Loading

Senin, 16 Mei 2016

Cara Belanja Cerdas Menjelang Hari Raya

Belanja busana muslimah salah satu hal yang banyak dilakukan menjelang hari raya

Biasanya meningkat harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya menjelang hari raya dikarenakan permintaan pasar lebih besar dibandingkan dengan persediaan penjual. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan belanja cerdas. Belanja cerdas adalah belanja yang sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan di waktu yang tepat. Manfaat dari belanja cerdas akan dirasakan ketika meningkatnya berbagai macam kebutuhan menjelang hari raya. Belanja cerdas membantu anda dalam mengurangi pengeluaran dari hal yang tidak diperlukan, berikut 3 definisi belanja cerdas untuk kebutuhan anda.

Pertama, menjelang hari raya Idul Fitri, tentunya pengeluaran akan semakin banyak apalagi hari raya pada tahun ini bersamaan dengan kenaikan kelas. Jadi dengan merencanakan belanja cerdas, pengeluaran yang banyak bisa dikurangi dengan perencanaan pengeluaran yang cermat. Jadi anda harus bisa merencanakan kebutuhan dan melakukan pembelian di waktu yang tepat sebelum harga kebutuhan naik serta memanfaatkan info diskon hari raya yang ditawarkan oleh penjual.


Kedua, belanja cerdas juga bisa diartikan membatasi diri pada apa yang dibutuhkan dan bukan yang disukai. Jadi harusnya anda tahu mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak diperlukan untuk dibeli. Jika tidak membatasi diri, kemungkinan besar pengeluaran akan membengkak dan kebutuhan tidak terkendali. Hal ini dikarenakan banyak orang yang terjebak oleh iklan semata dan rayuan penjual padahal tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Di hari raya, penjual mencoba mengambil keuntungan dari momen-momen seperti Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan hari besar lainnya demi meningkatkan penjualan dan keuntungan. Jadi jangan sampe anda tergiur dengan iklan atau ucapan penjual dan akhirnya membeli yang tidak anda butuhkan sama sekali. Jadi mulai sekarang lebih fokus membeli kebutuhan penting dibanding terjebak oleh iklan.

Terakhir, belanja cerdas terdapat dua poin utama, pertama adalah konsumsi dan kedua adalah waktu pembelian. Maksud dari konsumsi adalah membeli kebutuhan yang tepat yang memang dibutuhkan sekali dalam hidup anda. Sedangkan waktu pembelian adalah waktu yang tepat untuk membeli semua kebutuhan sehingga tidak membuat pengeluaran menjadi membengkak. Jadi mulai sekarang belanja dengan cerdas dan rasakan manfaatnya dalam hidup anda.

5 komentar:

  1. Hehehe, belanjanya dari sekarang kak, harganya masih normal, klo pas bulan puasa, capek & membludak pengunjung di mallnya, klo malas pergi, tinggal klik, bajunya sampe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul juga tuh...klu gitu tunggu honor cair dulu hehehe

      Hapus
  2. saya setuju...belanja cerdas, ia belanja sesuai kebutuhan...bukan sesuai kemauan...mantap lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..harus cerdas belanja di saat sekarangi ni...harus utamakan kebutuhan yg benar2 penting

      Hapus
  3. bener, katanya belanja baju lebaran sebelum puasa atau di awal puasa aja biar hemat

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung