Loading

Senin, 15 Agustus 2016

Tips Agar Klien Terkesan Saat Pertemuan Pertama


Untuk membuat klien terkesan dan menjadi tertarik untuk membangun hubungan kerja yang baik dengan perusahaan Anda, maka perlu dibuat planning terlebih dahulu sebelum bertemu dengannya. Hal-hal apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum bertemu dengan klien? Berikut beberapa tips untuk membuat klien terkesan terhadap diri Anda dan perusahaan : 
1.      Persiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan klien

Anda harus mempersiapkan semua keperluan yang akan dibutuhkan pada saat bertemu dengan klien dari jauh-jauh hari agar klien tidak kecewa terhadap diri Anda dan perusahaan. Hal-hal yang perlu diersiapkan antara lain produk atau jasa yang diperlukan, hal-hal apa saja yang perlu Anda jelaskan pada klien nanti, dan yang terakhir siapkanlah mental. Dengan persiapan yang matang, akan memperkecil persentase kesalahanmu pada saat bertemu dengan klien nanti.

2.      Ketahuilah siapa klien

Anda harus mencari informasi mengenai latar belakang klien terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan klien terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan sehingga akan mempermudahdalam menyusun presentasi yang akan Anda tampilkan kepada klien.

3.      Gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi

Semua persiapan yang telah Anda lakukan akan terasa kurang sempurna jika Anda tidak memperhatikan penampilan di depan klien. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan pakaian apa yang akan dikenakan saat menemui klien  karena tampilan luar terkadang dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Gunakanlah pakaian formal agar Anda terlihat lebih berwibawa dan professional. Anda dapat menggunakan blazer dan rok pensil pendek sebagai outfit. Jika Anda tidak memiliki blazer kerja wanita modern untuk dikenakan pada saat bertemu dengan klien, Anda bisa membelinya secara cepat dan tentunya dengan harga yang terjangkau di online shop MatahariMall.

4.      Buatlah rangkuman hasil pertemuan tersebut

Setelah berbicara panjang lebar mengenai keinginan klien terhadap produk dan jasa yang Anda tawarkan, sebaiknya Anda segera membuat rangkuman mengenai hasil pertemuan tersebut. Kemudian jangan lupa untuk mengirimkan hasil rangkumanmu kepada klien untuk menghindari kesalahpahaman yang akan terjadi suatu saat nanti.

4 komentar:

  1. Pengen punya blazer biar kalau ada acara resmi keliatan seriusnya :D sayang gak punya.

    BalasHapus
  2. Dulu sering pake plazer, sekarang rasanya terlalu formal untuk lingkungan kerjaku, semua pada pake casual bgt ^_^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung