Loading

Senin, 10 Oktober 2016

Semarak Festival Bahari Kepri 2016 Selama 10 Hari

pic by :kepri.travel

Kota Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau akan kembali menggelar kegiatan besar selama 10 hari lho, yakni Festival Bahari Kepri 2016 yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Sail Selat Karimata 2016. Kegiatan kece ini akan digelar  mulai tanggal 20 sampai 30 Oktober 2016.


Nah bagi Anda yang selama ini penasaran dengan Kota Tanjungpinang dan masih sering keliru antara Tanjungpinang dan Pangkalpinang, sebaiknya datang ke kota ini jika memang ada niat jalan-jalan di bulan ini. Kenapa harus datang langsung ? supaya Anda bisa melihat keindahan alamnya, keunikan budaya, keberagaman masyarakat, aneka kuliner dll secara langsung. Serta yang terpenting sudah tahu Tanjungpinang itu beda dengan Pangkalpinang, bedaaaa jauh. 

Sementara bagi warga kota sekitar di luar Kota Tanjungpinang atau di dalam Provinsi Kepri, seperti Kabupaten Bintan, Kota Batam, Karimun, Lingga dan bahkan Natuna tentu harus hadir donk. Karena selama 10 hari itu akan 35 event yang digelar setiap hari. Jadi jangan sampai melewatkan event kece ini yang digagas oleh pemerintah pusat ini.

Sedangkan bagi Anda yang warga Tanjungpinang sendiri, jangan sampai lewatkan satu hari pun ya. Karena event ini bakal sangat menarik, meriah dan memanjakan mata. Masa orang luar datang dan Anda warga kota ini melewatkan begitu saja event bagus ini.

Kegiatannya apa saja, tanggal berapa dan dimana ? Akan saya jabarkan di bawah ini. Tapi perlu saya jelaskan sedikit tentang hubungan antara Sail Selat Karimata 2016 dengan Festival Bahari Kepri (FBK) 2016. Karena ternyata masih ada yang mengira dua event ini berbeda. 

Sail Selat Karimata 2016 adalah program tahunan yang digagas pemerintah pusat yang sudah berlangsung sejak tahun 2009. Nah pada tahun 2016 ini pelaksanaan Sail Selat Karimata dilaksanakan secara bersama dengan melibatkan empat provinsi yaitu Kalimantan Barat, Jambi, Bangka Belitung dan Kepri. 

Provinsi Kepri dan Bangka Belitung akan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Festival Sail Selat Karimata. Khusus Provinsi Kepri sendiri, penyelenggaraan Festival Sail Selat Karimata ini dikemas dalam rangkaian beberapa event yang dirangkum dalam sebuah tema Festival Bahari Kepri. Oke..sudah paham kan ?!

Oke...sekarang mengenai kontent event berikut penjabaran tanggal dan lokasinya :
  1. Eco Heroes, kegiatan ini akan berlangsung pada Kamis, 20 Oktober 2016. Kegiatan ini berupa kegiatan gotong royong massal membersihkan sampah di laut dan akan melibatkan 1200 anggota kelompok sadar wisata, pelajar, mahasiswa dan aparat keamanan dari anggota TNI dan Polri. Kegiatan ini akan dilakukan di Tugu Pensil, Anjung Cahaya, Laman Bunda,, Ocean Corner, Pelabuhan Sri Bintan Pura, Pelantar 1, Pelantar II dan Pelantar III.
  2. Dragon Boat Race. Kegiatan ini akan berlangsung pada 21-23 Oktober, bertempat di perairan Sungai Carang. Biasanya dimulai sekitar pukul 9 pagi.  Dimana sih lokasinya ? itu lho yang di belakang rumah sakit umum provinsi, persis di jembatan yang pertama. Pokoknya gampang mencari lokasinya
  3. Lomba Mancing. Kegiatan ini akan berlangsung pada 23 Oktober 2016 di perairan Tanjungpinang. Peserta akan disediakan kapal kecil atau pompong untuk memancing, sementara alat pancing dibawa sendiri donk. Pasti seru nih mancing beramai-ramai.
  4. Festival Drumband Se-Kepri. Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2016 di Lapangan Pamedan Jl. A. Yani, dimulai pukul 10 pagi. 
  5. Festival Kuliner 10 Kampung. Berlangsung pada 25 Oktober 2016 di Anjung Cahaya, mulai pukul 2 siang sampai selesai. Tahu kan tempatnya ? tentu donk. Lokasinya di tepi laut atau persis di samping kantor walikota lama. Berbagai kuliner kampung akan memanjakan lidah Anda.
  6. Festival Gurindam XII. Juga akan berlangsung di Anjung Cahaya pada jam yang sama, pukul dua siang. Gurindam XII adalah karya pahlawan nasional asal Tanjungpinang Raja Ali Haji dan ini penting untuk dilihat supaya kita makin menghayati makna di dalamnya.
  7. Fashion Show Busana Melayu, juga berlangsung di Anjung Cahaya mulai pukul 7 malam hingga selesai
  8. Wonderful Indonesia Sailing. Ini nih yang juga sangat menarik. Karena kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 26 sampai 30 Oktober 2016 itu akan diikuti 100 kapal yacht asing yang akan melayari perairan Kepri dan finish di depan Pulau Penyengat. Kereen kan ? Pasti donk, karena Anda bisa melihat kapal pesiar mini dan mewah yang jarang dilihat selama ini.
  9. Wonderful Kepri Expo. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 26 sampai 30 Oktober di Lapangan Dewa Ruci. Pada kegiatan ini aka menampilkan produk UMK seluruh Kepri. 
  10. Lomba Melukis. Akan digelar pada 26 Oktober dengan tema " Bahari Kepri. 
  11. Panggung Penyair, digelar 26 Oktober yang akan digelar di Gedung Daerah, pukul 7 malam sampai selesai.
  12. Parade Mobil Hias. digelar 27 Oktober dan akan melibatkan 120 mobil hias. Kegiatan ini akan memecahkan rekor MURI. Rutenya dimulai dari Terminal Sungai Carang, Bintan Center dan berakhir di Tepi Laut. Kegiatan ini akan dimulai pukul 1 siang
  13. Pawai Budaya. Juga akan berlangsung 27 Oktober dengan rute, Kota Lama dan finish di Anjung Cahaya. Dimulai sekitar pukul 3 sore.
  14. Seminar Wisata Bahari, akan berlangsung pada 28 Oktober di Hotel CK Tanjungpinang pada pukul 9 pagi. 
  15. Kepri Karnival. Kegiatan ini akan berlangsung pada 28 Oktober, yang mana finish dan start di Gedung Daerah sekitar pukul 2 siang.
  16. Sound form Motherland of Malay, digelar pada 28 Oktober 2016 bertempat di Gedung Daerah pukul 7 malam. 
  17. Jet Ski, digelar pada 29 Oktober 2016 di laut sekitar bawah jembatan Tugu RHF dan Ocean Corner.
Untuk acara puncak Festival Bahari Kepri 2016 akan berlangsung pada 29 Oktober 2016 yang terdiri dari beberapa acara yang digelar di tepi laut mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore, yakni :
  • Fly Pass Pesawat Tempur TNI AU
  • Paramotor TNI AU
  • Orkestra Senja
Kemudian ada Sky Lantern yang digelar di tepi laut mulai pukul 7 malam. Selanjutnya Peresmian Gedung Gonggong oleh Wakil Presiden pada pukul 19.30 WIB. Kemudian pada pukul 20.00 WIB akan berlangsung Festival Sungai Carang yakni Parade Kapal Hias yang akan memecahkan rekor MURI dengan berlayar dari Pelabuhan Sri Payung Batu 6 menuju Tepi Laut Anjung Cahaya.

Selain itu pada puncak Festival Bahari Kepri 2016 tanggal 29 Oktober 2016 itu juga akan ada Diplomatik Tour, yang mana akan dihadiri 25 Duta Besar.

Selain 22 kegiatan di atas, juga ada 7 kegiatan lainnya berupa bertema Kepri Traditional dan Modern Games, antara lain :
  • Jong, digelar 28-30 Oktober di tengah laut Anjung Cahaya
  • Sampan Layar, digelar 29 Oktober 2016 di Anjung Cahaya dan mengitari Pulau Penyengat
  • Sampan Dayung, 29 Oktober di laut depan Jembatan Tugu RHF - Ocean Corner
  • Pukul Bantal
  • Nambat Itik
  • Bakiak
  • Engkrang. Empat kegiatan terakhir diadakan tanggal 30 Oktober 2016 dipusatkan di laut depan Anjung Cahaya. 
Selain itu Festival Bahari Kepri 2016 selama lima hari dari tanggal 26 - 30 Oktober 2016 juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Pentas Seni, Gemstone, Penjualan Souvenir, City Tour, dan Mangrove Tour.

Sedangkan bagi Anda yang penghobi drone dan video ada Festival Drone dan Video Sungai Carang yang akan berlangsung dari tanggal 20 -30 Oktober 2016.

Banyak dan padat kan acaranya ? Sayang banget untuk dilewatkan lho. Jadi mari meriahkan dan semarakan Festival Bahari Kepri 2016. Yuuukkkk....!!!!






2 komentar:

  1. Kebetulan saat ini saya baru saja kembali dari lokasi pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 di Sukadana Kayong Utara. Acaranya cukup ramai dan meriah sekali, Pak Jokowi meresmikan secara langsung pembukaannya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung