Loading

Selasa, 17 Mei 2016

Ada Kepingan Surga di SWISS VAN JAVA

Pernahkah kamu mendengar kata “SWISS VAN JAVA”? Mungkin sebagian dari kamu lebih mengenal “PARIS VAN JAVA”. Namun, tahukah kamu bahwa “SWISS VAN JAVA” ini adalah sebuah julukan untuk sebuah kota yang ada di Jawa Barat, yaitu Garut.

Jika Bandung dijuluki sebagai “PARIS VAN JAVA”. Karena bandung adalah kota mode seperti Paris. Bedahalnya dengan Garut ini. Garut dijuluki sebagai “SWISS VAN JAVA”. Karena daerah ini terkenal dengan udara yang dingin dan sejuk. Ketika digarut, kita seakan-akan sedang berada di kota SWISS. Julukan “SWISS VAN JAVA” ini sudah ada sejak zaman kolonial belanda.

Sumber gambar : wikipedia.org
Di Garut kamu akan menemukan wilayah perbukitan yang bisa memanjakan mata kamu di sepanjang jalan. Jika kamu adalah seorang pendaki. Garut merupakan salah satu spot yang tepat untuk bisa kamu kunjungi. Karena kamu akan menemukan gunung yang sudah terkenal diantara para pendaki. Dan gunung-gunung ini merupakan salah satu spot kesukan para pendaki. Yaitu Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, dan Gunung Guntur.

Gunung Papandayan terkenal dengan adanya beberapa kawah yang ada disana seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Biasanya kawah-kawah ini dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk pegobatan penyakit kulit. Selain itu, Gunung ini juga memiliki padang rumput yang luas dan juga menyajikan pemandangan cantik bunga edelweis. Tempat itu dikenal dengan nama Tegal alun. Gunung yang ketinggiannya 2.665 mdpl ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mendaki ketika kamu bermain di kota garut.

Selain Gunung Papandayan ada juga Gunung Cikuray. Gunung dengan ketinggian 2,820 mdpl ini juga masuk kedalam daftar gunung yang paling disukai para pendaki. Ketika kamu berada dipuncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan lautan awan dan juga kamu akan bisa melihat keindahan puncak-puncak gunung yang lain.

Gunung Guntur juga termasuk gunung yang diminati oleh para pendaki. Gunung dengan ketinggian 2.249 mdpl ini juga tidak kalah pemandangannya dengan gunung-gunung yang lain. Gunung ini memiliki track yang cukup sulit, apalagi jika cuaca tidak bersahabat. Namun, jangan khwatir. Setelah kamu melewati track panjang yang cukup sulit. Semua itu akan terbayar dengan keindahan padang rumput yang luas membentang.

Selain keindahan gunung kamu juga bisa mencicipi salah satu camilan khas garut yang manisnya ini sudah mendunia. Dodol merupakan camilan khas Garut yang memiliki rasa khas. Kamu bisa jumpai camilan dodol ini di toko atau warung yang menyediakan dodol ini.
Sumber gambar : wikipedia.org
Ada banyak jenis camilan dodol ini. Diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian, dan dodol buah-buahan lainnya. Selain dodol, ada juga cokelat olahan dodol yang diberi nama chocodot yang artinya cokelat isi dodol.

Chocodot ini dikemas dengan kemasan yang unik. Terdapat kata-kata yang unik disetiap kemasan chocodot ini. Kamu bisa memilih kata-kata yang kamu suka diantaranya “Cokelat Enteng Jodoh”, “Cokelat Anti Galau”, “Cokelat Tolak Miskin”, dan masih banyak kata-kata lain yang bisa kamu pilih.

Garut juga dikenal dengan wisata pemandian air panasnya. Salah satu pemandian air panas yang terkenal adalah Cipanas. Pemandian Cipanas sudah menjadi alternative untuk melepas penat bagi para warga ibu kota yang sudah penat menjalani rutinitasnya. Jika kamu ingin merasakan pemandian air panas ini lebih lama, disana sudah disediakan penginapan bagi para wisatawan.



Untuk kamu yang ingin berwisata ke garut ada sedikit tips nih agar wisata kamu semakin nyaman.
Transportasi
Untuk transportasi ke garut kamu bisa merental mobil, atau menggunakan bus. Untuk kamu yang menggunakan bus. Bus yang bertujuan ke garut ada banyak armadanya. Jadi kamu jangan khawatirkan soal itu yahh. Untuk tiket bus ke garut berkisar Rp 75.000 sampai Rp 100.000. Namun lebih enak jika merental atau menggunakan mobil pribadi. Karena kamu akan lebih enak untuk mengeksplore SWISS VAN JAVA ini.

HOTEL/PENGINAPAN
Untuk kamu yang tidak memiliki sanak family disana kamu bisa memesan hotel dari jauh-jauh hari atau kamu bisa mencari hotel yang menawarkan promo. Ada banyak pilihan hotel di garut tergantung budget yang kamu miliki diantaranya ada Hotel Fave, Hotel Cimanuk Garut, Hotel Ramayana, Mulih Ka Desa Hotel, Hotel Drajat Pass, dan masih banyak lagi. Untuk mempercepat pemesanan dan pencarian hotel yang ada di Garut anda bisa klikdisini

Perlengkapan Pribadi
Persiapkan perlengkapan pribadi yang akan kamu bawa. Sesuaikan berdasarkan wisata yang kamu kunjungi. Untuk kamu yang ingin berwisata alam ke gunung. Ada baiknya kamu mempersiapkan perbekalan seperti tas carrier, perbekalan masak di gunung, jas hujan, tenda, dan yang lainnya.

Itulah tips dan beberapa kepingan surga di SWISS VAN JAVA yang bisa menjadi referensi liburan kamu. Akan lebih asyik jika kamu lansung merasakannya. Jadi kapan kamu akan agendakan untuk pergi mendaki di Papandayan melihat cantiknya padang edelweis, menikmati manisnya dodol dan chocodot, serta hangatnya pemandian air panas cipanas ?

13 komentar:

  1. Semoga nanti bisa main ke Garut, aamiin.. Tempatnya cakep..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar lengket dengan dodol si mamang ya eka hehehe

      Hapus
  2. Pengen liburan ke garut euy... *garut... I'm coming *

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuukk..jangan liburan ke luar negeri terus asad..dlm negeri jg indah

      Hapus
  3. ntah kapan bisa ke garut ya.....

    BalasHapus
  4. Pemandangannya indah. Semoga suatu saat bisa mampir sejenak :D

    BalasHapus
  5. Kalo denger garut, pasti yg keinget pertama kali Dodol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia..dodol picnic..oleh2 klu keluarga balik dr jawa

      Hapus
  6. duh garut, pengen borong dodol garut haha....cus kapanlah maen kesana , pengennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengin dodol atau biar lengket dengan gadis garut yg cantik ? hehehe

      Hapus
  7. Tak sempat nikmati swiss pas jalan ke yurop, bisa melipir ke garut dong ya!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung