Memupuk Impian Berkunjung ke Kalimantan Selatan



Sebuah pesan masuk di email saya. Dari Mrs. Debora, seorang sahabat yang bermukim di Australia. Kami kenal ketika dia berkunjung ke kota saya. Sejak itu saya sering berkomunikasi dengannya dan kenal dengan keluarganya.

" Hi dear...how are you ? do you want travelling around borneo with me ?  " tulisnya. Duh tawaran yang menggiurkan. Apalagi dia mengatakan akan menanggung semua akomodasi. Katanya sebagai tanda balas jasa saat saya melayani dia ketika berkunjung ke kota saya.
Tapi, jadwal yang ditawarkannya bentrok dengan agenda kantor, yang mana saya menjadi panitia. Rasanya ingin nangis guling-guling. Rezeki piknik gratis harus hilang begitu saja. Dengan perasaan sedih saya menolak dan memberikan alasan karena jadwal tugas kantor yang tidak bisa ditinggal. 

Borneo atau Kalimantan adalah pulau yang belum saya jelajahi seluruhnya. Saya baru sampai di Kota Pontianak di Kalimantan Barat, serta Kota Balikpapan dan Samarinda di Kalimantan Timur. Target saya berikutnya adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. 

Tapi diantara ketiga itu, saya ingin sekali berkunjung ke Kalimantan Selatan. Ajakan Mrs.Deborah membuat saya mengkhayal dan membuat list tempat-tempat yang akan saya kunjungi jika berkesempatan ke Kalimantan Selatan.

Hasil penelusuran saya di internet, tempat-tempat wisata yang harus saya kunjungi di Kalimantan Selatan adalah :
1. Pasar Terapung
Di situs wikipedia disebutkan pasar terapung ini disebut Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar ini berada di atas sungai Barito di muara Sungai Kuin, Banjarmasin. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Barang-barang yang dijula biasanya sayur mayuur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.

2. Jembatan Barito
Jembatan ini berada di atas Sungai Barito. Konon di sini paling asyik menikmati sunset di sore hari

3. Air Terjun Bajiun
Kalimantan Selatan tidak hanya identik dengan sungai, tapi juga punya hutan dan air terjun Bajiun yang memberikan nuansa lain.. Sepertinya asyik untuk treking dan menghilangkan stress di sini

4. Pantai Jodoh Banjarmasin
Duduk dan bersantai sambil berselfi ria di pantai ini sepertinya asyik juga

5. Rafting Bambu Sungai Amandit
Menyusuri sungai dengan rakit bambu sepertinya harus dicoba juga supaya memacu adrenalin dan mencari sensasi lain

6. Pusat Kuliner Martapura
Hal yang wajib lagi dicari di setiap daerah yang dikunjungi adalah kulinernya. Jadi ke pusat kuliner ini harus deh supaya bisa mencicipi berbagai makanan khas Kalimantan Selatan

7. Wisata Sungai Naik Kelotok
Menyusuri sungai naik perahu kayu mesin sepertinya asyik juga mengelilingi Sungai Martapura

8. Masjid Sultan Suriansah
Mesjid tertua di Banjarmasin ini harus dikunjungi nih karena nilai historisnya selain untuk beribadah di sana

Semoga semua yang saya tulisan dan rencanakan bisa terwujud. Apa salahnya mengkhayal, karena bukankah dari semua cita-cita yang terwujud juga berasal dari impian yang terus dipupuk dengan doa dan ikhtiar. Semoga tercapai.Aamiin. 


Komentar

  1. Boleh deh mbak, dihibahkan ke aku. Hihihi... Siap jadi guide.

    Balikpapan ke Banjarmasin kira-kira 9 jam lewat darat plus nyebrang pakai ferry kira-kira 75 menit.

    Kayaknya ini kunjungan perdana aku ke sini ya?

    Eh, ini kenapa kotak komentarnya, tampilannya tidak full ya, mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung