Liburan Murah Keliling Sumatera Barat

Pose di Jam Gadang Bukittinggi
Sebenarnya udah lama ingin berbagi tentang perjalanan liburan murah ke Sumatera Barat pada Februari lalu, tapi entah karena masih nunda-nunda dan banyak kesibukan baru kali ini kesampaian. Perjalanan saya dengan 12 orang ibu-ibu anggota arisan tepatnya ke Kota Bukittinggi, Padang, Batusangkar dan Solok pada 26 - 28 Februari 2016 lalu.

Perjalanan kami ke Sumatera Barat sengaja tidak memakai jasa agen perjalanan, karena saya sendiri lahir dan besar di Padang dan ada teman-teman lainnya juga lahir dan besar di sana. Apalagi bajet untuk ke sana terbatas atau minim. Untuk itu saya sebagai "ketua" rombongan harus menyusun itenerary atau rencana perjalanan selama 3 hari itu menyesuaikan kondisi dana kami. 
Sebelum berangkat di Bandara Hang Nadim Batam
Mau tahu bagaimana saya menyusun rencana perjalanan liburan murah ke Sumatera Barat dengan biaya 12 juta dan membawa 12 orang ? Simak berikut ini. 

Hal yang pertama yang saya lakukan adalah mencari tiket pesawat. Untuk tiket pesawat dari Batam ke Padang terbilang terjangkau, karena tiap hari ada beberapa kali penerbangan ke sana. Waktu itu saya bisa mendapatkan tiket seharga Rp  590 ribu pergi pulang Batam- Padang

Yang kedua adalah mencari transportasi yang murah dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke Kota Bukittinggi. Awalnya saya mau menyewa mobil khusus, tapi dari hasil penelusuran saya biayanya mahal. Apalagi cuma dipakai untuk dari BIM ke hotel di Bukittinggi. 
Istana Baso Pagaruyuang
Akhirnya saya mendapatkan sebuah travel yang bisa dinego. Travel ini sebenarnya membawa penumpang umum dari Padang ke Bukittingi. Semua penumpang harus berkumpul di pool nya di daerah Purus. Pihak travel bekerjasama dengan taksi di BIM, setiap penumpang yang booking mobil travel itu akan diantar dari BIM ke pool dengan gratis. Sebenarnya bukan gratis juga, karena nanti dibebankan ke ongkos di travelnya hehe. 

Tapi saya nego supaya rombongan kami saja yang ada di dalam mobil itu dan langsung dijemput di BIM. Akhirnya permintaan saya disetujui mengingat jumlah kami 12 orang memang sesuai kapasitas minibus tersebut. Biaya yang kami keluarkan jauh lebih murah karena ongkos kami dihitung per orang, bukan per mobil untuk pemakaian satu hari seperti yang diterapkan kebanyakan pihak travel. Bahkan di Padangpanjang kami masih bisa nego dengan sopir untuk berhenti makan Sate Mak Syukur yang terkenal itu. 
Jadi pengantin minang ala-ala :D 

Tahap ketiga adalah mencari sewa mobil murah di untuk perjalanan keliling dari Bukittingi ke Batusangkar, Solok dan Kota Padang. Sesuai rute perjalanan kami, dari BIM kami langsung menuju hotel di Bukittinggi dan hanya jalan-jalan di sekitar Jam Gadang mengingat kami sampai di sana sudah malam. Kemudian esok paginya kami akan berjalan-jalan sebentar di dalam kota Bukittinggi dan dilanjutkan ke Istana Baso Pagaruyuang di Batusangkar, dilanjutkan ke Danau Singkarak dan Perkebunan Teh di Solok serta berakhir di Kota Padang. Menginap semalam di Padang selanjutnya besok pagi kembali ke Batam. 
di perkebunan teh Alahan Panjang
Dari hasil penelusuran di internet, saya mendapatkan rental mobil yang terjangkau dan layanannya terbukti bagus. Mobil bagus, sopir baik dan mobil tidak ada gangguan selama perjalanan. Kami menyewa dua mobil jenis avanza. 

Tahap ke empat adalah mencari penginapan yang terjangkau. Seperti biasa saya mencari promo hotel atau atau hotel murah untuk menginap di Bukittinggi. Akhirnya saya menemukan hotel yang murah melalui web pegipegi.com. Untuk tanggal 26 Februari saya pesan Hotel Prima Dini di Bukittinggi. Harga hotelnya terjangkau dan yang penting dekat pusat kota atau Jam Gadang. 

Sedangkan untuk tanggal 27 Februari saya pesan Hotel Hang Tuah Padang. Hotel ini berlokasi di pusat kota, strategis banget karena persis berada di depan mall dan dekat ke tepi laut. 
layanan CS pegipegi.com yang cepat

Proses pesan hotel ini saya lakukan di web pegipegi.com. Cukup mendaftar, login, pilih hotel dan kemudian melakukan pembayaran dan dikirim e-voucher hotel via email. Bahkan costumer servicenya juga sangat kooperatif dan bisa berkomunikasi via whatsapp. Proses membalas pertanyaan dari kostumer juga sangat cepat. 
udah kecapekan sampai di Padang malam hari tapi wajib pose di ikonnya
Bagaimana untuk makan ? sesuai kesepakatan di awal untuk makan akan ditanggung masing-masing. Apalagi mengingat di Sumatera Barat harga makanan terjangkau. 

Jadi perjalanan kami selama tiga hari ke Sumatera Barat itu benar-benar dengan biaya yang minim tapi puas karena bisa berkeliling banyak tempat. Mau liburan murah ke Sumatera Barat atau ke kota lain juga ? ikuti saja tips dari saya. 

Ada diskon gede sampai dengan 50 persen. Mau ? tentu donk

Oh ya, jangan lupa akan ada promo diskon gede sampai dengan 50% untuk booking hotel di pegipegi mulai 1 Desember 2016. Untuk info selengkapnya akan ada di pegipegi pada tanggal 1 Desember 2016. Jangan sampai ketinggalan ya...manfaatkan promo ini. 










Komentar

  1. keren tulisan nya kak ... jadi pengen ke sumbar deh ... aw

    BalasHapus
  2. Wah, Padang, belum pernah ke sana. Semoga nanti suatu saat bisa mengunjungi Padang bersama keluarga, Aamiin.. :)
    Nice sharing Mba'.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...ayo mba...padang itu lengkap wisatanya, alam, laut, gunung, pantai

      Hapus
  3. Wah asyik ya pesan di pegi pegi banyak keuntungannya
    Aku pernah ke Bukittingi dan pemandangannya keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes...gampang banget dan layanannya bagus

      Hapus
  4. Jadi pengen liburan ke Sumbar lagi niih.. Kemaren belum banyak keliling di sana...

    BalasHapus
  5. dibikin estimasi donk tante biar bisa jadi panduan kalau mau ke san a

    BalasHapus
  6. waaah ada kebun tea juga yah...baru tau saya
    sumbar emang lengkap ya tempat wisatanya..dari gunung, bukit, pantai, desa, lembah, air terjun... wuihh salut salut

    BalasHapus
  7. Cerita yang menarik, kalau saya dengar SUMBAR selalu ingat film Midun jaman dahulu he2,,,, btw komplit ya jalan2nya, ada kota, perkebunan, danau dll...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung