Apa yang Sudah Saya Hasilkan dari Blog ?

Saat jadi tim promosi kegiatan HUT Pertamina
Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan simpel dan mungkin sedikit ngenyek *ga baper* seseorang. " Apa sih yang kamu dapat dari blog ?" Saya cuma menjawab pendek, Alhamdulillah banyak, selain dapat penghasilan dari blog, saya ada dapat barang hingga pengalaman. Kalau mau tahu banyak nanti saya tulis di blog hehehe

Oke...Baiklah saya akan menuliskan apa yang sudah saya dapatkan dari menulis di blog selama ini. Tapi ini bukan pamer ya, karena apalah saya ini yang belum seberapa pencapaiannya dibandingkan blogger profesional lainnya. Tapi, semoga apa yang saya ceritakan bisa menginspirasi mereka yang mau belajar menulis di blog.

Saya mulai menulis di blog tahun 2008. Awalnya ngeblog hanya sekedar iseng dan mungkin tepatnya supaya kekinian pada waktu itu. Karena saya melihat teman yang punya blog.

Akhirnya saya membeli buku panduan dasar membuat blog dan mencoba membuat sendiri. Kenapa saya harus belajar dari buku ? waktu itu internet mahal boo..Saya untuk ngenet harus ke warnet. Itupun antri dan mehong. 

Jadi kalau saya searching tentang cara membuat blog dan coba satu persatu, tentu akan menghabiskan waktu. Jadilah saya membeli buku dan Alhamdulillah dapat buku yang bagus.

Akhirnya blog saya pun jadi. Isinya rata-rata curhat ga jelas. Dari blog saya dapat teman dari luar daerah berkat blog walking. Bahkan pada tahun virus ngeblog mulai menular ke teman teman lain. Sehingga kami sempat mendirikan Bintan Island Blogger Community dan pernah sekali mengadakan kegiatan workshop untuk pelajar.

Seiring berjalan waktu, teman-teman jarang update blog dan begitupun saya. Komunitas kami pelan-pelan menghilang seiring kesibukan masing-masing dan munculnya berbagai sosial media.

Saya lebih aktif di sosmed dan hanya sesekali menjenguk blog dan update. Intinya setahun tetap ada tulisan baru hahahaha

Tahun 2014, saya berkenalan dengan komunitas ibu-ibu yang hobi menulis yang bernama Kumpulan Emak- Emak Blogger (KEB) . Meskipun tidak semua blogger di sana sudah jadi emak-emak, tapi di komunitas ini saya kembali terpacu untuk menulis.

Di KEB saya bisa tahu tentang job untuk blogger. Tahu tentang berbagai agency yang bisa memberikan job hingga berbagai event untuk blogger seperti lomba blog. Selain itu saya juga ikut bergabung di Blogger Perempuan dan sejumlah grup blogger lainnya. 

Akhirnya tahun 2014 itu saya pecah telor dapat job dari sebuah e-commerce. Meski dibayar dengan voucher saya senang luar biasa. Saya bisa belanja dengan voucher yang bernilai kalau tak salah Rp 250 ribu tersebut.

Saya makin semangat untuk menulis, blog walking dan aktif di diskusi grup. Tujuannya untuk menaikan rangking blog dan mencari ilmu baru tentang blog khususnya cara agar blog saya dilirik brand hehehe

Saya pernah menang juara kedua lomba menulis yang diadakan sebuah bank BUMN. Hadiahnya uang tunai melalui tabungan sebesar Rp 4 juta. Wow..sesuatu dan alhamdulillah banget.
Email cinta dari BNI

Seiring berjalan waktu, saya gabung dengan Komunitas Blogger Kepri. Di sini saya mendapatkan teman-teman yang asyik. Banyak ilmu dan info serta acara kumpul-kumpul asyik didapat. Meski hanya sesekali bisa ikut ngumpul karena saya berada di Tanjungpinang, tapi saya tetap senang. Toh tiap hari di grup WA kami selalu berdiskusi atau ngobrol ngalor ngidul tak jelas tapi asyik.
Piknik manja dengan Blogger Kepri

Berapa kali saya ikut piknik gratis bareng. Sebenarnya bukan gratis tapi kerja untuk review hotel atau resort hehehe

Tidak hanya itu, saya juga beberapa kali dapat barang gratis untuk ditulis reviewnya di blog. Selain itu juga diundang dan dilibatkan oleh pemerintah dalam kegiatan promo event pariwisata. Selain itu juga oleh perusahaan BUMN seperti Pertamina yang akhir tahun lalu melibatkan saya dan teman-teman untuk promosi kegiatan ulang tahun. 

Jadi, blogger itu sekarang sudah dianggap dua mata lho oleh banyak orang. Bahkan disejajarkan dengan media massa. Bayangkan aja, seperti pada HUT Pertamina, blogger yang diajak 15 orang sementara media massa cuma beberapa orang. *Maaf bukan mengecilkan keberadaan media massa*
Tim Blogger Kepri di HUT Pertamina

Tahun 2016 bisa dikatakan tahun yang luar biasa. Saya banyak mendapatkan job di blog. Setiap bulan selalu ada job dan penghasilan yang masuk ke rekening.
Buku Blogger Kepri karya bersama teman-teman

Jika ditotalkan penghasilan yang saya dapat dari blog atau aktif kembali menulis di blog sejak tahun 2014 hingga Januari 2017 mencapai belasan juta. Itu belum termasuk barang atau fasilitas lainnya.

Mungkin yang belum punya blog akan mengira gampang banget dapat uang, barang dan fasilitas dari blog. Kalau yang sudah punya blog atau aktif ngeblog mungkin tidak akan bilang seperti itu.Karena butuh usaha, setidaknya usaha merawat blog supaya tetap dilirik pemberi job. Minimal usaha itu adalah rajin posting dan terus update dengan tulisan yang bermanfaat bagi pembaca.

Ingat...jangan sesekali menjadikan blog sumber berita hoax seperti yang ada bersiliweran di sosmed. Judulnya bombastis bahkan cenderung membuat orang penasaran untuk mengklik, tapi ketika diklik malah isinya berita tidak senonoh atau judi.
Kartu nama itu penting

Jika kamu yang selama ini belum pernah ngeblog dan ingin seperti blogger yang sudah menghasilkan, bisa kok. Ini caranya :
1. Bikin blog
Terserah di wordpres atau blogspot. Sebaiknya bikin sendiri karena saat ini sudah banyak banget tutorialnya. Gampang kok. Supaya lebih keren beli domain. Harganya murah kok. Setahun ada yang cuma Rp 100 ribuan.

2. Isi dengan postingan
Mulailah dengan postingan sederhana. Seperti tentang curhat tak jelas juga boleh, karena semua memang perlu proses. Tapi tetap belajar untuk menulis dengan konten yang baik. Banyak kok ide di sekitar kita. Mulai dari tempat makan, tempat nongkrong, tempat wisata, hobi dll.

Bahkan akan lebih bagus jika blog kamu punya niche spesifik, misal tentang kuliner atau travelling. Tapi campur campur pun tak apa kok. Yang penting kamu jangan malu untuk berbagi postingan kamu di sosial media supaya orang lain bisa baca. 

3. Rajin baca blog orang lain
Berkunjunglah ke blog orang lain. Baca dan berkomentar yang baik. Jangan standar aja seperti mengatakan " wah artikel yang keren," karena bisa saja komentar kamu dianggap spam. Rajin berkunjung ke blog orang lain juga bisa melahirkan inspirasi kita untuk menulis selain tentunya menambah teman jika memang rutin berkunjung ke blog seseorang.
Selain itu rajin blog walking juga akan berpengaruh pada rangking blog kamu. 

4.Jalin jaringan sesama blogger
Jangan merasa minder atau hebat sendiri. Bergabung dan jalin jaringan dengan sesama blogger. Carilah informasi blogger di kotamu lalu bergabung di komunitas mereka. Karena banyak manfaat bergabung di komunitas. Komunitas blogger di dunia maya juga banyak. Jangan sungkan untuk bergabung dan aktiflah di forum.

5.Jangan terlalu cepat berharap bisa dapat uang atau sesuatu dari blog.
Jangan sampai karena melihat mereka yang sudah lama ngeblog dapat penghasilan lumayan, lalu kamu ingin seperti mereka dalam sekejap. Lalu gelap mata dan melakukan hal-hal yang tidak bagus. Seperti suka "mencuri artikel" blogger lain atau membuat berita hoax. Tidak semudah itu karena semua perlu proses. Saya yang ngeblog sejak 2008 aja baru bisa menghasilkan pada tahun 2014 hehehe.

Tapi setidaknya paling cepat setahun atau dua tahun kamu sudah bisa menghasilkan dari blog jika memang konsisten mengurus blog. Karena banyak lho orang yang menjadikan blog sebagai pekerjaan utama. Tapi tetap diingat lagi, jadilah blogger yang baik, yang kontennya positif dan beretika.

Nah, bagi kamu-kamu yang masih muda khususnya, yang kurang kegiatan bermanfaat, yuk menulis di blog. Menulis adalah keabadian. Setidaknya jika kamu tidak dapat penghasilan dari menulis, tapi kamu sudah punya karya abadi yang akan bisa dbaca oleh orang lain meski suatu saat kamu tidak ada.

