Loading

Jumat, 14 Oktober 2016

Liburan Ceria Bersama Anak Tanpa Takut Demam

Selalu ceria saat liburan di akhir pekan 
Sebagai pasangan suami yang bekerja, sudah menjadi kewajiban bagi kami khususnya saya untuk membawa Fitry, anak semata wayang jalan-jalan setiap akhir pekan. Sehingga hari Minggu dan hari libur bagi Fitry adalah moment yang sangat ditunggu-tunggunya.
Senyum ceria Fitry saat liburan ke pantai
" Bunda hari ini hari minggu kan ? asyiikk...kita jalan-jalan," begitu ia sering menanyakan jika hari Minggu pagi dia melihat saya masih di rumah. 

Bagi saya menyediakan waktu khusus di hari Minggu seharian penuh untuk Fitry adalah bentuk tanggungjawab dan quality time terhadapnya. Karena di saat itulah perhatian kami fokus kepada Fitry yang makin ceriwis dan pintar. Selama perjalanan ia akan banyak bercerita, bernyanyi dan tertawa bahagia. Fitry sangat bahagia dan mengungkapkannya dengan kalimat-kalimat yang membuat kami sering terharu.

" Pipi senang kalau ayah dan bunda libur...pipi senang bisa jalan-jalan...Minggu depan kita jalan-jalan lagi ya," begitu ia sering mengungkapkan kebahagiannya, sambil mencium saya atau ayahnya. 
Jalan-jalan di taman juga bikin ceria
Dengan menyediakan waktu khusus seharian penuh untuknya kami ingin membayar hari-hari sepulang kerja yang mungkin tidak bisa fokus kepadanya. Karena khususnya saya sebagai ibu juga harus disibukan dengan urusan rumah sepulang kerja. 

Tak jarang saya mengabaikan hal-hal lain menyangkut kepentingan saya, seperti arisan atau me time memanjakan diri di salon atau shopping ke mall di akhir pekan. Tapi demi kebahagiaan anak semua itu tidak disesali karena masa kecilnya hanya sekali dan tak akan terulang kembali. 
berenang, aktifitas di hari libur yang disukai Fitry

Aktifitas di hari Minggu yang disukai Fitry antara lain berenang di kolam renang atau bermain air di water park, main di pantai, ke taman bermain anak, pusat bermain anak dan kebun binatang. Sejak umur satu tahun Fitry memang sudah saya biasakan main di air khususnya kolam renang. Sehingga berenang baginya adalah sebuah keasyikan tersendiri apalagi dia akan bertemu dengan anak-anak seusianya yang membuatnya makin betah berenang. 
Bermain di playground juga bikin Fitry happy karena bisa belajar dan bertemu dengan teman-teman baru
Tak jarang saya juga ikut berenang bersamanya. Meski harus ikut nyebur di kolam renang anak, tapi demi keceriaan dan kebahagiaannya bagi saaya tidak masalah. Saya kadang juga harus mengikuti gaya bermainnya di air demi Fitry tertawa senang.
Demi kebahagiaannya, kadang saya ikut nyebur dan bermain di kolam renang
Nyaris semua kolam renang di kota ini sudah kami datangi, namun tempat berenang favorit adalah di hotel yang tak jauh dekat rumah. Sesekali kami juga ke water park, tapi tetap saja kolam renang hotel yang tak jauh dari rumah tetap jadi favorit Fitry. 

Berenang bikin happy
Liburan mengunjungi kebun binatang juga adalah hal yang disukai Fitry. Karena ia senang melihat binatang dan berinteraksi dengan mereka. Binatang yang ia suka adalah rusa, karena sering diberi makan. Apalagi rusa tidak terlihat lebih ramah dengan anak-anak hehehe
Belajar sambil bermain di kebun binatang
Saat itu biasanya Fitry akan bertanya tentang berbagai hal yang ia lihat dan dengar. 
" Itu monyet kenapa suka monyongkan mulutnya ?" 
" Buayanya kok tidur terus ?"
" Rusanya kenapa suka makan sayur ?" 
" Kok tidak ada marsha di kandang beruang ?" 
Macam-macam pertanyaan Fitry yang kadang membuat saya harus berpikir keras menjawabnya.

Tapi dengan interaksi itu itu kedekatan Fitry dengan kami makin terjalin. Quality time yang kami harapkan bisa berjalan dengan baik.
Liburan ajang lebih mendekatkan hubungan fitry dengan ayah dan bunda
Nyaris liburan atau pergi jalan-jalan tiap minggu sering membuat keluarga dan teman saya kepo. Apalagi ibu mertua " Itu anak dibawa jalan terus apa tidak capek, nanti demam kan kasihan," begitu beliau kadang protes.

Sementara kalau teman khususnya ibu-ibu di organisasi wanita sering bilang " Kamu rajin ya bawa anak jalan, tiap minggu di FB foto-fotonya wara wiri sedang liburan kemana. Fitry tak kecapean dan demam tuh ? "

Sebenarnya kalau dibilang capek ya ada capeknya juga. Tapi Fitry adalah anak yang terbilang kuat dan selalu ceria jika yang namanya jalan-jalan. Ada juga sih kadang badannya hangat, tapi saya tidak khawatir karena selalu menyediakan obat penurun panas anak, Tempra di rumah dan membawa di dalam tas ranselnya saat pergi liburan.
tidak takut demam, karena selalu bawa tempra di tas
Fitry yang penyuka warna ungu sangat gampang ketika dikasi obat yang mengandung Paracetamol ini. Misalnya malam hari badannya agak panas, saya akan segera meminumkan Tempra sesuai dosis yang tertera di kemasan. Karena bekerja cepat di pusat panas, esok paginya suhu badan Fitry sudah normal kembali dan ia sangat bersemangat untuk jalan-jalan di akhir pekan.

Jadi, masalah anak demam saat akan liburan bagi saya tidak terlalu mengkhawatirkan, karena Tempra Cepat Menurunkan Demam. 

Mengapa saya memilih Tempra ? karena Tempra yang mengandung parasetamol sebagai obat penurun panas, aman di lambung atau tidak menyebabkan iritasi lambung serta tidak mempengaruhi fungsi ginjal. Rasa anggurnya juga disukai oleh Fitry dan tentu anak-anak lainnya.

Selain untuk menurunkan panas, Tempra juga berfungsi untuk meredakan nyeri yang bisa dikonsumsi anak usia 1 – 6 tahun. Dosisnya memang harus digunakan sesuai yang dianjurkan dan bila perlu satu dosis setiap 4 jam, namun tidak lebih dari 5 kali sehari.

Supaya dosisnya tepat, di dalam kemasan tersedia gelas takar, sehingga sangat memudahkan saat pemberian obat ke anak. Sesuai umur Fitry, 5 tahun, dosisnya adalah 7,5 ml dan itu sudah ada ukurannya di gelas takar.

Bermain di laut, tanpa takut demam
Jadi, bagi Anda yang masih sering berdalih kasihan anak sering dibawa jalan sehingga memilih "mengurung" di rumah, ini ada tips lho dari pengalaman saya saat membawa anak liburan atau jalan-jalan :
  1. Orang tua dalam kondisi sehat dan fit
  2. Pastikan anak tidur cukup pada malam harinya dan dalam kondisi sehat
  3. Beri sarapan yang disukainya supaya semangat untuk makan
  4. Siapkan tas bekal berisi makanan, minuman, camilan, susu, mainan, pakaian ganti, sabun dan obat-obatan seperti pelindung dari nyamuk dan obat penurun panas
  5. Beri anak pakaian sesuai kondisi tempat yang mau dituju, misal jika ke pantai beri pakaian yang tipis, topi, kacamata dan olesi sun block anak
  6. Respon dan tanggapi apa yang ditanya dan dibicarakan anak atau ajak selalu anak ngobrol selama di perjalanan tentang sekolah dan hari-harinya saat ditinggal bekerja.
  7. Jauhi gadget dan fokus kepada anak, tapi tetap sesekali boleh donk dokumentasikan kegiatan anak, namun jangan selalu pegang HP.
  8. Sesuaikan tempat yang dituju dengan kondisi cuaca, misalnya jika sangat panas mungkin lebih baik ke tempat yang banyak pohonnya, seperti taman bermain atau playground
  9. Jangan lupa istirahat dan stop bermain anak jika ia terlihat capek
  10. Sering beri minum selama perjalanan dan bermain
  11. Jika anak panas saat dalam perjalanan atau selama liburan, segera beri obat penurun panas. Jika tidak memungkinkan untuk melanjutkan liburan, bisa istirahat sambil bermain di rumah. Tapi tetap pantau suhunya. Jika memang harus ke dokter segera bawa konsultasi ke klinik terdekat.
Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat. Yuk jangan takut anaknya demam saat liburan. Mari ajak anak jalan-jalan biar dia bisa melihat dunia luar lebih jauh, belajar sambil bermain di alam dan kedekatan orang tua dengan anak makin terjalin erat.
Yuk jalan-jalan

                                                       *************************

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.





.
















55 komentar:

  1. Bener, liburan itu bisa jadi quality time yah Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..bisa membuat lebih dekat dan fokus dengan anak meski seharian penuh

      Hapus
  2. Saya juga selalu sedia tempra sebelum berangkat liburan, karena sudah pernah kejadian anak demam di tempat berlibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia...dgn selalu ada persiapan tempra jd tidak deg-degan klu anak demam saat liburan

      Hapus
  3. Wah, Tempra memang disukai anak-anak ya
    Ups! hati2 awas jatuh Tempranya, sesudah foto masukkan ke dalam tas saja Tempranya ya Kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kakak..dimasukin lagi ke kantong tasnya

      Hapus
  4. Anakku yang kecil juga suka banget sama warna ungu

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitry suka ungu..tp saya suka belikan warna pink pakaian dan aksesorisnya..tp skrang udah bisa protes..jd udah mulai banyak jg koleksinya yg ungu hehehe

      Hapus
  5. Aku belum pernah ajakin berenang bisi masuk angin hehe tapi emang harusnya sedia obat yang dibawa kemana-mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. diajak mba..banyak manfaat berenang lho..apalagi klu diajak sejak kecil

      Hapus
  6. Liat fotow ditry maen air tante jd pengen berenang juga nih jadinya. Sehat2 trs yq cantik

    BalasHapus
  7. Sama mba. Quality timenya cuma bisa di weekend aja nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..makanya weekend itu harus selalu jalan

      Hapus
  8. Aah, manis sekali senyum si Kecil. Semoga selalu sehat ya. Saya juga sedia Tempra buat jaga2 kalau pergi bareng anak Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..makasih mba...tempra harus selalu ada

      Hapus
  9. Kayaknya smua anak suka berenang yaa, sama anak2ku juga. Dan kalau jalan2 jauh ga lupa sedia obat turun panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia...main air itu asyik...sampe lupa waktu kadang hehehe

      Hapus
  10. Liburan emang seru ya bun kalau bisa bawa anak-anak, tapi kalau mereka demam jadi sedih deh :(
    Pintar-pintarnya kita sebagai ibu yang harus menyiapkan segala sesuatunya agar anak kembali sehat, seperti membawa Tempra yang cepat menurunkan demam anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia...makanya selalu disediakan di rumah dan di tas klu bepergian

      Hapus
  11. Hanya bisa bilang semoga kak ana sekeluarga selalu sehat, dan bisa mengatur waktu utk buah hati tercinta disela2 kesibukannya...aamiin...

    BalasHapus
  12. Liburan bersama anak terus anak sakit itu pasti bawaan baper, memang penting banget untuk membawa obat pereda panas kayak gini antisipasi saja.

    BalasHapus
  13. Sekarang aku juga bawa buat dimasukkan ke dalam tas. Penting soalnya ya kan mbak buat jaga-jaga

    BalasHapus
  14. Tempranya enak...anakku suka minta lagi hihihi...tapi yg jelas ya ga aku bolehin dong hihihi
    Liburan sm anak emang capek, tapi menyenangkan ...

    BalasHapus
  15. Senangnyaaaa dek Fitry sering diajak aktivitas outdoor sama mamamnya, semoga sehat2 terus ya bunnnnnddd...

    BalasHapus
  16. aktif sekali ya Fitry ^^ jangan sampai kecapekan ya dek nanti bisa demam loh. mama selalu bawa Tempra kan ?

    BalasHapus
  17. Dulu pas anak-anak masih kecil saya juga paling suka ajak ke kebun bintang. Liburan sekalian mengajarkan berbagai hewan yang ada. Sekarang anak-anak dah besar. Sudah jarang ke kebun binatang lagi.

    BalasHapus
  18. Punya anak yang ceria dan aktif, ke mana-mana harus sedia obat ya mbak. Takut-takut kalau lagi liburan mendadak sakit. Namanya anak-anak kalau sudah keasyikan, sampai capek pun nggak dirasain.

    BalasHapus
  19. ponakan saya juga suka berenang, sama kayak fitri.. :) dan terkadang dia juga suka terkena demam... tempra bisa jadi pilihan obat untuk direkomendasikan buat ponakan saya nih kalau sakit demam.

    BalasHapus
  20. keren ya si kecil, ranselnya udh sedia tempra :D kayak P3K aja ya mbak :)

    BalasHapus
  21. Banyak manfaatnya ya Mbak jalan-jalan itu, tapi tetap harus perhatikan juga kondisi keluarga biar enggak ada yang sakit :)

    BalasHapus
  22. waaa seru banget ya kalo liburan bareng anak dan yup, pareacetamol gak bolehhh ketinggalan :)

    BalasHapus
  23. Liburannya seru banget ini mbaaaa... Memang banyak yang perlu diperhatikan kalo mau liburan sama anak ya. Semoga selalu sehat biar bisa selalu nikmati liburan seru bareng keluarga.

    BalasHapus
  24. Emang paling menyenangkan itu liburan sama anak anak ya mba

    BalasHapus
  25. akau paling ga bisa jauh sama anak2 mbak,

    BalasHapus
  26. liburan ituuu seruuuu. kenapa anak2 demennya sama air ya --: raffi juga kalau berenang g mau berhenti2

    BalasHapus
  27. Senangnya ya mba bisa berlibur bersama keluarga. Anak anak pasti senang banget

    BalasHapus
  28. Selaku sedia obat saat liburann agar tak terjadi hal ygvtak diinginkan..
    Seru banget liburannya mbakk

    BalasHapus
  29. Liburan bareng anak seru banget ya mbak, apalagi kalau anak sangat menikmatinya, bahagia deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia ...soalnya maknya juga perlu liburan..klu ga suka baper deh hehehe

      Hapus
  30. Senyum anak2 emang bikin hati adeemmm. Aku juga siapin tempra kalo jalan2. Sehat2 ya kakaakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia bun...terbayar penat dan capek liat senyumnya

      Hapus
  31. Tempra wajib untuk dibawa kemanapun pergi ya mba liburan senang hati juga tenang :)

    BalasHapus
  32. Tempra wajib untuk dibawa kemanapun pergi ya mba liburan senang hati juga tenang :)

    BalasHapus
  33. Mbak, aku juga harus diajak jalan2 kalo wiken, kalo engga, manyun. Hahaha.
    Samaaa, aku jg pake tempra

    BalasHapus
  34. sama kayak saya, akhir pekan merupakan kesempatan ngajak anak jalan-jalan, hehehe

    BalasHapus
  35. Wah, liburan keluarga itu sangat bermanfaat, ya. Terutama untuk quality time ^^

    BalasHapus
  36. Mau dooong ikutan renang.. hihihi Raya juga suka banget renang, tapi kalau cuaca lagi ngga bersahabat gini biasanya abis renang sumeng & panas.. Kl panasnya udah agak mengkhawatirkan, langsung deh keluarin tempra sbg andalan

    BalasHapus
  37. penting banget nih tips-nya, makasih ya mbaa..

    BalasHapus
  38. Liburannya seru yaaa, suka berenang yaaa?

    BalasHapus
  39. Ah jadi pengen jalan2 nh mbak sama keluarga, udh lama banget gk jalan2 sama satu keluarga..

    BalasHapus
  40. Kalau sudah ada yang jamin anak bakalan sehat mah jadi gak khawatir lagi ya bu, tapi kalau tidak ada yang jamin liburan pun pasti akan terganggu dan jadi tidak seru lagi deh.

    BalasHapus
  41. liburan yang menyenangkan untuk orang tua dan anak :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung