Pulang Kampung dan Keliling Sumbar


Sumatera Barat itu indah banget, alamnya elok, makanannya enak dan orangnya ramah. Sebagai orang asli Sumbar, saya tentu senang dan bangga. Tapi, ada yang yang satu bikin saya malu sebagai orang Sumbar, karena belum mengeksplorasi seluruh tempat wisatanya. Apalagi sekarang banyak tempat wisata baru yang bikin saya mupeng untuk ingin pulang kampung dan keliling Sumbar.

Sumbar memang luas karena ada 19 kabupaten dan kota. Masing-masing kabupaten kota punya potensi pariwisata yang menarik mulai dari laut, pantai, danau, bukit, gunung, lembah, budaya dan kuliner.

Saya sendiri berasal dari Kabupaten Padangpariaman. Sebuah kabupaten dengan luas terkecil di Sumatera Barat dengan ibukota bernama Parit Malintang. Meski dengan luas terkecil, kabupaten ini berbatasan langsung Kota Padang, ibukota Sumatera Barat. Apalagi kecamatan tempat saya tinggal, berada di jalan protokol sehingga akses kemana-mana sangat gampang.

Dilahirkan dan dibesarkan di Sumbar, membuat saya selalu rindu pulang kampung sejak merantau 14 tahun lalu. Biasanya dulu waktu masih lajang minimal sekali setahun pulang kampung. Namun sejak merit agak kerepotan dan rata-rata pulang kampung dua tahun sekali.

Pulang kampung biasanya saat lebaran dan pada umumnya perantau dari berbagai daerah juga mudik. Jalan depan rumah selalu macet saat lebaran mengalahkan macetnya Jakarta. Kalau sudah begini kami biasanya hanya menonton mobil yang macet dan penjual asongan yang menjajakan dagangan. Sementara untuk ikut bepergian tidak mungkin. Semua tempat wisata penuh dengan pengunjung dan perjalanan juga lama karena macet. Jadi lebaran hanya dihabiskan berkunjung ke rumah sanak keluarga dan ke tempat wisata yang dekat.

Untuk berwisata, saat kecil keluarga saya dan orang kampung pada umumnya punya tradisi jalan-jalan ke tempat wisata menjelang puasa dan liburan sekolah atau disebut jalan jalan keliling . Mengapa ? karena rutenya memang keliling Sumbar. Minimal di setiap daerah ada satu tempat wisata yang disinggahi. Biasanya start dari pagi dan pulang tengah malam.

Saya masih ingat waktu kecil pernah diajak jalan-jalan keliling itu ke Danau Maninjau, Ambun Pagi, Bukittingi, Ngalau Indah, Danau Singkarak, Solok dan Batak Tabik. Waktu kecil saya suka mabuk naik kendaraan, sehingga sering tidur dan kadang tidak menikmati perjalanan. Sehingga ketika ada acara jalan jalan keliling tahun berikutnya, saya tidak mau ikut. Kalaupun ikut ke tempat yang dekat saja.

Seiring dengan perjalanan waktu, Sumbar yang makin kaya tempat wisata baru membuat saya ingin kembali mengulang masa kecil dulu, berwisata keliling bersama keluarga. Apalagi sekarang saya tidak mabuk kendaraan lagi hehehe.

Sepertinya waktu yang tepat untuk pulang kampung adalah pada hari biasa, atau tidak saat lebaran atau liburan sekolah. Supaya jalan tidak macet dan tempat wisata tidak terlalu ramai. Seperti saat pulang kampung Mei 2015 lalu ketika ayah meninggal, saya menyempatkan mencoba naik kereta api yang baru kembali diaktifkan setelah puluhan tahun vakum. 
Foto : Info Sumbar
KA Sibinuang yang melayari rute Pariaman-Padang menjadi salah satu favorit warga untuk berwisata. Waktu itu karena rutenya belum melewati rumah, saya dan adik harus menunggu di kecamatan sebelah, Lubuk Alung. 

Stasiun KA Lubuk Alung persis berada dekat pasar. Jadi sambil menunggu kedatangan kereta dari Pariaman, kami bisa menikmati berbagai makanan yang dijual di pasar, seperti sate padang dan es tebak. 
Kameranya goyang, maklum Hp jadul. Smartphone habis batre :D 

Saat itu kami pesan tiket kereta api langsung di stasiun. Jadi dengan membayar sekitar Rp 4000 kami sudah bisa menaiki kereta yang konon kalau hari minggu bisa penuh dan berjubel dengan wisatawan lokal.Ternyata meski tidak hari libur, kursi terisi penuh dan kami harus berdiri. Tapi setidaknya tidak berjubel alias masih nyaman.
Lagi ngecas smarthpone, tak bisa narsis keren deh :( 

Tujuan kami adalah ke Kota Padang yang ditempuh sekitar 30 menit. Keretanya lumayan bagus, ada AC dan ada colokan listrik untuk mencas hp. Kami baru mendapat tempat duduk ketika ada yang turun di Stasiun Lubuk Buaya ketika ada penumpang turun. 
Kondisi dalam kereta, kursi penuh tak ga berjubel 
Setelah Stasiun Lubuk Buaya adalah Stasiun Duku dan selanjutnya adalah Stasiun Air Tawar yang berada persis di sebelah sebuah mall besar di Kota Padang. Jadi wajar jika wisata murah meriah dengan kereta api sangat diminati, karena stasiunnya di Kota Padang sangat dekat dengan mall. 

Tahun ini saya akan kembali pulang kampung dan ingin berwisata keliling Sumbar dengan keluarga, khususnya ke tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Berikut rencana dan list tempat-tempat yang akan saya kunjungi :

1. Janjang Seribu Kota Gadang
Sebenarnya saat tahun lalu membawa rombongan ibu-ibu  arisan ke Padang dan Bukittinggi, saya sudah ingin ke sini. Tapi mengingat ibu-ibu ada yang mulai sakit kaki dan lutut, keinginan itu saya pendam. Padahal lokasinya sangat dekat dengan Ngarai Sianok yang kami kunjungi. 

2. Bukit Langkisau
Bukit Langkisau ini berada di daerah Pesisir Selatan atau Painan. Kebetulan sekali saya belum pernah ke kabupaten ini. Padahal dari sosmed terlihat banyak objek wisata menarik, salah satunya bukit ini dengan pemandangan yang keren ke arah laut serta berbagai permainan seperti flying fox dan paralayang. 

3. Pantai Carocok 
Pantai ini juga berada di Painan. Jadi jika sudah ke daerah Pesisir Selatan harus singgah di pantai yang memiliki berbagai arena permainan selain pantainya yang juga indah.

4. Lembah Harau
Padahal objek wisata lembah harau ini sudah ada sejak lama dari saya kecil, tapi entah mengapa saya belum kesampaian ke Green Canyon indonesia ini. Foto-foto yang bersileweran di media sosial membuat saya benar-benar harus sampai ke sini.

5. Pantai Air Manis Batu Malin Kundang
Objek wisata ini juga sudah ada sejak lama dan saya benar-benar malu belum sampai ke sini, padahal lokasinya tidak jauh dari Kota Padang. Sementara orang dari luar aja sudah sampai ke sini.

6. Pulau Cubadak
Pulau ini sedang hits dan banyak foto-foto wisatawan yang saya lihat berkunjung ke sini. Membaca dan melihat bagaimana indahnya pulau ini membuat saya menargetkan pulau ini harus bisa saya datangi.

7. Air Terjun Nyarai
Air terjun ini berada di Kecamatan Lubuk Alung. Sangat dekat dengan kecamatan saya. Tapi untuk mencapai lokasinya harus menembus hutan dan hiking. Meski berat badan sudah susah untuk berjalan jauh tapi melihat pesona alamnya membuat saya bertekat harus sampai juga ke sini. 

8. Jembatan Akar 
Jembatan ini berada di Pesisir Selatan. Sebuah jembatan yang terbuat dari akar kayu yang terhubung dari dua pohon beringin. Padahal objek wisata ini juga sudah lama saya tahu, tapi tetap belum kesampaian. hiks

9. Meseum Adytiawarman
Lokasinya di pusat Kota Padang dan saya belum pernah ke sini dan itu sungguh terlalu. Padahal di sini tersimpan berbagai koleksi benda sejarah tentang Sumbar. 

10. Air Panas Bukik Kili 
Lokasinya di Kota Solok dan sepertinya harus didatangi apalagi setelah perjalanan melelahkan keliling Sumbar. Berendam di air panas ini akan menyegarkan tubuh yang lelah. 

Saya kira mungkin cukup 10 tempat itu yang masuk dalam daftar saya. Sepertinya butuh 2 hari untuk keliling Sumbar karena lokasinya yang berjauhan dan karena memang Sumbar itu luas. Semoga terkabul keliling Sumbar. Yuk ke Sumbar ....yuuk 
















Komentar

  1. aku juga cinta alamnya sumbar.... luaarr biasa cantiknya....gulai itiknya enak banget mak...dan aku kangen makan itu...

    BalasHapus
  2. Kayanya 2 hari belum cukup deh uni buat keliling sumbar. :)

    BalasHapus
  3. Padang Pariaman juga terkenal dengan masakan yang mendunia.

    BalasHapus
  4. Wow makin banyak ya tempat wisatanya. Saya pernah ke SUmBar, indah memang Mbak.

    BalasHapus
  5. Aku pingiin banget bisa ke Sumbar suatu hari nanti uni.. :) Dari dulu pingin ke Bukittinggi tapi belum kesampaian nih..

    BalasHapus
  6. wah sumbar memang menyimpan pesona yg gak kalah sama daerah lain. saya bermimpu suatu saat bisa kesana :D

    BalasHapus
  7. Aku baru sekali ke Bukittingi dan memang pemandangannya luar biasa :)

    BalasHapus
  8. sebelum ke stasiun bawa jajan yang banyak di pasar, ya :D

    BalasHapus
  9. Pengen banget bisa ke Sumbar.
    Objek wisatanya menggoda banget.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung