Loading

Senin, 11 Juli 2016

Liburan Murah Tapi Berkelas ke Resort Internasional di Lagoi, Bintan


biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Nirwana Beach Club yang bisa dimasuki oleh umum yang tidak menginap
Pulau Bintan atau Bintan Island, mungkin masih banyak yang asing ya dengan pulau ini ? Ya, bagi wisatawan nusantara mungkin masih asing, tapi bagi turis mancanegara Pulau Bintan adalah salah satu surga untuk berlibur. Bahkan artis hollywood, politisi hingga atlet luar negeri banyak liburan diam-diam ke sini khususnya ke Bintan Resort, Lagoi


Bagi anda yang berada di luar Bintan khususnya Provinsi Kepulauan Riau tapi ingin berlibur ke sini dan melihat serta menikmati keindahan surga dunia yang tersembunyi ini, gampang kok. Biaya yang diperlukan juga terjangkau kok. Penasaran kan ? Yuk simak tulisan ini sampe tuntas

Sebelumnya perlu anda ketahui dulu, Bintan Resort adalah resort yang dikelola oleh Bintan Resort Internasional (BRI) bersama Bintan Resort Cakrawala (BRC) di Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Jika BRI bertugas untuk promosi dan mencari investor maka BRC bertugas untuk meliputi manajemen real, penyediaan utilitas, manajemen operasi dan pengembangan masyarakat.

Di Bintan Resort ada empat resort pribadi beserta pantainya yang indah dan lapangan golf, yakni Angsana Bintan, Banyan Tree Bintan, Bintan Lagoon Resort, Bintan Service Apartemen, Club Med Bintan Island, Lagoi Bay Villas, Nirwana Garden, Ria Golf Lodge, Swiss Bell Hotel, The Canopi, The Sanchaya dan Villa Aarya.

Untuk mengetahui tentang masing-masing resort atau sekedar cek harga menginap atau melihat keindahannya melalui foto bisa kok diakses melalui website Bintan Resort yang terhubung ke masing-masing resort. 

Kawasan Bintan Resort, Lagoi, awalnya adalah kawasan khusus yang tertutup untuk masyarakat umum dan lokal. Hanya pejabat dan tamu-tamu tertentu yang dulu bisa masuk. Sementara jika masyarakat umum yang hendak berkunjung ke tempat keluarga yang bekerja di sana seperti ke wisma karyawan, harus melalui pemeriksaan ketat. Para wisatawan mancanegara yang datang biasanya melalui pelabuhan sendiri, yakni Bintan Telani. Biasanya mereka masuk dari Singapura yang hanya sekitar 60 menit dengan perjalanan laut menggunakan kapal ferry. 

Namun, sejak beberapa tahun ini, kawasan Bintan Resort, Lagoi, sudah terbuka untuk wisatawan lokal khususnya masyarakat umum. Gerbang Lagoi sudah terbuka untuk umum meski pemeriksaan standar tetap dilakukan, seperti melaporkan tujuan, jumlah penumpang dan membayar tiket masuk hanya Rp 5 ribu rupiah per kendaraan. Murah banget kan ?!

Dari sekian resort yang, baru 3 resort sepanjang pengetahuan saya yang bisa dimasuki oleh umum meski tanpa menginap alias jalan-jalan saja, yakni Bintan Lagoon Resort, Nirwana Garden dan Lagoi Bay Villas. Di ketiga resort ini pengunjung umum boleh sekedar menikmati keindahan pantai, foto-foto narsis, duduk santai di tepi kolam renang, tapi tetap harus membayar jika mau berenang di kolam renang apalagi makan minum di restoran. Ya ialah...:D 

Tapi, dari tiga resort yang terbuka untuk umum alias tidak menginap itu, Lagoi Bay yang menjadi favorit. Sejak diresmikan setahun lalu, Pantai Lagoi Bay selalu dipenuhi pengunjung khususnya saat libur lebaran. Apalagi kehadiran Plaza Lagoi yang juga memberikan ruang bagi pengusaha kecil untuk membuka stand untuk para pengunjung supaya lebih hemat berbelanja minuman dan makanan. 

biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Pantai Lagoi Bay, favorit pengunjung karena gratis, luas dan indah serta asyik untuk berenang karena ombaknya tidak tinggi
Bagaimana dengan Treasure Bay yang juga terbuka untuk umum? Crystal Lagoon atau kolam renang air asin terbesar se Asia Tenggara ini adalah bagian dari The Canopi. Pintu masuk ke Treasure Bay beda dengan pintu masuk ke Canopi. Jadi meski satu kawasan tapi sengaja dibedakan untuk tamu hotel dan tamu Treasure Bay. 

Kemudian yang juga bisa diakses untuk umum dan menginap adalah Bintan Service Apartement. Letaknya di dekat dorm karyawan. Harganya terjangkau karena sepertinya memang dikhususnya untuk wisatawan lokal. Harga sewanya dimulai dari ratusan ribu aja, beda dengan hotel apalagi resort yang dimulai dari jutaan hingga belasan juta permalam.

Tapi jangan takut, ke Lagoi tidak perlu menginap kok. Kalau mau berwisata murah meriah, foto-foto dan narsis satu hari cukup dengan budget yang minim.  Ga percaya ?

Jika Anda dari luar Kepri, misalnya Jakarta. Setiap hari ada penerbangan ke Kota Tanjungpinang, ibukota Kepri. Tiket pesawat berkisar antara 500 ribu -600 ribu. Untuk pulang pergi diperlukan biaya sekitar 1,2 jt.

Kemudian transportasi dari Bandara Raja Haji Fisabilillah ke Bintan Resort, Lagoi. Ada 2 dua cara :
1. Menggunakan jasa sewa paket wisata tour lokal
2. Menyewa kendaraan 

Untuk pilihan satu, biasanya tour travel lokal sudah punya paket. Selain mengelilingi Bintan Resort seharian juga ada yang include dengan penginapan. Harga dimulai dari 750 ribu per orang. Pilihan pertama cocok untuk anda yang berlibur hanya berdua atau tiga orang. Sementara pilihan ke dua cocok untuk anda yang berombongan misalnya 5-6 orang. 

Sewa kendaraan pribadi sejenis avanza tanpa sopir rata-rata 200 ribu-250 ribu perhari. Sementara dengan sopir 500- 600 ribu perhari. Jika anda ada 6 orang, biaya yang anda keluarkan hanya 100 ribu per orang. Sementara BBM sudah include di dalam sewa.

Ok. jika anda memilih pilihan pertama, lumayan hemat karena untuk menikmati indah surga Pulau Bintan plus foto-foto narsis ala luar negeri hanya dengan modal ongkos pesawat PP 1,2 jt + biaya tour 750 ribu + biaya makan anggap aja sekitar 50 ribu, jadi total 2 juta rupiah. Oh ya makan di mana murah gitu ? Jika makan siang di dalam kawasan Bintan Resort biasanya pihak travel membawa ke pujasera karyawan. Untuk sepiring nasi plus lauk dan minuman sekitar 25-30 ribu. Tapi biasanya makan siang ditanggung oleh pihak travel.
makan murah di pujasera bintan resort lagoi pulau bintan
Pujasera yang awalnya diperuntukan untuk karyawan, sekarang juga dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan luar negeri untuk makan karena harganya terjangkau

Oh ya, tour dan travelnya sebaiknya di kontak saat anda belum sampai di Tanjungpinang, sehingga nanti anda bisa dijemput langsung di Bandara Raja Haji Fisabilillah.. 

Jika anda rombongan 5-6 orang, sebaiknya pilih opsi kedua. Karena lebih hemat dan bebas atau tidak terikat jadwal tour travel. Perjalanan dari Bandara Raja Haji Fisabilillah ke Bintan Resort sekitar 1,5 jam. Anda cukup membayar 5 ribu rupiah di pintu masuk Bintan Resort, Lagoi. Kemudian Anda bebas menentukan resort mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Pastikan resort itu boleh dikunjungi oleh tamu yang tidak menginap.

biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Plaza Lagoi
Oke, anggap anda hendak ke pantai Lagoi Bay. Tidak ada biaya masuk lagi ke semua resort bahkan pungutan parkir pun tidak ada. Silahkan nikmati keindahan pantai dan bernarsis ria di setiap sudutnya. Selanjutnya mau menikmati keindahan kolam renang air asin terbesar se Asia Tenggara, Treasure Bay  ? Silahkan. Cuma memang harus membayar. Dewasa Rp 100 ribu dan anak-anak 5 tahun ke atas Rp 40 ribu. Sementara anak 5 tahun ke bawah gratis.  

biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Crystal Lagoon Treasure Bay, bakalan ga rugi bayar masuk 100 ribu ke sini. Warbiyasak tempatnya
Puas berenang dan bernarsis ria ala-ala selebgram di setiap sudutnya yang  memang luar biasa indah dan perut lapar, anda bisa makan di pujasera karyawan yang lokasinya hanya 5 menit dari gerbang treasure bay. Atau biasanya pengunjung makan atau membeli makanan dibungkus dan kemudian membawanya untuk bekal. 

Kapal dengan tenaga surya untuk mengeliling kolam renang
Masih ada waktu ? silahkan ke Bintan Lagoon Resort dan Nirwana Garden. Sekedar keliling melihat indahnya resort dengan harga jutaan dan suasana yang lebih privacy. Sudah puas ? saya yakin puas. Bahkan melelahkan jika dalam satu hari ke empat tempat tersebut anda jelajahi. 

biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Boleh kok nyantai di salah satu kolam renang di kawasan Bintan Lagoon Resort ini
Oh ya, kemudian menginapnya dimana ? Sebaiknya menginap di Kota Tanjungpinang bahkan jika Anda ingin dekat dengan bandara banyak hotel-hotel dengan harga dimulai dari 300 ribuan di sekitarnya yang bisa ditempuh sekitar 10-15 menit.  
biaya wisata murah ke Bintan Resort Lagoi Pulau Bintan
Pantai Bintan Lagoon Resort. Ombaknya lebih tinggi

Jika Anda ingin menikmati keindahan laut Tanjungpinang saat malam dan wisata kulinernya pilih hotel-hotel di sekitar pasar dan tepi laut. Budgetnya mulai dari 100 ribu-300 ribu. Tapi untuk ke bandara memang diperlukan waktu sekitar 30 menit. Hotel kecil biasanya tidak ada fasilitas antar jemput karena itu anda bisa menggunakan jasa ojek dengan ongkos sekitar 30 ribuan, yang penting disepakati di awal. Jika Anda membawa barang banyak, bisa menggunakan taksi dengan ongkos 100 ribuan tapi bisa patungan.

Oke, kita hitung berapa budget pilihan kedua ?
1. Tiket pesawat PP Rp 1,2 juta
2. Sewa mobil  Rp 100 ribu/orang
3. Biaya masuk treasure bay 100 ribu/orang
4. Biaya hotel kelas melati Rp 200/malam
5. Biaya makan sekitar Rp 100 ribu ( tempat makan standar misal rumah makan padang )
6. Biaya  ojek atau taksi Rp 40 ribu/orang
Total Rp 1,740.000 ribu. Setidaknya dengan dana Rp 2 juta rupiah Anda bisa ke Bintan lho menikmati surga liburan yang selama ini cuma dilihat di berbagai social media.

Oh ya, jika anda dari kota lain di luar Jakarta, penerbangan bisa dilakukan ke Bandara Hang Nadim Batam. Setiap hari penerbangan dari berbagai kota ada ke sini. Dari Bandara Hang Nadim naik taksi ke Pelabuhan Punggur dengan biaya sekitar 100 ribu per taksi. Jika anda rombongan bisa sharing ongkos tuh.

Dari Punggur naik ferry atau kapal cepat yang selalu stand by setiap 15 menit ke Kota Tanjungpinang dengan ongkos sekitar 50 ribu rupiah per orang. Perjalanan sekitar 1 jam ke Pelabuhan Sri Bintan Pura yang langsung terhubung ke pusat kota. Jika mau ikut tour  travel silahkan minta dijemput di sini, begitu juga jika sudah mengontak pihak rental mobil, biasanya mereka juga mau menjemput ke sini. Belum dapat pihak rental mobil, di pelabuhan juga banyak rental avanza kok. Tarifnya juga sama 500-600 per mobil. Pandai-pandai nego saja.

Jika anda lewat Kota Tanjung Uban juga bisa. dari Pelabuhan Punggur bisa naik kapal roro, tarif sekitar 25 ribu per orang. di Pelabuhan Tanjung Uban anda bisa merental avanza untuk ke Bintan Resort. Jarak dari Tanjung Uban ke Lagoi malah lebih dekat hanya 20 menit saja. Bahkan penginapan murah juga banyak di Kota Tanjung Uban.

Bagaimana ? tertarik ? pasti donk. Ayo ke Bintan karena Bintan itu dekat kok. Tidak hanya Bintan Resort saja tapi masih banyak tempat indah lainnya seperti pantai Trikora, Pulau Beralas Pasir dll. Jika estimasi biaya di atas untuk satu tempat, anda cukup menambahkan biaya transportasi dan sewa penginapan jika hendak berada  2-3 hari di pulau ini. 

Salah satu lapangan golf di Bintan Resort
Ayo ke Bintan. Transportasi udara tiap hari ada ke sini. Masih bingung nyari tour travel atau rental mobilnya, nanti tanya saya aja deh. Saya rekom deh rental yang bagus. Ayo ke Bintan kawan ! 




















25 komentar:

  1. bintan udah masuk list tempat wisata yang mau didatangi ;D
    makasih infonyaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok deh...silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan nantinya...selamat berlibur

      Hapus
  2. Oalah sebelumnya itu msh tertutup dari umum ta? Aq baru tau mba, rasanya gimanaaa gtu kok yg boleh kesana cm org2 elit ya, tp klo skrg udah dibuka utk umum ya syukur banget tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..dulu tertutup utk umum...jd dulu klu ada yg bisa ke lagoi hebat banget deh hihihi...sekarang sdh untuk umum..meski ttp ada resort khusus untuk tamu menginap...tp setidaknya sudah puas bisa masuk dan menikmati indahnya lagoi

      Hapus
  3. lgs sukaaaak liat warna airnya , turqoise gituuu ^o^... aku udh srg dgr sih mbak kalo bintan memang mahal.. byrnya aja pake dolar singapur.. udah niat juga tuh mau nabung dulu supaya bisa puas liburan kesana :D Tapi baca postinganmu ini, jd semangat lg, krn berarti nabungnya ga ush terlalu lama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..pake dolar amerika jg malah..tp disana skrg udah boleh pake rupiah..pokokenya klu ke sana ga usah nginap..klu nginap di kota tg pinang atau tg uban aja..murah meriah..ke sana tuk narsis2 aja hehehe

      Hapus
  4. Asyik ada ittenarynya, bisa nabung dari sekarang :)
    Bintan makin keren saja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia mbak...kereen bingit...banyak yg blm tahu..bahkan wisatawan mancanegara banyak yg ga tahu klu bintan itu di indonesia lho..mrk pikir bagian dr spore lho

      Hapus
  5. Lengkap banget ya, Mbak. Mantap untuk info serta biaya-biayanya. Nice info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok deh...tp ada yg kurang nih..mau ditambahin jika lewat batam hehee

      Hapus
  6. bintan lagoon juga susah susah gampang kak masuknya...banyak kali pertanyaannya...akhirnya kubilang bawa tamu mau survey kamar..barulah bisa masuk... kalo nirwana sangat mudah..tinggal bilang nak jalan2 ke nirwana garden dan tinggal ktp, plang pintu pun langsung dibuka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuknya pake bus ya ? kalo pake bus wajar...kmi masuk pake mobil biasa ...ga ditanya macam2...bilang mau jalan2 aja dan disilahkan..ga pakai tinggal KTP malah hehe

      Hapus
    2. pake mobil kak... next time coba lagi deh, bilang nak jalan2 aje semoge bise...eeehh pake motor boleh tak yee

      Hapus
  7. Pemandangannya Bintan bagus yaa, jadi tertarik kapan2 pengen ke sana tapi kalo perginya segambreng lumayan juga budget yang kudu disiapin yaa mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...lewat batam aja.klu dr jakarta banyak pilihan penerbangan ke batam setiap hari jd lebih murah biayanya..semoga nti bisa ke sini ya

      Hapus
  8. waah infonya lengkap banget mbaa...
    makasih sharingnya ternyata pantainya kece2 juga yaa

    BalasHapus
  9. Kebanyakan kalau sudah di Batam pada nyebrang ke Batam karena habisnya juga nggak banyak. Padahal orang Singapore sendiri kalau weekend ke Batam & Bintan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess..org spore tu liburan ke btm dan bintan...murah meriah bg mereka...eh kitanya malah ke sana..tp mehong hehehe

      Hapus
  10. Kalau dari nirwana beach hotel ke bandara ada taksikah? Sekitar berapa ya biaya taksi dr hotel ke bandara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya dr nirwana beach yg berada dlm kawasan lagoi ada itu taksi2 atau rental mobilnya. tp kalau mau ambil dr luar jg bisa..masalah harga untuk sekedar jemput dan antar ke bandara sy kurang tahu..tp kalau rental avanza untuk sehari include dgn sopir dan bbm 550-600 ribu..nti bisa hubungi rental mobil pak ali di 081364712345

      Hapus
  11. Kalau dari nirwana beach hotel ke bandara ada taksikah? Sekitar berapa ya biaya taksi dr hotel ke bandara?

    BalasHapus
  12. di sana ada sewa kendaraan roda 2 g mbak? terus dari pelabuhan tanjung uban saya mw jalan2 ke mangrove, lagoi bay, treasure bay dan pantai trikora,, yang mana dulu yang saya lewati mbak? dan saya berencana menginap di pantai trikoranya mbak.. yang mana dlu yg saya singgahi mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tingga di tanjungpinang...dan setahu sy ada penyewaan kendaraan roda dua di sini.kalau di tanjunguban saya kurang tahu.tapi bisa ditanya melalui tempat rental mobil di sana. jika start dari tanjunguban, rutenya tentu ke lagoi..di lagoi itu nanti ada lagoi bay dan treasure bay dlm satu kawasan ...kalau ke trikora ya setelah dari lagoi...jalurnya sebaiknya melalui jalan lintas barat menuju arah tanjungpinang..kemudian di km 15 belok kiri ( kalau ke kanan masuk kota tg pinang) ke arah desa kawal..semoga info ini membantu....btw mba tinggal dimana ?

      Hapus
  13. Ada kontak rental mobil di tanjung uban gak mbak ? Rencana mau kesana lewat tj uban lngsung rent car d dkt pelbuhan gtu,

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung