Loading

Kamis, 18 Agustus 2016

Rumah Sehat Keluarga Erat


Sejauh apapun kita melangkah, rumah adalah tempat kembali. Tempat berkumpul anggota keluarga bersama orang-orang tercinta. Rumah adalah tempat dimana semua penat, cerita, suka cita bahkan duka ditumpahkan di sana. Bukan di luar, bukan di tempat lain, karena rumah adalah identik dengan keluarga.

Rumah juga menjadi simbol bagi sejumlah orang, simbol keberhasilan, simbol kejayaan bahkan simbol kemandirian. Namun, terlepas dari itu semua, rumah tetaplah sebuah tempat berteduh, tempat tinggal, tempat hidup bersama sebuah keluarga meskipun apapun keadaannya.

Bagus atau sederhananya sebuah rumah bukanlah hal yang penting. Yang paling utama adalah kebahagiaan penghuninya. Semua itu tidak terlepas juga dari berbagai faktor, salah satunya adalah kesehatan tepatnya kebersihan rumah.

Rumah yang sehat tentu akan berpengaruh terhadap kwalitas hidup keluarga di dalamnya. Rumah yang sehat bukan berarti rumah yang mewah. Rumah yang sehat bisa dilihat dari aspek :

- Pencahayaan
Rumah yang sehat adalah rumah yang mendapat pencahayaan yang baik khususnya dari sinar matahari. Cahaya yang masuk biasanya melalui jendela atau genteng menggunakan bahan transparan. Rumah yang mendapatkan pencahayan yang baik akan terhindar dari lembab dan jamur

- Ventilasi
Ventilasi ini sangat penting bagi sebuah rumah, karena sebagai tempat sirkulasi udara. Biasanya ventilasi ini menjadi satu kesatuan dengan jendela.

- Pembuangan limbah/sampah
Rumah yang sehat harus memiliki tempat pembuangan limbah atau septik tank, agar limbah air tidak mencemari tanah dan sumber air. Begitu juga tempat pembuangan sampah sebaiknya tertutup khususnya yang tidak bisa diolah untuk menghindari pencemaran

- Sumber Air
Rumah yang sehat harus memiliki sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan penghuni setiap hari, seperti minum, mandi, mencuci dll

- Polusi
Rumah yang sehat harus terhindar dari polusi salah satunya dari aktifitas di dapur. Asap dari kompor di dapur sebaiknya dialirkan khusus ke luar, sehingga tidak mencemari ruangan lain di rumah.

Jika ada satu atau beberapa hal di atas yang tidak dipenuhi, dipastikan akan membuat rumah tidak sehat. Misalnya tidak ada ventilasi, rumah akan lembab dan mudah dihinggapi penyakit seperti di kamar tidur, kamar mandi dan sofa.

Sofa adalah salah satu furniture rumah tangga yang kerap digunakan setiap hari, entah untuk duduk atau tiduran di depan televisi. Sofa juga merupakan perabot rumah tangga yang rentan mengandung banyak bibit penyakit, karena di dalamnya terdapat tungau debu yang bisa menyebabkan alergi dan sesak napas.

Sofa yang kotor karena keringat, tumpahan minuman, makanan bahkan mungkin muntah anak, sangat tidak sedap dipandang. Selain itu untuk membersihkanya juga perlu ketelitian. Tak heran sofa yang awalnya cantik bisa berubah warna karena berbagai kondisi yang terjadi, seperti tumpahan makanan, minuman dll.

Menggosok dengan sikat basah dan deterjen adalah salah satu solusinya. Begitu juga dengan menjemur. Namun hal itu belum cukup, karena kandungan kotoran biasanya meresap ke dalam sofa. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan seperti di ibukota hal ini cukup gampang diatasi karena ada  jasa cuci sofa Jakarta.

Sistem pembersihan di jasa cuci sofa ini dengan sistem disikat dan divakum secara menyeluruh untuk menghapus debu dan kotoran yang menyebabkan kekusaman pada kain.

Sofa yang sudah divakum kemudian akan dibersihkan dengan menggunakan sikat lembut berputar yang mengeluarkan dry foam dengan kelembaban khusus dan aman kimia yang aman serta tidak akan merusak kain. 

Pembersihan sofa menggunakan dry foam kelembaban rendah yang mengandung lebih banyak udara lebih dari cairan, sehingga sofa tetap relatif kering selama pembersihan, kecuali sofa yang sangat kotor atau ternoda.

Selanjutya sofa akan disanitasi dengan anti bacterial yang sudah dipatenkan dan desinfektan yang menggunakan minyak jeruk alami. Perawatan ini efektif membunuh bakteri dan mengurangi re-infestasi tungau debu.

Untuk pembersihan sofa kulit, sofa awalnya akan dishampo dengan cairan pembersih kulit yang diformulasikan secara khusus dan akan selesai dengan memberikan pelembab kulit yang menggunakan minyak alami untuk mencegah kulit dibersihkan dari keretakan.

Nah, mari jaga kebersihan rumah kita. Karena rumah yang sehat akan menciptakan keluarga yang erat dan bahagia selamanya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung