Loading

Kamis, 15 September 2016

Saatnya Membuat Aturan Nonton TV untuk Anak


Menjadi orang tua adalah salah satu tugas yang paling sulit di dunia ini. Bagaimana tidak. Seumur hidup kita harus belajar jadi orang tua yang baik, tetapi tidak pernah ada sekolah atau ilmu pasti yang bisa memberikan ilmu pastinya. Berbagai hal yang menyangkut tumbuh kembang anak akan menjadi fokus kita. Termasuk untuk urusan menonton TV.

Ketika si kecil sudah mulai mengenal TV, maka saat itulah kita wajib menerapkan aturan nonton TV untuknya. Tanpa harus membuat aturan yang terlalu merepotkan, beberapa aturan sederhana ini cocok diterapkan untuk anak-anak :


Durasi Menonton TV yang Efektif
Sebaiknya anak tidak dibiarkan terlalu lama menonton TV. Rentang waktu menonton TV untuk anak-anak berkisar antara setengah hingga 2 jam per hari tergantung dari usia anak. Pada umumnya balita cukup menonton TV selama setengah hingga 1 jam sehari sebagai sarana edukasi berkonsep audio visual.

Memilih Tayangan Secara Selektif
Selain memperhatikan durasi menonton TV, kita juga patut memilihkan tayangan yang sesuai dengan umur anak. Kenyataannya, tidak semua tayangan yang diperuntukkan bagi anak benar-benar cocok untuk buah hati kita. Jadi, rajin-rajinlah menyeleksi tayangan TV berkualitas untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Mendampingi Anak Saat Menonton TV
Ketika menonton TV, sebaiknya kita selalu mendampingi anak-anak. Sehingga anak tidak segan mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dimengerti. Untuk urusan yang satu ini, ibu dan ayah bisa bergantian mendampingi anak-anak dan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti.

Meluangkan Waktu untuk Aktivitas Lain
Meski hobi menonton tayangan edukatif di TV, jangan sampai kegiatan menonton TV mengganggu aktivitas anak yang lain. Karena anak juga wajib melakukan sosialisasi dan aktivitas lain yang mendukung tumbuh kembang fisik dan mentalnya.

Menyajikan Tayangan DVD untuk Anak
Bila bingung memilihkan tayangan TV untuk anak, siapkan saja film-film edukatif berformat DVD. Segera miliki DVD player berkualitas dari MatahariMall. Karena MatahariMall jual DVD player murah bergaransi dari berbagai merek. Anak-anak pasti suka menonton DVD edukatif dengan dukungan DVD player berkualitas pilihan orang tua.

Sebagai orang tua modern yang peduli terhadap tumbuh kembang anak, sudah jadi tugas kita untuk mendukung tumbuh kembang anak melalui tontonan berkualitas. Mari membeli DVD player MatahariMall untuk menayangkan berbagai tayangan edukatif kesukaan si kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung