Loading

Rabu, 04 November 2015

Iwan Fals, Idola yang Makin Kharismatik


pic dari sini
Saya bukan penggemar fanatik Bang Iwan Fals, sang legenda musik Indonesia. Tapi saya suka dan selalu mengikuti perkembangannya. Sebagai generasi 80 an, wajar saya menyukai Bang Iwan sebagai penyanyi dan musisi tanah air yang hingga saat ini karya-karyanya masih hits dan disukai berbagai kalangan, karena pada tahun tersebut ia masih sangat aktif berkarya.

Saya mengenal Bang Iwan dari lagu-lagunya yang saya dengar dari kaset-kaset milik paman saya yang penggemar berat beliau. Telinga saya yang masih bocah saat itu pun akrab dengan lagu-lagu Bang Iwan, seperti Bento, Ibu, Oemar Bakrie, Buku Ini Aku Pinjam, 22 Januari, Terminal, Entah, Yakinlah, Kemesraan dll.

Lagu-lagunya yang selain mengusung tema cinta, tapi juga tentang kehidupan sosial bahkan mengkritik pemerintah menjadi daya tarik tersendiri bagi saya. Waktu itu ketertarikan saya kepada Bang Iwan Fals murni karena lagu-lagunya yang bahkan kadang sangat menyentuh hati, seperti lagu Ibu, Oemar Bakrie dan Sarjana Muda. 
pic dari sini

Sementara untuk penampilan Bang Iwan Fals waktu itu, jauh banget untuk diidolakan *peace bang * karena waktu itu ia meski berwajah ganteng tapi gondrong, kumisan dan bahkan terkesan urakan. Bang Iwan dulu juga kurus dan seolah tidak peduli penampilan.

Setidaknya itulah gambaran saya terhadap Bang Iwan pada masa kecil saya. Karena saya mengenal wajah Bang Iwan dari poster yang dipajang oleh paman, sebab zaman itu belum ada VCD apalagi konser-konser yang ditayangkan langsung di televisi yang dulu cuma satu milik pemerintah.

Ketika anak pertamanya meninggal, Galang Rambu Anarki pada tahun 1997, Bang Iwan sempat vakum beberapa tahun dari dunia musik. Akhirnya tahun 2002, Bang Iwan Fals mengeluarkan album baru Hadapi Saja yang sangat ditunggu oleh penggemar yang sangat rindu dengan karyanya. Bahkan lagu Aku Bukan Pilihan yang ada di dalam album itu konon merupakan lagu yang banyak digemari.
pic dari sini

Saya pun membeli album bahkan koleksi lagu-lagu Bang Iwan dalam bentuk VCD dan MP3. Album-album lama Bang Iwan juga saya koleksi bahkan posternya dalam ukuran besar juga saya pajang di kamar kos. 

Saat itu saya melihat Bang Iwan lebih ganteng, kharismatik dan lebih kebapakan. Bang Iwan juga terlihat lebih gemuk. Mungkin hal itu juga pengaruh dari kehidupannya yang selama beberapa tahun sejak kepergian anak pertamanya lebih fokus dengan keluarga serta faktor usia yang makin matang.

Bang Iwan sejak tahun itu juga sering tampil di sejumlah acara televisi swasta. Jika dulu hanya mendengar lagu-lagunya dan tidak pernah melihatnya berbicara, sekarang Bang Iwan Fals sering berbicara, berdialog dengan penonton sehingga ada sisi lain yang makin menarik darinya...eheemm..
pic dari sini

Saya suka dengan cara bicaranya dan suaranya yang memang fals tapi serak basah ihiik...Bahkan Bang Iwan terkesan pemalu ketika berbicara dengan wanita. Seperti saat ia tampil live dengan Cici Paramida di sebuah stasiun televisi swasta menyanyikan lagu yang berjudul Yakinlah, Bang Iwan hilang kegarangannya seperti saat menyanyikan lagu-lagu yang mengkritik pemerintah. 

pic dari sini
Meskipun saat ini makin banyak lahir penyanyi-penyanyi baru yang muda, ganteng dan karya-karya yang juga enak didengar, tapi bagi saya karya-karya Bang Iwan tetap nomor satu dan sosok dia tetap paling idola. Apalagi saat sekarang di usianya yang 53 tahun, Bang Iwan terlihat makin kharismatik, lebih ganteng dan lebih cool :)

pic dari sini
Saya masih sering mendengarkan lagu-lagu jadul Bang Iwan. Meski koleksi MP3 sudah pada hilang dan komputer yang menyimpan lagu-lagu Bang Iwan sudah rusak, tapi saya masih bisa mendengarkan lagu-lagunya melalui youtube di internet. 

Bahkan mimpi saya adalah bisa bertemu dan berfoto bersama Bang Iwan Fals. Adalah suatu kebahagiaan luar bisa jika bertemu beliau, seperti yang dirasakan oleh artis Ayu Ting Ting  saat bisa berfoto berdua dengan Bang Iwan. Bayangkan artis sekelas Ayu Ting Ting saja sangat bahagia dan bangga bisa berfoto dengan Bang Iwan ! dan kalau saya yang mengalaminya tentu jauh lebih bahagian. Semogaaa kesampaian...Aamiin :)





















3 komentar:

  1. saya juga suka lagu-lagunya iwan fals mbak, terutama yang judulnya ibu dan izinkan aku menyayangimu :)

    semoga kesampaian bisa berfoto dengan bang iwan fals yah mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss mba.....ia semoga bisa ketemu dan foto bersama bang iwan :) thanks udah mampir

      Hapus
  2. Saya ngefan berat sama lagu2 nya. Gara2 dulu om saya suka gitarin lagu2nya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi asal tetap dengan bahasa yang baik dan santun ya. Terimakasih sudah berkunjung