Daripada nongkrong ga jelas di kafe atau sekedar selfie dimana-dimana, kamu kan bisa jadikan itu tulisan. Nongkrong boleh tapi ditulis, selfie boleh tapi ditulis kamu itu lagi dimana dengan berbagai informasi lainnya.

Atau mungkin kamu aktif di berbagai kegiatan, ayo tulis. Semua akan bermanfaat kok. Oh ya, jika kamu ibu-ibu, tetap bisa menulis kok. Kegiatan sehari-hari mengurus anak bisa dijadikan bahan tulisan. Pengalaman kita bisa jadi referensi bagi orang lain lho.
Saat diundang sebagai pembicara sebagai blogger tahun 2014 lalu

Oke...mau menulis di blog ? tentu donk. Yuk mulai dari sekarang. Atau jika tidak cukup dengan tulisan ini, saya mau kok berbagi langsung tentang dunia blog ini. Khusus untuk Tanjungpinang aja ya. Kapan dan dimana bisa didiskusikan. Mau ? Tulis di komentar ya





Komentar

  1. Tulisannya inspiratif banget buat saya yang masih senin kemis ngisi blog. Mending kalo senin kemis, seringnya sebulan sekali dengan banyak alasan huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti bisa lebih konsisten nulis ya mba

      Hapus
  2. Keren mba! Nulis blog kalau dimaksimalkan dengan baik jadi bisa bikin bangga, menghasilkan & banyak teman ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mba...banyak teman itu rezeki juga ya

      Hapus
  3. Menarik Mbak.. tapi kalau blog yang isinya kebanyakan tentang personal kira-kira tetap bisa dapat penghasilan nggak ya? hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mba..yang penting trafiknya tinggi dan kontennya bermanfaat dan dikirik brand

      Hapus
  4. Waah keren banget mba. Sukses terus dan ttrus semangat ngeblog ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba..sukses terus juga tuk mba...mari sama sama semangat

      Hapus
  5. Cukup banyak blogger pemula gugur di tengah jalan karena apa yang diperoleh tak sesuai angan-angannya.
    Nah kalau sudah begini memang perlu meluruskan niat yaitu ngeblog untuk ibadah. Insya Allah rezeki akan mengikuti.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia pakdhe...karena menulis ada passion saya..jadi job itu adalah bonus hehehe

      Hapus
  6. Dapet banyak teman adalah salah satu dari sekian banyak manfaat ngeblog yang aku dapat. Dari jaringan pertemanan itu akhirnya justru membuka pintu-pintu rejeki yang lain. Rejeki buatku gak selalu soal materi. Punya banyak temen yang baik dan asik itu bagiku udah sebuah rejeki tak ternilai.. Dan aku seneng banget bisa kenal uni Ana gara2 ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba dee...sy juga senang bisa kenal mba dee yg asyik

      Hapus
  7. Betul!
    jangan terlalu cepat berharap.

    Saya sendiri suka ngeblog dan temen temen sering nanya gimana caranya dll dll . Saya jawab aja, caranya ya "dimulai dulu" nanti kalau ketagihan nulis pasti rajin nulis kok.

    Sayangnya, dia berharap blognya udah monitize gitu padahal baru beberapa posting curhat. Saya sedih jadinya haha

    Blog saya yang apalah aja jg belum tentu di lirik. Wkwkwkw

    Iya ya.. kadang orang ngira enak banget jadi blogger bisa jalan jalan kesana kesini gratis padahal apapun pada dasarnya ya tetep.. butuh usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mba...butuh usaha...bukan sekedar nulis..harus dilengkapi dengan pendukung spt foto dan video..harus nyari referensi juga kadang...harus ngeluarkan biaya juga kalau mau buat review ke suatu tempat tertentu hehehe..tapi usaha sebanding dengan hasil ya mba

      Hapus
  8. Inspiratif sekali bu... Jadi makin termotivasi :D

    BalasHapus
  9. Sangat menginspirasi bu, salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga..semoga terus konsisten menulis

      Hapus
  10. Waa udah lama juga blogging-nya. Saya baru-baru aja aktifnya... Semoga bisa konsisten lama juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia udah lumayan lama..tp vakum lama juga tp sekarang udah giat lg hehe

      Hapus
  11. wah akhirnya ketemu juga salah satu blogger tanjungpinang, saya lagi merantau di kota tanjungpinang mbak. cari cari komunitas blogger /imers disini. ada link grup facebook atau sosial media lainnya gak mbak blogger kepri / tanjungpinang. pengen ikut ngumpul euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal...yuk gabung di komunitas blogger kepri....ini link FB nya https://www.facebook.com/groups/394543190737218/?fref=ts

      Hapus
  12. wah Babang jadi semakin semangat ngeblog

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung