui galerinya yang eksotis.

Adapun selain restoran, kafe, dan galeri, terdapat pula fasilitas penginapan yang bisa Anda nikmati di Sapu Lidi. Untuk detail lebih jelas perihal penginapan dan hotel murah di Lembang, silakan langsung mengecek di https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/area/lembang-107782/cheap-hotels-in-lembang

3. Floating Market

Ingin mencoba sensasi berbelanja di pasar terapung? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kalimantan atau Thailand, kok. Pasalnya, konsep serupa juga telah ada di Lembang. Floating Market Lembang ini menjadi solusi, bagi Anda yang ingin merasakan langsung sensasi berbelanja di pasar terapung.

Berbeda halnya dengan pasar apung di Kalimantan dan Thailand yang menjadikan sungai sebagai jalur transportasi, Floating Market menggunakan situ maupun danau sebagai pusat aktivitasnya. Di sana, setiap wisatawan akan merasakan langsung cara berbelanja di atas perahu, mulai dari membeli makanan tradisional, sayuran, ikan segar, dan masih banyak lagi. Adapun lepas dari konsep pasar apungnya, Floating Market, Lembang juga menyediakan beragam wahana lain seperti perahu air, taman miniatur kereta api, pancing magnet, hingga dan area outbound.

4. Rumah Stroberi, Parongpong

Kendati mengusung aktivitas memetik stroberi langsung dari kebunnya, Rumah Stroberi Parongpong ini menyediakan beragam sajian kuliner Sunda yang lezat. Adapun satu masakan yang khas, yakni nasi liwet. Perbedaan lantas terlihat dari sajian nasi liwet bernampan bulat yang dapat dibuka-tutup, beserta kastrol dan sayuran pendampingnya. Nah, Anda dapat memilih pelengkap nasi liwetnya, mulai dari gurame, ayam goreng, ayam bakar, atau justru bebek bakar. Adapun seluruhnya bisa ditambahkan dengan karedok dan sayur asem.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai nasi liwet, terdapat ragam pilihan lain, kok. Ini mencakup jenis-jenis masakan lokal, seperti nasi tutug oncom, iga bakar, soto Bandung, dan aneka jenis nasi goreng. Tak mood menyantap makanan Sunda? Jangan khawatir, Rumah Stroberi Parongpong juga menyediakan menu Barat, seperti steak, sosis, pancake, kentang goreng, spaghetti, dan lain sebagainya. 

Nah, untuk masuk ke kebun stroberi dan memetiknya langsung, Anda pun harus membeli paket nasi liwet, setidaknya minimal untuk enam orang. Jangan khawatir, suasana di sana juga sangat santai dan menyegarkan lantaran dikelilingi dengan hijau rumput, sawah, dan pepohonan. Adapun terdapat pula area outbound sebagai “penyegar” bagi Anda yang turut membawa anak kecil.

5. Salian Cafe & Art Gallery, Lembang

Sesuai namanya, jangan heran jika dari segi visual, tampilan rumah makan ini terbilang unik. Dari arah masuk, Anda akan menemukan dua set meja kayu dengan peta raksasa bertema Salian Spice Lab yang menghiasi dinding di sebelah kiri. Sementara itu, pada bagian kanan, terdapat pula area terbuka, yang diisi dengan deretan kursi plastik hijau fosfor dan meja kayu solid.

Bangunannya utamanya sendiri berbentuk Joglo. Ketika masuk ke Salian Cafe & Art Gallery, Anda akan disuguhkan berbagai pilihan tempat duduk, mencakup kursi kayu tinggi, kursi kayu panjang dengan bantal-bantal empuk, serta meja kayu kombinasi batu. Dilengkapi dengan atmosfer angin sepoi dan pemandangan lembah hijau yang memikat mata, mengunjungi lokasi ini dijamin membuat Anda betah dan enggan pulang!

Lantas, bagaimana soal sajian makanannya? Restoran yang terletak di Jalan Sersan Bajuri 88, Cihideung, Lembang ini menyediakan aneka sajian makanan, mulai dari camilan sampai makanan berat; hingga masakan Indonesia (nasi goreng, sop buntut, dsb.) dan Barat (pasta, churros, kentang goreng, dsb.) Adapun surga kuliner yang satu ini dapat Anda kunjungi setiap hari, dengan rincian Minggu-Kamis pukul sepuluh pagi hingga sepuluh malam, dan Jumat-Sabtu, pukul sepuluh pagi hingga sebelas malam.
Itulah lima lokasi surga kuliner Lembang yang harus Anda kunjungi. Nah, untuk kepuasan lebih lanjut, jangan sungkan untuk mencari penginapan terdekat, ya. Toh, selagi masih ada di Lembang, bukan ?

Komentar

  1. Aku pernah yg ke Kampung Daun dan sukaaaaa banget sama suasananya. Kalo ada kesempatan ke Lembang pingin ke sana lagi rasanya.. Penasaran jg sama Sapu Lidi dan Salian itu, liat foto2nya bagua jg tempatnya yaaa..

    BalasHapus
  2. Floating marketnya emang kece banget mba. Jadi pengen ke sana lagi :)

    BalasHapus
  3. Babang lumayan sering ke Bandung dan ajaibnya semua tempat yg ditulis disini Babang belum pernah kunjungin. baru ke dusun bambu ama farm house aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung