Festival Bahari Kepri 2016 : Semarak Warna Warni di Gerbang Bahari Indonesia


Festival Bahari Kepri ( FBK ) 2016 sudah berakhir selama 10 hari, 20-30 Oktober 2016. Gemanya kemeriahan dan semaraknya masih jadi perbincangan hingga saat ini, baik di Kota Tanjungpinang sebagai tempat pusat acara maupun Provinsi Kepri sebagai tuan rumah dan Indonesia pada umumnya. 

Di Kota Gurindam, Tanjungpinang, event ini selama pelaksanaan hingga sekarang masih menjadi buah bibir. Karena kegiatan yang merupakan bagian dari Sail Selat Karimata 2016 itu benar-benar menjadi pusat perhatian masyarakat yang haus hiburan, khususnya kegiatan pada hari puncak Festival Bahari Kepri 2016, Sabtu 29 November 2016 yang bertabur acara dari pagi hingga tengah malam. 

Ya, Festival Bahari Kepri 2016 telah memberikan warna warni di Gerbang Wisata Bahari Indonesia ini. Penobatan Kepri sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia disampaikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar ) Indonesia Arief Yahya, saat menghadiri acara puncak FBK 2016 di Gedung Daerah, Tanjungpinang. 
Menpar Arief Yahya saat menghadiri Puncak Festival Bahari Kepri 2016

Hal itu tidak terlepas dari keberhasilan Kepri mendatangkan 86 Yacth dari berbagai negara. Sehingga Menteri Arief Yahya menilai FBK 2016 dan Sail Selat Karimata merupakan terbaik di Indonesia.

Tidak hanya itu event pariwisata tersebut ternyata juga berhasil mendatangkan wisatawan dari berbagai mancanegara atau ketiga terbesar setelah Bali dan Jakarta. Sebagai warga Kepri sepantasnya kita bangga dan senang karena Menpar berusaha mendorong agar Kepri khususnya Tanjungpinang dan Batam mempunyai akses langsung penerbangan internasional. 

Ingin tahu bagaimana semarak warna warni di Kepri selama Festival Bahari Kepri 2016 ? Tentu donk. 

1. Hari pertama, 20 Oktober digelar kegiatan Eco Heroes. 
Kegiatan ini adalah aksi bersih bersih ini melibatkan sekitar 1500 orang yang terdiri dari unsur TNI, Polri, SKPD, FKPD, camat, lurah se Kota Tanjungpinang, instansi vertikal, satpol PP, anggota SAR, petugas kebersihan kota, tokoh ,masyarakat, paguyuban, OKP, saka pramuka pariwisata, unsur asosisasi pariwisata, perhotelan, travel agent, operator seluler, perbankan, operator pelayaran serta operator maskapai penerbangan.

Ribuan orang turun ke 5 titik memerangi sampah dengan beraneka warna seragam, sungguh mencolok mata pagi itu. Hasilnya sampah-sampah di sejumlah sudut kota yang mengusik keindahan berganti dengan kebersihan. 
Eco Heroes. Pic by DroneFBK
2. Kegiatan hari kedua hingga ke empat (21-23 Oktober ) Dragon Boat Race dan Lomba Mancing
Berbagai Perahu Naga dari berbagai negara dan kota peserta berlomba di Sungai Carang. Tiga hari Sungai Carang menjadi tumpah ruah dengan warga yang antusias menyaksikan event tahunan tersebut. Sedangkan lomba mancing diadakan di perairan Tanjungpinang - Pulau Terkulai dan Pulau Sore
Finalis lomba perahu naga sedang berpacu mencapai finish. Pic by Unizara




3. Kegiatan hari ke lima FBK 2016, Festival Drumband, Kuliner 10 Kampung dan Festival Gurindam 12
Kegiatan Festival Drumband berupa lomba drumband antar pelajar se Kepri di Lapangan Pamedan. Sementara Festival Kuliner dan Gurindam 12 di Melayu Square. Meski sempat terkendala cuaca buruk Namun ketiga kegiatan tersebut tetap berlangsung hingga sore. Para pelajar peserta Festival Gurindam 12 tetap semangat melantunkan syair karangan Raja Ali Haji tersebut. 
Salah satu peserta Festival Gurindam 12. Pic by Unizara

4. Hari ke enam hingga ke sepuluh ada kegiatan Wonderfull Indonesia Sailling. Kegiatan ini berupa rally yatch dari berbagai negara yang diprakarsai oleh Nongsa Point Marina dan Bandar Telani sebagai entry dan exit point yatch di Kepri. Para yacther ini menuju Tanjungpinang dan kemudian ikut bergabung memeriahkan sejumlah kegiatan Festival Bahari Kepri 2016.
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menyapa yatcher .Pic By Setkab

5. Pada hari keenam juga ada kegiatan lain yakni Wonderfull Kepri Expo, Lomba Melukis dan Panggung Penyair. Wonderfull Kepri Expo berlangsung di Lapangan Dewa Ruci. Selain stand-stand pemerintah daerah juga diikuti oleh perusahaan yang berhubungan dengan bahari serta BUMN. 
Stand Kabuipaten Bintan. Pic : Unizara



Salah stand yang memberikan domain gratis. Pic by unizara.


6. Hari ke tujuh, Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya. Dua kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Tak heran ribuan masyarakat menunggu di pinggir jalan yang dilewati oleh parade mobil hias dan pawai budaya. hari itu kamis 27 Oktober, Kota Tanjungpinang sangat berwarna warni semarak dengan aneka model, warna, bentuk dari mobil hias serta peserta pawai budaya. 

Ribuan warga Tanjungpinang antusias menyaksikan pawai budaya . Pic by Andri


7. Pada hari kedelapan atau Jumat, 28 Oktober dilaksanakan Lomba Jong dan Kepri Karnival. Puluhan peserta Jong antusias mengikuti kegiatan ini. Meski cuaca kurang bersahabat, tapi acara yang berlangsung di Anjung Cahaya itu tetap menarik untuk disaksikan, apalagi aneka warna warni layar jong sangat memanjakan mata.









8. Puncak Pelaksanaan Festival Bahari Kepri 2016, Sabtu 29 Oktober 2016 adalah hari yang paling semarak. Sejak pagi warga sudah antusias menyaksian ekshibisi jet ski, sampan layar dan sampan dayung.

Sedangkan siang harinya, warga juga memenuhi tepi laut Tanjungpinang untuk menyaksikan aksi paramotor, terjun payung serta acara puncak di Gedung Daerah. 

Sementara malam harinya, peresmian Gedung Gongggong dan Parade Kapal Hias tepi laut Tanjungpinang sesak dengan lautan manusia yang tidak mau ketinggalan moment tersebut.


Aksi paramotor TNI AU. Pic by unizara






Prosesi acara Puncak FBK 2016

Musikalisasi puisi



Presiden penyair Sutardji Calzoum Bachori saat musikalisasi puisi.


Salah satu kapal hias. Pic by Adi Pranadipa


Semarak penuh warna peresmian gedung gonggong, ikon baru Kota Tanjungpinang. Pic by Mazpram










Komentar

  1. Di agendakan sebagai acara tahunan sepertinya seru nih. bakal menarik wisatawan baik lokal maupun asing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..harus diagendakan kegiatan yg bisa memancing wisatawan untuk terus rindu datang ke kota ini

      Hapus
  2. sukses acara FBK ini semoga menjadi daya tarik wisatawan tiap tahunnya untuk lebih ramai masuk ke kepri ya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Mohon maaf komentar terpaksa dimoderasi karena akhir-akhir ini banyak Spam.Terimakasih sudah berkunjung